Kamis, 25 Februari 2021 – Hari Biasa Pekan I Prapaskah

Rm. V. Teja Anthara SCJ dari Komunitas Superiorat SCJ Teluk Betung Lampung Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI

ANTIFON PEMBUKA — Mazmur 5:23⁣

Tuhan, Rajaku dan Allahku, kabulkanlah doaku, indahkanlah keluh-kesahku, dengarkanlah suara permohonanku.⁣

PENGANTAR⁣

Banyak orang mau berdoa bila menghadapi keadaan darurat. Tampaknya seakan-akan kita berseri kepada Tuhan bila kita tak mampu mengatasi sendiri persoalan-persoalan. Bila segala nya lancar, kita lupakan lagi kehadiran Tuhan. Namun, doa permohonan bagi orang modern adalah jalan yang aman menuju Tuhan Kita harus berani mengakui bahwa kendati kemajuan yang telah tercapai segalanya tergantung pada berkat kerelaan Tuhan.⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa, asal segala kebaikan, semoga dengan bantuan rahmat-Mu kami selalu memikirkan dan melakukan yang baik. Sebab kami tidak dapat hidup tanpa Engkau. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….⁣

ATAU: ⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa mahamulia, barangsiapa mencari Engkau diperkenankan memandang wajah-Mu dalam diri Yesus Penebus kami yang mahabaik dan penuh belas kasih. Kami mohon, semoga sabda-Nya meresap dalam hati kami. Sebab Dialah ….⁣

 

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Ester 4:10a.10c-12.17-19

“Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, ya Tuhan.”

Di kala bahaya maut menyerang, Ratu Ester pun berlindung pada Tuhan. Ia mohon kepada Tuhan, Allah Israel, katanya, “Ya Tuhan, Raja kami, Engkaulah yang tunggal. Tolonglah aku yang seorang diri ini. Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, sebab bahaya maut mendekati diriku. Sejak masa kecilku telah kudengar dalam keluarga bapaku, bahwa Engkau, ya Tuhan, telah memilih Israel dari antara sekalian bangsa, dan nenek moyang kami telah Kaupilih dari antara sekalian leluhurnya, supaya mereka menjadi milik abadi bagi-Mu; dan telah Kaulaksanakan bagi mereka apa yang telah Kaujanjikan. Ingatlah, ya Tuhan, dan sudilah menampakkan diri-Mu di waktu kesesakan kami. Berikanlah kepadaku keberanian, ya Raja para allah dan Penguasa sekalian kuasa! Taruhlah perkataan sedap di dalam mulutku terhadap singa itu, dan ubahlah hatinya sehingga menjadi benci kepada orang-orang yang memerangi kami, supaya orang itu serta semua yang sehaluan dengannya menemui ajalnya. Tetapi selamatkanlah kami ini dengan tangan-Mu, dan tolonglah aku yang seorang diri ini, yang tidak mempunyai seorang pun selain Engkau, ya Tuhan.”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 138:1-2a,2bc-3,7c-8

Ref. Pada hari aku berseru, Engkau menjawab aku, ya Tuhan.

  1. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati, di hadapan para dewata aku akan bermazmur bagi-Mu. Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus.

     

  2. Aku memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu, sebab Kaubuat nama-Mu, dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.

     

  3. Tuhan, tangan kanan-Mu menyelamatkan daku, Engkau akan menyelesaikan segalanya bagiku! Ya Tuhan, kasih setia-Mu kekal abadi, janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu!

 

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Terpujilah Kristus Tuhan, Sang Raja kemuliaan kekal.
S  : (Mzm 51:12a,14a) Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, berilah aku sukacita karena keselamatan-Mu.

 

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 7:7-12

“Setiap orang yang meminta akan menerima.”

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu akan dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
Inilah Injil Tuhan

U : Terpujilah Kristus

 

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Valentinus Teja Anthara SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Jesus melalui Hati Maria.

Pendengar Resi Dehonian terkasih, jumpa kembali dengan saya Romo Valentinus Teja Anthara scj dari Komunitas SCJ – Teluk Betung – Lampung – Indonesia dalam Resi – renungan singkat – dehonian edisi hari Kamis – tanggal dua puluh lima – Februari – dua ribu dua puluh satu. Hari biasa Pekan pertama, Prapaskah.

Pendengar Resi yang dikasihi Tuhan. Dalam Injil yang baru saja kita dengar, Yesus mengajarkan kepada para muridnya syarat terkabulnya doa permohonan kita. Yesus mendorong dan mengajak kita untuk bertekun di dalam doa. Perhatikanlah apa yang disabdakan Jesus dalam ajaran ini. Pada kata kerja yang terdapat dalam Mat 7:8, menunjukkan makna tindakan yang dilakukan terus-menerus. Hal ini berarti bahwa kita harus terus meminta, mencari, dan mengetok. Ini yang sering disebut pula sebagai tekun memohon. Kita refleksikan ada tiga kata kerja yang disebutkan oleh Jesus, meminta, mencari dan mengetuk. Kita melihat maknanya satu persatu.

Yang pertama; Meminta mengandung arti kesadaran akan kebutuhan dan kepercayaan bahwa Allah mendengarkan doa kita. Jadi apa yang kita minta itu bukan sekedar keinginan, kemauan, harapan tetapi sungguh ungkapan kebutuhan yang sungguh saya perlukan. Jadi dari apa yang benar-benar saya butuhkan.

Yang kedua; Mencari menunjukkan permohonan yang sungguh-sungguh disertai dengan ketaatan pada kehendak Allah. Dalam diri kita ada usaha untuk mencari, bukan duduk diam tanpa usaha. Kita harus bekerja berat dengan berusaha mencari untuk mendapatkan atau menemukan yang kita cari. Maka kalau hanya doa dengan kata, tidak diserta dengan usaha mencari, itu tindakan yang sia-sia.

Yang ketiga; Mengetok menunjukkan adanya ketekunan dalam menghampiri Allah sekalipun Ia tidak menjawab dengan segera. Inilah yang sering disebut bahwa kita sabar untuk menunggu kehendak Allah. Banyak orang yang tidak sabar menunggu jawaban Allah, ketika mengetuk hatiNya. Ketika kita menunggu jawaban mengetuk dan tidak atau belum dibuka lalu kita berhenti, bosan dan men’jugde’ bahwa Tuhan tidak mendengarkan doaku.

Sadarilah dan renungkanlah apa yang Jesus sabdakan dalam hal ini. Dia meyakinkah kita dengan memberikan jaminan. Jaminan Kristus adalah bahwa mereka yang meminta akan menerima apa yang mereka minta itu. Inilah dasar dari jaminan itu bahwa doanya dilandaskan pada: (1) mencari dahulu Kerajaan Allah. (2) menyadari kebaikan dan kasih Allah selalu. (3) berdoa sesuai dengan kehendak Allah. (4) memelihara persekutuan dengan Kristus. (5) menaati Kristus.

Pendengar Resi yang terkasih. Banyak dari antara kita yang salah berdoa. Baik dari sikap batinnya maupun dalam tindakan lahiriahnya. Secara singkat, kita mengakui bahwa sering mendikte Tuhan dalam doa, dari pada kita bertemu dengan Bapa yang sangat mengerti dan mencintai kita. Bapa tahu apa yang ada didalam hati kita sebelum kita mengatakan, atau memintanya. Ambil saja contoh dalam hal meminta.

Kita sadar bahwa ada beberapa tipe orang yang meminta. Pertama ada orang yang malu atau enggan meminta. Hal ini dikarenakan si peminta merasa gengsi. Ada yang karena putus asa; sering meminta tetapi tidak terkabul. Atau bahkan tidak tahu cara meminta.

Tipe yang kedua adalah tipe orang pemaksa dan marah jika tidak terkabul permintaannya. Rasanya type ini banyak dialami orang-orang yang akhirnya bosan berdoa. Mereka sering mendikte Tuhan, untuk mengabulkan apa yang dimintanya. Kalau tidak dikabulkan permohonannya, mereka tidak perlu lagi berdoa. Tuhan dijadikan ‘budak’ pengabulan dari apa yang dikehendaknya. Dia bukan lagi Tuhan, karena tidak mengabulkan apa yang dimintanya.

Tipe yang ketiga adalah orang yang dengan rendah hati mau meminta. Orang yang demikian ini secara tulus meminta sesuai apa yang ia butuhkan, dan kebanyakan dari mereka akan merasa mudah memahami jika permintaan mereka tidak kunjung terkabul. Dia sadar bahwa dirinya itu bukan apa-apa. Semua adalah milik Tuhan yang disembah. Dia tahu bagaimana Tuhan lebih mengerti dari dirinya, sampai yang paling dalam dari batinnya. Inilah yang sering kita tidak sadari.

Pendengar yang terkasih. Inilah yang harus menjadi kekuatan dan keyakinan diri kita. Kristus menjanjikan bahwa Bapa di sorga tidak akan mengecewakan anak-anak-Nya. Ia bahkan mengasihi kita lebih daripada seorang ayah manusiawi mengasihi anaknya, dan Ia menginginkan agar kita memohon segala kebutuhan kita kepada-Nya, dengan menjanjikan untuk memberikan yang baik kepada kita. Allah ingin memberikan pemecahan bagi semua persoalan kita dan makanan bagi kebutuhan kita sehari-hari. Dan yang terbaik adalah bahwa Ia memberikan Roh Kudus kepada anak-anak-Nya sebagai Penasihat dan Penolong.

Marilah kita bertobat dalam hal berdoa kita. Terutama dalam kesetiaan, keteguhan dan ketekunan dalam berdoa. Kita harus berubah diri kita. Tuhan adalah Tuhan, bukan budak keinginan kita. Kita mohon kekuatan Hati Kudus Jesus, supaya kita diberi hati yang suci, supaya menjadi semakin rendah hati seperti hatinya. Semoga hati kudusnya semakin dimuliakan. Amin.

 

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa tujuan hidup insani, terimalah kiranya doa dan persembahan kami. Semoga Engkau berkenan mengarahkan hati dan budi kami kepada-Mu. Demi Kristus,⁣

ATAU⁣

Allah Bapa sumber damai, berilah kiranya kami rezeki di kala kami mengetuk pintu atas nama Putra-Mu dan teguhkanlah damai-Mu dalam diri kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.⁣

ANTIFON KOMUNI  —  Matius7:8⁣

Mintalah, kamu akan menerima. Carilah, kamu akan menemukan. Ketuklah, pintu akan dibukakan bagimu.⁣

DOA PENUTUP⁣

Marilah berdoa: Tuhan Allah kami, dengan sakramen-Mu Engkau melanjutkan karya penyelamatan.⁣ Semoga ibadat suci ini menguatkan kami untuk hidup sekarang dan mengantar kami kepada hidup abadi. Demi Kristus, ….⁣

ATAU: ⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa kami sumber kedamaian sejati, setiap hari harapan kami akan kedamaian dihidupkan oleh Yesus, rezeki kami. Kami bersyukur, namun juga mohon semoga kami semakin berkenan di hatimu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami… ⁣

7 Comments

  • Herlin Februari 24, 2021 at 7:52 pm

    Amin

    Reply
  • yohana Februari 24, 2021 at 8:22 pm

    Terima kasih Romo,renungan yang sungguh menguatkan saya pagi ini. Dan menyadarkan saya bahwa Tuhan tau yang terbaik untuk saya.
    Pengalaman berdoa yang sering mendapat jawaban yang segera membuat saya menjadi mendikte Tuhan pada pengalaman sakit saat ini.
    Kiranya Tuhan berkenan mengampuni saya yang menjadi kurang sabar dalam mencari dan berdoa. Serta menjadi ragu akan penyertaan Tuhan.

    Reply
    • admin Maret 3, 2021 at 3:07 am

      Syukur kepada Allah.. Semoga Tuhan menjawab doa-doa dan harapan saudari.. Berkah Dalem

      Reply
  • Listyawati Februari 24, 2021 at 10:38 pm

    Terimakasih Romo Tejo.

    Reply
  • Listyawati Februari 24, 2021 at 10:40 pm

    Terimakasih Romo Tejo. Berkah Dalem.

    Reply
  • Christiana Februari 25, 2021 at 4:56 am

    Terima Kasih Romo, renungannya sangat bermakna. Tuhan Yesus Memberkati. 🙏🙏

    Reply
    • admin Maret 3, 2021 at 3:06 am

      Tuhan memberkati..

      Reply

Leave a Comment