Selasa, 09 November 2021 – Pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran

Rm. Agustinus Riyanto SCJ dari Komunirtas SCJ Palembang Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Why 21:2

Kulihat kota suci, Yerusalem, turun dari surga, dari Allah, terhias laksana mempelai, yang siap menyambut suaminya.

KATA PENGANTAR

Tuhan tidak menyukai ghetto (pengkotak-kotakan). Gereja-Nya dipandang sebagai suatu umat yang tak mengenal batas bangsa, yang tidak mencoret nama atau mengucilkan seseorang. Demikianlah pandangan mengenai Gereja sebagai ruang luas di mana siapa saja yang mau mengabdi Tuhan mendapat tempat. Pesta pemberkatan Basilik Santo Yohanes Lateran ini mengajak kita mawas diri. Betulkan Gereja kita ini merupakan rumah doa, di mana orang dapat berdoa dengan mantab?

Bila semangat mengkotak-kotak menutup wajah Gereja kita, pantaslah kita dengan rendah hati mohon ampun dan berniat memperbaiki diri.

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa yang maha agung, Engkau telah berkenan memilih kami sebagai batu-batu hidup bagi bangunan kediaman-Mu. Curahkanlah selalu anugerah Roh kepada Gereja-Mu agar umat-Mu yang selalu setia akan rahmat-Mu berkembang dalam pembangunan Yerusalem baru. Demi Yesus Kristus, …

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Yehezkiel 47:1-2.8-9.12

“Aku melihat air mengalir dari dalam Bait Suci; ke mana saja air itu mengalir, semua yang ada di sana hidup.”

Sekali peristiwa aku dibawa malaikat Tuhan ke gerbang Bait Suci, dan sungguh, ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu, mengalir menuju timur, sebab Bait Suci itu juga menghadap ke timur. Air itu mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci, sebelah selatan mezbah. Lalu malaikat itu menuntun aku keluar melalui pintu gerbang utara, dan dibawanya aku berkeliling dari luar menuju pintu gerbang luar yang menghadap ke timur. Sungguh, air itu membual dari sebelah selatan. Lalu malaikat itu berkata kepadaku, “Sungai ini mengalir menuju wilayah timur, menurun ke Araba-Yordan, dan bermuara di Laut Asin; maka air laut yang mengandung banyak garam itu menjadi tawar. Ke mana saja sungai itu mengalir, segala makhluk yang berkeriapan di dalamnya akan hidup. Ikan-ikan menjadi sangat banyak, sebab ke mana saja air itu sampai, air laut di situ menjadi tawar, dan ke mana saja sungai itu mengalir, semua yang ada di sana hidup. Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan, yang daunnya tidak pernah layu, dan buahnya tidak habis-habis. Tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon-pohon itu mendapat air dari tempat kudus. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 46:2-3.5-6.8-9

Ref. Tuhan penjaga dan benteng perkasa dalam lindungan-Nya aman sentosa.

  1. Allah itu tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut.

  2. Kota Allah, kediaman Yang Mahatinggi, di sukakan oleh aliran-aliran sungai. Allah ada di dalamnya, kota itu tidak akan goncang; Allah akan menolongnya menjelang pagi.

  3. Tuhan semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Pergilah, pandanglah pekerjaan Tuhan. Yang mengadakan permusuhan di bumi.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus 1Kor 3:9b-11,6-17

“Kamu adalah tempat kediaman Allah.”

Saudara-saudara, kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah. Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya

S : (2Taw 7:16, 2/4) Tempat ini telah Kupilih dan Kukuduskan. Supaya nama-Ku tinggal di sana sepanjang masa.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 2:13-22

“Bait Allah yang dimaksudkan Yesus ialah tubuh-Nya sendiri.”

Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem. Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ. Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya. Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: “Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan.” Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: “Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku. Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya: “Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?” Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: “Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?” Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm.

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Kudus Yesus melalui Hati Maria.

Saudara saudariku pencinta Resi yang terkasih, hari ini kita merayakan pesta pemberkatan Gereja Basilika Lateran. Secara historis Basilika Lateran merupakan Basilika pertama yang dibangun sebagai ungkapan syukur atas kemerdekaan dan kedamaian Gereja sesudah sekian lama Gereja hidup di bawah siksaan dan penindasan. Basilika Lateran menjadi Katedral Uskup Roma yang juga adalah Paus. Gereja Basilika Lateran menjadi simbol kesatuan Gereja Universal dan kesatuan dengan Paus sebagai pengganti St. Petrus. Pemberkatan Basilika Lateran menjadi berkat pemersatu seluruh Gereja.

Penyucian Bait Allah yang dilakukan oleh Yesus dalam Injil yang tadi kita dengar, bukan sekedar pengusiran para pedagang yang memenuhi bait Allah, tetapi lebih dari itu, memiliki makna rohani mendalam bagi kita sebagai bagian dari Gereja. Yesus hendak membersihkan kita semua, agar hidup kita menjadi tempat kediaman Allah yang kudus, terberkati dan menjadi berkat, “Agar dari hidup kita mengalir air kehidupan yang memberi kehidupan kepada segala makhluk, ke mana saja ia mengalir menjadi sumber yang menyegarkan dan menyuburkan.” Diri kita adalah Bait Allah, karena Allah yang Kudus berkenan menjadikan diri kita sebagi tempat kediamanNya. Sudah sepatutnya kita semua menjaga kekudusan hidup kita, agar hidup kita selalu layak dan pantas didiami oleh Allah yang Kudus.

Sebenarnya yang dimaksudkan Yesus dengan “Bait Allah” ialah tubuh-Nya sendiri (Yoh. 2:21). Seluruh kehidupan Yesus menjadi wujud nyata dari kesatuan sempurna dengan Allah. Seperti Bait Allah, tubuh-Nya pun dibangun langsung oleh perintah ilahi: “Engkau telah menyediakan Tubuh bagiku” (Ibr.10:5). Dalam hidup Yesus terpancar kekudusan Allah serta karya Keselamatan Allah bagi semua manusia. Bait Allah menjadi tempat perjumpaan manusia dengan Allah. Melalui Yesus, kita secara dekat berjumpa dengan Allah, karena Yesus adalah Sang Immanuel; Allah beserta kita dengan menjadi manusia. Bagaimana dengan kita sebagai murid Yesus yang dipanggil juga untuk menjadikan hidup kita sebagai Bait Allah?

Sobat Resi terkasih, Kita semua karena pembaptisan telah dinobatkan menjadi Bait Allah. Namun dalam keseharian ada banyak hal yang tanpa disadari memenuhi  ‘bait Allah’ hidup kita, sehingga justru Allah hanya mendapat tempat yang tidak layak dalam kehidupan kita. Bisa jadi uang, kehormatan, kenyamanan, keluarga, pekerjaan dan hoby lebih mendapat tempat serta perhatian dalam kehidupan kita. Bahkan kita juga masih membiarkan kebencian, dendam, hawa nafsu atau pikiran jahat mengotori hati serta pikiran kita. Saat semua itu masih bertahan dalam hidup kita, sulit bagi hidup kita menghasilkan buah buah berkat yang dapat kita bagikan bagi orang lain. Tetapi ketika hidup kita secara penuh terbuka untuk dikuasai oleh Allah dan rahmatNya, maka berlimpah buah berkat yang kita bagikan bagi banyak orang.

Saudara saudariku terkasih, Hari ini, kita semua diajak untuk memeriksa diri dalam kerendahan hati di hadapan Allah, apakah fokus hidup kita saat ini? Benarkah kita sudah memfokuskan hidup kepada Allah atau kepada hal lain? Buah buah rahmat apa yang sudah kita bagikan bagi orang lain? Mari bersama, kita membersihkan bait Allah hidup kita, agar menjadi tempat yang layak bagi Tuhan dan menjadi tempat yang subur untuk menyemai Berkat Tuhan yang menyelamatkan banyak orang. Tuhan memberkati. Amin.

DOA UMAT:

I : Sering kita kurang menyadari bahwa tuhan mau berada di tengah-tengah kita, dan bahwa kita diperkenankan memanjatkan doa kepada-Nya di rumah doa ini.

L : Bagi semua anggota umat kita: agar kita dipasang sebagai batu-batu hidup dalam bangunan rohani, dan terutama menjadi insan berdoa. Marilah kita mohon,..

L : Bagi para gelandangan, yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap: semoga mereka merasa krasan di dalam Gereja dan bertemu dengan orang-orang yang mau membantu. Marilah kita mohon,…

L : Bagi diri kita: semoga kita menemukan cara-cara yang lebih nyata dalam menghayati cinta ksih kepada sesama, yang sungguh memerlukan bantuan kita. Marilah kita mohon,…

I : Allah Bapa di surga, Engkau hadir di tengah kami, di dalam gedung batu dan di dalam diri kami yang lemah ini. Maka kabulkanlah doa-doa kami dan penuhilah hasrat keinginan kami. Demi Kristus, …

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa yang mahaagung, terimalah kiranya roti dan anggur, persembahan umat-Mu yang bersuka cita. Semoga umat yang berkumpul di rumah doa ini terbuka hatinya terhadap rahmat-Mu. Demi Kristus, …

PREFASI

I : Tuhan bersamamu

U : Dan bersama rohmu juga

I : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan

U : Sudah kami arahkan

I : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.

U : Sudah layak dan sepantasnya.

I : Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersykur kepada-Mu.

Sebab Engkau sudi mendiami rumah doa ini, agar dengan bantuan rahmat-Mu kami menjadi kediaman Roh Kudus, yang indah berseri karena hidup suci. Gedung ini melambangkan pula Bunda Gereja, mempelai Kristus, yang Kaukuduskan berkat karya-Mu yang abadi. Maka Gereja Kaugembirakan laksana bunda berputera tak terhitung banyaknya, dan Kausinari dengan kemuliaan-Mu di surge. Dari sebab itu bersama para orang kudus serta rombongan para malaikat di surga, kami memuji Engkau sambil berseru/bernyanyi:

U : Kudus, kudus,.

ANTIFON KOMUNI – 1Petrus 2;5

Kita laksana batu yang hidup, disusun menjadi rumah rohani, imamat suci dalam Kristus Yesus.

DOA PENUTUP:

Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahaagung, di duni ini Engkau telah sudi membangun Gereja-Mu sebagai lambang Yerusalem surgawi. Tinggallah selalu beserta kami Karena rahmat santapan suci ini, hantarlah kami memasuki kediaman-Mu yang mulia dan abadi. Demi Kristus, …

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment