Senin, 02 Januari 2023 – Peringatan Wajib. St. Basilius Agung dan Gregorius dari Nazianze

Rm. YAM. Fridho Mulya SCJ Dari Komunitas SCJ Tegalrejo Belitang Sumatera Selatan – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 36:30-31

Mulut orang jujur menuturkan kebijaksanaan, dan lidahnya mengucapkan keadilan. Hukum Allah disimpan dalam hatinya.

PENGANTAR: 

Suatu perencanaan matang pada permulaan tahun akan sangat membantu usaha mengisi tahun itu. Para perintis Gereja banyak jasanya bagi perkembangan selanjutnya. Greogorius dan Basilius merupakan perintis-perintis Gereja Eropa Timur. Sejak masih belajar mereka bersahabat dan bersama-sama mereka masuk biara. Basilius mengarahkan perhatiannya pada hidup membiara. Peraturan-peraturan hasil karyanya menjadi pola hidup membiara di Eropa Timur. Gregorius menjadi batrik di Istambul pada dan zamannya menjadi ahli teologi yang segani.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa, sumber kebenaran, Santo Basilius dan Santo Gregorius menjadi cahaya terang bagi Gereja-Mu berkat teladan dan pengajaran mereka. Semoga berkat doa restunya kami selalu mencari kebenaran-Mu dengan rendah hati serta mencintai dan menghayatinya dengan setia. Demi Yesus Kristus, …

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes 2:22-28

“Apa yang telah kamu dengar harus tetap tinggal di dalam dirimu.”

Anak-anakku terkasih, barangsiapa menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, dia itu seorang pendusta! Dan barangsiapa menyangkal baik Bapa maupun Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengakui Anak, ia juga memiliki Bapa. Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari semula, itu harus tetap tinggal di dalam dirimu. Jika apa yang telah kamu dengar dari semula itu tetap tinggal di dalam dirimu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. Semua ini kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. Sebab di dalam dirimu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari Yesus. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan Yesus mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 98:1.2-3b.3c-4

Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita

  1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

  2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya. Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.

  3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya
S : (Ibr 1:1-2) Dahulu kala dengan pelbagai cara Allah berbicara kepada leluhur kita dengan perantaraan para nabi; pada zaman akhir ini Ia berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 1:19-28

“Sesudah aku akan datang Dia yang sudah ada sebelum aku.”

Inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus kepadanya beberapa imam dan orang-orang Lewi untuk menanyakan kepadanya, ‘Siapakah Engkau?’ Yohanes mengaku dan tidak berdusta, katanya, “Aku bukan Mesias!” Lalu mereka bertanya kepadanya, “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Yohanes menjawab, “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Ia pun menjawab, “Bukan!” Maka kata mereka kepadanya, “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?” Jawab Yohanes, “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya.” Di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi. Mereka bertanya-tanya kepadanya, “Mengapa engkau membaptis jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?” Yohanes menjawab kepada mereka, “Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Hal ini terjadi di Betania yang di seberang Sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis orang.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. YAM. Fridho Mulya SC SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Mariae.

Jumpa dengan saya Rm. Y.A.M Fridho Mulya SCJ dari Komunitas Santa Maria Tak Bernoda Tegalrejo. Belitang OKU Timur, SumSel, dalam RESI (Renungan Singkat) hari ke-dua Senin, 2 Januari 2023. Hati Yesus selalu menjiwai Anda sekalian.

Para Pendengar Resi, di manapun Anda berada, pertama-tama saya ucapkan selamat Natal 2022 dan Selamat Tahun Baru 2023. Kita memasuki Tahun baru ini dengan menelusuri “jalan lain” jalan baru bersama Tuhan secara rohani selalu menyertai kehidupan kita.

Para Pendengar Resi, yang penuh kesukaan Natal; saat kita membaca dan merenungkan Injil ini, kesan pertama yang muncul adalah, betapa rendah hati si Yohanes ini. Dia SI RENDAH HATI. Di kalangan bangsa Yahudi – Israel, Yohanes adalah orang istimewa, yang namanya bukan dari nama keturunan, yang artinya “tangan Tuhan menyertai dia.” Kelahirannya membuat banyak orang kagum. Lahir dari pasangan yang sudah berumur Zakaria – Elisabeth. Sampai membuat ayahnya Zakaria menjadi bisu karena ke-tidakpercayaannya atas kuasa Tuhan (Lk 1: 57-66). Hidupnya jadi pertapa di padang gurun, pakaiannya jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan (Bdk. Mat 3:4). Dengan keberanian yang luar biasa, ia menyerukan, “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat.” Ia merintis dan membuka jalan untuk Tuhan’ dari seruan itu, banyak orang Farisi dan Saduki datang dan minta dibaptis (Mat 3: 2-7). dan sangat luar biasa, Yohanes membaptis Sang Guru Sejati, Yesus di sungai Yordan (Mat 3:13-17)

Para Pendengar Resi, menjadi populer adalah impian hampir semua orang. Karena popularitas adalah sesuatu yang dianggap mampu memberikan berbagai kenyamanan sehingga harus diraih dengan cara apa pun! Bagi Yohanes Pembaptis, menjadi populer bukanlah tujuan hidupnya. Tujuan hidupnya adalah menyerukan pertobatan dan membuka jalan bagi kedatangan Mesias.

Apa yang dilakukan Yohanes Pembaptis membuat dirinya makin dikenal banyak orang. Dan orang-orang Yahudi mengutus para imam dan orang Lewi untuk menyelidik tentang siapa Yohanes Pembaptis (19). Mereka bertanya, “Apakah engkau Mesias?” Ia pun menyangkalnya. ‘Bukan” Mereka mengajukan beberapa nama yang memiliki kehormatan dan karisma di mata orang Israel, “Eliakah? Atau seorang nabi yang akan datang?” Yohanes Pembaptis dengan tegas menjawab, “Bukan” (19-22). Pikir mereka, kalau Yohanes Pembaptis bukan siapa-siapa mengapa ia melakukan baptisan (25-26)? Lalu, ia menegaskan bahwa dirinya adalah suara yang berseru-seru di padang gurun (23). Ia hanyalah sarana yang dipakai Allah untuk membawa bangsanya bertobat dan menerima kedatangan Juru Selamat. Yohanes menampilkan kerendahan hatinya, dia memperkenalkan “Dia yang berdiri di tengah-tengah kamu, dan tidak kamu kenal, yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasutnyapun aku tidak layak.” (Yoh 1:26-27)

Para pendengar Resi, murid-murid Tuhan Yesus, kita ini masih perlu belajar dan menjadi rendah hati; sesunggahnya kerendahan hati Yohanes ini bisa menjadi cerminan bagi hidup kita. Kalau kita sedang mengaca di depan cermin, kita bisa menilai pakaian yang kia kenakan, dandanan yang kita lakukan, penampilan kita nampak berwibawa? Serem, ganteng, cantik, gemulai, gagah perkasa atau ceking, gemuk atau kurus? Semua tampilan luar hanyalah kesing. Perlu memang. Tapi isi lebih penting, yang harus jadi isi kesing adalah RENDAH HATI. Tanda-tanda sikap-perilaku rendah hati: berani mendahulukan orang lain dan tidak mengunggulkan ke-aku-annya, berani mengakui kekurangan diri dan kelebihan orang lain juga, mau mendengarkan orang lain dan tidak ‘ngengkel’ atau cari menang sendiri, mau belajar sesuatuyang baru dan tidak bertahaan pada kepentingan diri, siap menerima pertolongan dari orang lain, juga siap menolong orang lain, berani mengakui dan minta maaf bila ada salah dan siap memaafkan dengan tulus bila ada orang salah. Dan berani mengucapkan terimakasih atas berbagai kebaikan atau keuntungan yang kita rasakan, baik dari manusia maupun terlebih dari Tuhan.

Bila ke pasar belilah roti

Roti kismis jadikan hidangan

Kita harus belajar rendah hati

Yohanes Pembaptis adalah teladan

          Bunga kuncup, kelopak melati

          Bila berkembang indah berseri

          Manusia hidup tidak sendiri

          Bersama orang lain jadi berarti

Demikian Resi hari ini. Hati Yesus selalu menjiwai. Jadikanlah hati kami rendah hati. Tuhan memberkati; Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAAN:

Terimalah kiranya, ya Bapa di surga, persembahan yang kami unjukkan dengan gembira para peringatan Santo Basilius dan Gregorius. Semoga kami selalu mendengarkan nasihat mereka dan menyerahkan jiwa raga kami seutuhnya kepada-Mu bersama persembahan roti dan anggur ini. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

ANTIFON KOMUNI – Lukas 12:42

Dialah pengurus rumah yang setia dan bijaksana, yang diangkat Tuhan menjadi kepala atas semua hamba-hamba-Nya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahabaik, kami telah diajar oleh sabda Kristus, guru kami, dan disegarkan oleh kurban Kristus, santapan kami. Semoga dengan doa restu dan bantuan Santo Basilius dan Gregorius sabda-Mu kami wartakan dan kurnia cinta kasih-Mu kami bagikan. Demi Kristus, …

DOWNLOAD AUDIO RESI

Santo Basilius Agung

Basil the Great Bapa Gereja, Father of Eastern Monasticism

Santo Basilius adalah salah seorang pujangga besar Gereja. Ia lahir di Asia Kecil pada sekitar tahun 330 (sekarang daerah tersebut dikenal dengan nama Turki) Keluarga Santo Basilius Agung: nenek, ayah, ibu, dua saudara serta seorang saudarinya semuanya adalah orang kudus. Basilius bertemu dengan Gregorius dari Nazianzen dan menjadi sahabat karib di sekolah di Athena, Yunani. Disana, Basilius lalu dikenal sebagai seorang guru besar yang tersohor.

“Berikanlah makanan terakhirmu kepada pengemis yang mengetuk pintumu, dan percayalah akan belas kasihan Tuhan.”  (St.Basilius Agung)

Suatu hari, saudarinya yaitu St.Makrina, menyarankan agar ia menjadi seorang biarawan. Basilius mendengarkan nasehat baik saudarinya, lalu pergi ke tempat yang sunyi dan mendirikan biaranya yang pertama. Regula (=peraturan biara) yang ditetapkannya bagi para biarawannya amatlah bijaksana. Biara-biara Gereja Timur masih menerapkannya hingga saat ini.

Santa Basilius bersama santo Gregorius, menjadi imam dan kemudian Uskup. Mereka dengan berani berkhotbah menentang bidaah Arianisme yang menyangkal bahwa Yesus adalah Tuhan. Ajaran sesat ini membingungkan banyak orang.

Basilius selalu bersikap lembut dan murah hati. Ia selalu menyediakan waktu untuk menolong kaum miskin papa. Ia bahkan mendorong orang-orang miskin itu untuk menolong mereka yang lebih miskin dari mereka sendiri. “Berikanlah makanan terakhirmu kepada pengemis yang mengetuk pintumu,” desaknya, “dan percayalah akan belas kasihan Tuhan.”

Basilius menyumbangkan segala miliknya dan membuka sebuah dapur umum. Di sana orang sering melihatnya mengenakan celemek dan melayani mereka yang lapar. Basilius wafat pada tahun 379 dalam usia empatpuluh sembilan tahun. Sementara Gregorius wafat pada tahun 390 dalam usia enampuluh tahun. Ia dimakamkan di Basilika St.Petrus di Roma

Arti Nama

Berasal dari bahasa Yunani : Βασιλειος (Basileios) yang berarti : Raja

Variasi Nama

Basileios, Basilius (Ancient Greek), Vasil (Bulgarian), Pasi (Finnish), Basile (French), Vasilios, Vasilis, Vassilis (Greek), Basilio (Italian), Vasil (Macedonian), Bazyli (Polish), Vasile, Vasilica (Romanian), Vasili, Vasiliy, Vasily, Vassily, Vaska, Vasya (Russian), Vasilije (Serbian), Basilio (Spanish), Vasyl, Wasyl (Ukrainian)

Sumber: https://katakombe.org/para-kudus/januari/basilius-agung.html

 

Santo Gregorius dari Nazianze

The Christian Demosthenes, The Theologian

Gregorius dilahirkan di Asia Kecil pada tahun 330. Sekarang daerah tersebut dikenal dengan nama Turki. Orang tua Gregorius adalah St. Nonna dan St. Gregorius Tua. Gregorius bertemu dengan Basilius dan menjadi sahabat karib ketika bersekolah di Athena, Yunani.

Gregorius menjadi imam dan kemudian Uskup. Mereka dengan berani berkhotbah menentang bidaah Arianisme yang menyangkal bahwa Yesus adalah Tuhan. Ajaran sesat ini membingungkan banyak orang. Ketika menjadi Uskup Konstantinopel, Gregorius mempertobatkan banyak orang dengan khotbah-khotbahnya yang mengagumkan.

Hal itu membuatnya hampir saja kehilangan nyawanya. Seorang pemuda berencana untuk membunuhnya. Pada saat-saat terakhir, pemuda tersebut bertobat serta memohon pengampunan dari Gregorius. St. Gregorius sungguh mengampuninya serta membawanya ke jalan yang benar dengan kelemahlembutan serta kebaikan hatinya.

Empatpuluh empat khotbah St. Gregorius, 243 suratnya, serta banyak puisinya kemudian diterbitkan. Buah penanya masih amat penting hingga saat ini. Banyak penulis mendasarkan karya-karya mereka pada buah penanya itu. Gregorius wafat pada tahun 390 dalam usia enampuluh tahun. Awalnya ia dimakamkan di kota Nazianze, lalu pada tahun 950 makamnya dipindahkan ke Church of the Holy Apostles di Konstantinopel.

Pada tahun 1204 relikwi Santo Gregorius bersama relikwi Santo Yohanes Krisostomus dijarah oleh para Kesatria Salib (Crusaders) dan dibawa ke kota Roma. Relikwi dua bapa Gereja ini laluu berada di kota Roma selama delapan ratus  tahun. Pada bulan November 2004  Paus Yohannes Paulus II mengembalikan relikwi dua orang Uskup Agung Konstantinopel ini kepada Gereja Orthodox.  Patriark Konstantinopel saat itu (Patriark Bartholomew)  menerima penyerahan relikwi ini pada tanggal 27 November 2004  dalam sebuah upacara resmi di Basilika Santo Petrus di Roma.  Relikwi kedua orang suci tersebut kini disemayamkan di Gereja Santo Georgius Konstantinopel (Istambul) Turki.

Arti Nama

Berasal dari nama Yunani  Γρηγοριος (Gregorios), yang diturunkan dari kata  γρηγορος (gregoros) yang berarti waspada, waspada“.

Variasi Nama

Gregory (English), Grigor, Krikor (Armenian), Grigor (Bulgarian), Grgur, Grga (Croatian), Řehoř (Czech), Gregers (Danish), Grégoire (French), Grigol (Georgian), Gregor (German), Gregorios (Greek), Gergely, Gergő (Hungarian), Gréagóir (Irish), Gregorio (Italian), Gregorios, Gregorius (Late Greek), Grigorijs (Latvian), Grigor (Macedonian), Gregers (Norwegian), Grzegorz (Polish), Grigore (Romanian), Grigori, Grigoriy, Grigory, Grisha (Russian), Gregor, Griogair, Greig (Scottish), Gregor (Slovak), Grega, Gregor (Slovene), Gregorio, Goyo (Spanish), Greger (Swedish), Hryhoriy (Ukrainian), Grigor (Welsh)

Sumber: https://katakombe.org/para-kudus/januari/gregorius-dari-nazianze.html

 

No Comments

Leave a Comment