Sabtu, 16 Mei 2020 – Hari Biasa Pekan V Paskah

Rm. Benediktus Mulyono SCJ dari Komunitas SCJ – Biara Gentiaras Palembang – Indonesia

BACAAN PERTAMA: Kisah Para Rasul 16:1-10

“Menyeberanglah ke Makedonia, dan tolonglah kami”

Sekali peristiwa Paulus datang ke Derbe dan Listra. Di situ ada seorang murid bernama Timotius; ibunya adalah seorang Yahudi dan telah menjadi percaya, sedangkan ayahnya seorang Yunani. Timotius ini dikenal baik oleh saudara-saudara di Listra dan di Ikonium. Paulus mau, supaya Timotius itu menyertainya dalam perjalanan. Paulus menyuruh menyunatkan dia demi orang-orang Yahudi di daerah itu, sebab setiap orang tahu bahwa bapanya adalah orang Yunani. Dalam perjalanan keliling dari kota ke kota Paulus dan Silas menyampaikan keputusan-keputusan yang diambil para rasul dan para penatua di Yerusalem dengan pesan supaya jemaat-jemaat menurutinya. Demikianlah jemaat-jemaat diteguhkan dalam iman, dan makin lama makin bertambah besar jumlahnya. Paulus dan Silas melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah untuk memberitakan Injil di Asia. Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengijinkan mereka. Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas. Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan; ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya katanya, “Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami!” Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 100:1-2.3.5

Ref. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! Atau Bahagia kuterikat pada Yahwe. Harapanku pada Allah Tuhanku

  1. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai.
  2. Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita, dan punya Dialah kita; kita ini umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
  3. Sebab Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

BAIT PENGANTAR INJIL: 

U: Alleluya
S: (Kol 3:1) Kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas di mana Kristus berada, duduk di sebelah kanan Allah.

BACAAN INJIL: Yohanes 15:18-21

“Kamu bukan dari dunia, sebab Aku telah memilih kamu dari dunia.”

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, sebab Aku telah memilih kamu dari dunia; maka dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi daripada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.”

Renungan oleh Rm. B. Mulyono SCJ

Saudara-Saudariku Ytk,
Amanat perpisahan Yesus ini menjadi suatu nasehat ilahi yang selalu mengingatkan bahwa menjadi murid Yesus akan selalu berhadapan dengan hal-hal yang tak terduga dan tak kita harapkan? Pernahkah Anda karena berbuat baik, tapi malah dibenci orang, dicurigai ada motif / modus tertentu? Pasti pernah. Pernahkah Anda dibenci, diperlakukan tidak adil karena orang tahu bahwa Anda seorang pengikut Kristus? Pasti pernah. Pernahkah perbuatan baik Anda tidak dihargai, tidak diapresiasi; malah sebaliknya Anda malah tidak disukai oleh orang lain? Pasti pernah.
Maka nasehat Yesus hari ini justru hendak meneguhkan kita bahwa tidak semua perbuatan baik itu akan direspon dengan baik. Dan bila itu yang memamg terjadi, jangan berkecil hati bila kita mampu meresapkan amanat Yesus hari ini, yakni: “ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu”.
Yesus pun dibenci bukan karena perbuatan jahat; justru karena cinta kasih yang tidak dipahami dengan baik sehingga orang-orang bahkan sampai menyalibkan Yesus.
Saudara-Saudariku Ytk,
Santo Petrus, dalam Suratnya (bdk. 1 Petrus 2:11-17) merenungkan nasehat Yesus tersebut lalu berpesan kepada kita: “Milikilah cara hidup yang baik, supaya apabila mereka memfitnah kamu, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu  yang baik dan memuliakan Allah.  Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh.” Itulah nasehat St. Petrus yang meneguhkan kita.
Dengan kata lain, jangan takut dan jangan bosan untuk selalu berbuat baik. Kebaikan dari hati yang tulus adalah suatu hal penuh cinta yang diteladankan Tuhan Yesus; dan kita semua mengalami bahwa dengan berbuat baik pada sesama, dengan memiliki keutamaan kemurahan hati; benar benar membuat kita menjadi pribadi yang merdeka dan bahagia karena perbuatan perbuatan baik kita.
Mari kita terus menabur kebaikan agar hidup kita selalu diberkati oleh Allah Yang Maha Kuasa:
Dalam Nama Bapa…dan Putera…dan Roh Kudus, Amin.

20 Comments

  • Christiana Mei 15, 2020 at 3:15 pm

    Kerennnn abis pastorMul

    Reply
  • Makarius Kriswantoro Mei 15, 2020 at 8:11 pm

    Trimakasih Romo atas resinya.. Pola barukah format ini? Karena baru pertama kali menerima format seperti ini.. Ini lebih baik dan lebih lengkap.. baik bila dilanjutkan dalam format seperti ini.. Berkah dalem..

    Reply
    • Ida romora Mei 16, 2020 at 6:22 am

      Terimakasih romo atas renungannya sangat bermanfaat bagi kami dlm menjalani kehidupan ini.sehat selalu romo biar kami bisa mendpt renungan iman selanjutnya.Berkah dalem..

      Reply
      • Andree Mei 16, 2020 at 2:10 pm

        Makasih Romo atas renungan nya ..sehat slalu ya Romo…JBU

        Reply
  • Warsono Bakri Mei 16, 2020 at 5:20 am

    Trimakasih Romo…
    Sangat bagus renungannya….
    Sangat memudahkan unk memahami Firman Tuhan
    Melalui media bisa lebih variatif
    Semoga Romo semakin sehat dan kita semua pun senantiasa dalam lindungan dan bimbingan Tuhan Amiiin GBU

    Reply
  • Rita Mei 16, 2020 at 10:43 am

    Trimakasih Romo resinya, tidak audio lagi Romo. Bagus. Berkah dalem

    Reply
    • Rm Bene Mul SCJ Mei 16, 2020 at 2:00 pm

      Itu di bagian atas kan ada audio nya; bisa langsung klik yg audio.
      Terimakasih

      Reply
  • Kartika Mei 16, 2020 at 1:14 pm

    Amin…🙏
    Terima kasih Romo
    Semakin memperkuat pribadi kita, untuk selalu tulus berbuat kebaikan.
    Berkah Dalem Romo.

    Reply
  • Inge A Halim Mei 16, 2020 at 1:15 pm

    Tks Romo atas Resi nya yg boleh kami nikmati setiap hari, ulasan Romo Mul pd resi hr ini utk jgn takut berbuat baik akan meneguhkan hidup kami utk selalu berbuat baik ,tks, Berkah Dalem

    Reply
  • Yan Mei 16, 2020 at 1:41 pm

    Makasih mo renungannya dalam format baru yg lebih fresh dan lengkap.Renungan yg apik dan bs jadi sangu untuk menjadi orang baik yg bener bener tulus karena cinta kepada Yesus

    Reply
  • Yulia Mei 16, 2020 at 2:02 pm

    Amin Om..mantul renungannya..👍 walaupun org berbuat jahat sm kita, tapi kt hrs sll.mendoakannya yaa..

    Reply
  • Yan Mei 16, 2020 at 2:12 pm

    Makasih mo Mul buat renungan nya yg sangat bagus dan meneguhkan untuk selalu berbuat baik dengan tulus karena cinta kepada Yesus,format resi yg baru juga apik,paket lengkap dengan audio dan tulisan

    Reply
  • Mega Mei 16, 2020 at 2:34 pm

    Makasiii Mo mul u.renungannya ,jika kita sbg pengikut Yesus ,kt hrs selalu menjlankan perintah Yesus akan cinta kasih kepada sesama,enth di terima ato di cemoohkan…

    Reply
  • Marcus Mariyanto Mei 16, 2020 at 2:55 pm

    Sangat bagus romo
    Terus berkarya, memberi peneguhan, berbagi berkat dan berbagi kebaikan..

    Reply
    • Riswati Mei 23, 2020 at 8:12 am

      Terimakasih Rm. atas ReSi-nya.smg kami lbh bs mengimani. Ini sgt bermanfaat bg kami. Smg Romo sehat selalu. Berkah Dalem. GBU.

      Reply
  • Maria Susanti Mei 16, 2020 at 3:46 pm

    ..dan akhirnya,hanya Kasihlah yang akan menyempurnakan segalanya..
    Terimakasih Romo ReSi nya mengingatkan kita semua utk selalu berbuat Kasih,seperti DIA yang selalu mengasihi kita semua 🙏

    Reply
  • Sr. M. Paulina. FCh Mei 16, 2020 at 8:09 pm

    Terima kasih renungannya, mengingatkan sy untuk tdk jemu2 berbuat baik, walau direspon tdk baik. Teruslah berbuat baik

    Reply
  • Elisabeth Lilywati Mei 16, 2020 at 10:19 pm

    Terima kasih Romo.Mul utk ReSi nya yg sangat meneguhkan….bahwa kita harus selalu berbuat baik meskipun perbuatan baik kita tidak diakui.
    ReSi Dehonian format barunya keren dan mantaap.

    Salam sehat selalu buat Romo…Berkah dalem

    Reply
  • Elisabeth Lilywati Mei 16, 2020 at 10:21 pm

    Terima kasih Romo.Mul utk ReSi nya yg mudah dimengerti….bahwa kita harus selalu berbuat baik meskipun perbuatan baik kita tidak diakui.
    ReSi Dehonian format barunya keren dan mantaap.

    Salam sehat selalu buat Romo…Berkah dalem

    Reply
  • admin Mei 19, 2020 at 3:05 am

    Terima kasih banyak atas komentar dan dukungannya bagi kami, Semoga Resi Dehonian memberikan inspirasi iman dan menjadikan berkah bagi Anda semua. Kami berdoa bagi Anda semua semoga senantiasa mendapat perlindungan dan penyertaan Tuhan khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. dan mohon kesediaan untuk berbagi/sharing Resi ini kepada umat yang lain, semoga Kerajaan Hati Kudus semakin merajai kita semua. Amin
    Tuhan memberkati. Berkah dalem…

    Reply

Leave a Comment