Jumat, 05 Mei 2023 – Hari Biasa Pekan IV Paskah

Fr.Diakon Stephanus Lisdiyanto SCJ dari Komunitas SCJ Paroki St. Stefanus Cilandak Jakarta Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Wahyu 5:9-10⁣

Tuhan, Engkau telah menebus kami dengan darah-Mu dari setiap suku, bahasa, rakyat, dan bangsa, dan Engkau telah menjadikan kami raja dan imam bagi Allah Bapa. Aleluya.⁣⁣

PENGANTAR⁣

Tiada orang yang pernah melihat Allah. Namun, bila kita saling menaruh cinta kasih, maka Yesus hadir di tengah-tengah kita. Sekalipun la sudah bertakhta mulia di sisi kanan Bapa, namun kita yakin, la hadir di dekat kita. Kita mengimani bahwa Dialah jalan, kebenaran, dan kehidupan, cahaya dalam kegelapan, pemandu aman bagi siapa saja yang meraba-raba mencari jalan Yesus, dari Jumat Agung menuju Paskah, dari kematian menuju hidup dan kebangkitan.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa, pokok kebebasan dan keselamatan kami, Engkau telah menebus kami dengan darah Putra-Mu. Dengarkanlah permohonan kami, supaya kami memperoleh hidup dalam diri-Mu dan menikmati keselamatan kekal. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….⁣⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kisah Para Rasul 13:26-33

“Janji telah digenapi Allah dengan membangkitkan Yesus.”

Dalam perjalanannya Paulus sampai di Antiokhia di Pisidia. Di rumah ibadat Yahudi di sana Paulus berkata, “Hai saudara-saudaraku baik yang termasuk keturunan Abraham maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan sudah disampaikan kepada kita. Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Yesus, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat. Dan meskipun mereka tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati, namun mereka telah meminta kepada Pilatus supaya Yesus dibunuh. Dan setelah mereka menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkan-Nya di dalam kubur. Tetapi Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Dan selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem. Mereka itulah yang sekarang menjadi saksi-Nya bagi umat ini. Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Kulah Engkau! Pada hari ini Engkau telah Kuperanakkan.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 2:6-7.8-9.10-11

Ref. Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan.

  1. “Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!” Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan: Ia berkata kepadaku, “Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan.”

  2. “Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, dan memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk.”

  3. Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia! Beribadahlah kepada Tuhan dengan takwa, dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (Yoh 14:6) Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 14:1-6

“Akulah jalan, kebenaran, dan hidup.”

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku sudah mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke sana untuk menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke sana.” Kata Tomas kepada-Nya, “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke sana?” Kata Yesus kepada-Nya, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Fr. Diakon Stephanus Lisdiyanto SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Dehonian dan saudara-saudariku yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus. Saya Diakon Stephanus Lisdiyanto SCJ dari komunitas Pastoran Paroki St. Stefanus Cilandak Jakarta Selatan. Kita berjumpa kembali dalam ReSi, Renungan Singkat Dehonian, Jumat, 05 Mei 2023, Pekan IV dalam Masa Paskah. Mari kita siapkan hati dan budi kita untuk mendengarkan Sabda Tuhan. 

Sahabat Dehonian dan saudara-saudariku yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus. Dalam Injil yang kita dengarkan hari ini ditampakkan situasi bagaimana para murid Yesus mengalami kegelisahan karena Gurunya yang mereka ikuti dan mereka yakini sebagai Mesias akan pergi meninggalkan mereka. Sebagai seorang Yahudi, para murid masih memiliki anggapan bahwa Yesus yang disebut-sebut sebagai Mesias ini akan mampu memimpin mereka mengalahkan bangsa Romawi dan memberikan suatu kebebasan kepada bangsanya. Akan tetapi, dengan Yesus mengatakan akan pergi, serasa harapan itu pupus, para murid bingung dan kecewa. Padahal para murid sudah meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Yesus, dan sekarang Yesus akan meninggalkan mereka. 

Terhadap kegelisahan para murid ini, Yesus berkata, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku….”. Rasa gelisah memang manusiawi, apalagi ketika kita sebagai manusia berjumpa dan mengalami situasi yang tidak ada kepastiannya. Situasi yang tidak pasti dan situasi yang di luar nalar membuat seseorang menjadi gelisah lalu mudah menjadi overthinking.  Pada zaman ini tidak sedikit dari kita, terutama kalangan muda mengalami overthinking yang akut. Kegelisahan yang dialami seseorang dapat dikarenakan terlalu memikirkan masa lalu, bahwa di masa lalu tidak dapat memberikan yang terbaik baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Juga rasa khawatir yang terlalu berlebihan akan masa depan yang akan terjadi. Ketika seseorang mengalami overthinking justru ia menghambat penyelesaian masalah dan bukan untuk mencari jalan keluar atas masalahnya. 

Sahabat Dehonian dan saudara-saudariku yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus. Ada tiga kata penting yang diungkapkan oleh Yesus dalam Injil hari ini yang dapat membantu kita menjadi lebih sadar dan yakin bahwa Yesus benar-benar sumber keselamatan dan kehidupan kekal. Ia mengatakan, “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup.” Maka dengan demikian kita bisa mengerti bahwa tanpa jalan kita tidak bisa pergi, tanpa kebenaran, seseorang tidak bisa membuat pilihan yang baik dan tanpa hidup, hanya ada kematian. 

Dalam keadaan apapun, Tuhan melayakkan kita orang-orang berdosa ini untuk datang dan memohon kepada-Nya. Ingat, bahwa Tuhan itu Maha Belas kasih. Belas kasih Tuhan melampaui apa yang kita pikirkan, melampaui ketidaklayakan yang bergumul dalam hati kita. Setiap pribadi dan semua orang, yang dengan hati tulus mau datang kepada-Nya pasti Tuhan akan membuka tangan dengan lebar. Semoga kita semua dikuatkan dalam perjuangan hidup kita. Tuhan memberkati.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa maha pengasih, terimalah persembahan umat-Mu. Semoga dengan bantuan perlindungan-Mu kami tetap memelihara anugerah-Mu di dunia dan memperoleh kurnia-Mu di surga. Demi Kristus, ….⁣⁣

ANTIFON KOMUNI – Roma 4:25.⁣

Kristus Tuhan telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan untuk menyelamatkan kita. Aleluya.⁣⁣

DOA SESUDAH KOMUNI⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber kebahagiaan, kasihani dan lindungilah selalu umat yang telah Kauselamatkan. Kami telah ditebus oleh derita Putra-Mu. Semoga kami bergembira atas kebangkitan-Nya. Sebab Dialah ….⁣⁣

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

2 Comments

  • Herlin Mei 5, 2023 at 3:20 am

    Amin

    Reply
  • Firmus dega Mei 5, 2023 at 9:43 am

    Makasi Diakon

    Reply

Leave a Comment