Minggu, 25 Juni 2023 – Hari Minggu Biasa XII

Rm. C. Wahyu Tri SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

 
 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – (bdk. Mzm 28:8-9)

Tuhan adalah kekuatan umat-Nya dan benteng keselamatan bagi Yang diurapi-Nya. Selamatkanlah umat-Mu, ya Tuhan, berkatilah milik pusaka-Mu; gembalakanlah mereka selama-lamanya.

PENGANTAR:

Untuk dapat hidup dengan perasaan damai, kita perlu memiliki kepercayaan kepada diri sendiri, maupun kepada orang lain di sekitar kita. Selain itu, kita juga tidak boleh lupa untuk mempercayakan segala hidup, karya dan usaha yang kita lakukan dalam penyelenggaraan Allah Sang Pencipta. Melalui Ekaristi ini, kita meneguhkan kembali penyerahan hidup kita kepada Allah yang menyelenggarakan hidup kita seutuhnya.

SERUAN TOBAT:

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Sabda Allah yang hidup , tempat kami mempercayakan diri kami. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

I : Engkaulah kebangkitan dan hidup, tempat kami menaruh harapan kami. Kristus, kasihanilah kami.

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkaulah cinta kasih Ilahi yang menjelma, tempat kami menaruh cinta kasih seutuhnya. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Ya Allah, teguhkanlah dalam diri kami, umat-Mu, hormat dan kasih pada nama-Mu yang kudus. Sebab mereka yang teguh berdiri atas kasih-Mu tidak pernah Engkau biarkan berjalan tanpa bimbingan-Mu. Dengan pengantaraan Yesus, Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Yeremia 20:10-13

“Tuhan telah melepaskan nyawa orang miskin dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.”

Aku, Yeremia, telah mendengar bisikan banyak orang, “Kegentaran datang dari segala jurusan! Adukanlah dia! Mari kita mengadukan dia!” Semua sahabat karibku mengintai apakah aku tersandung jatuh. Kata mereka, “Barangkali ia membiarkan dirinya dibujuk, sehingga kita dapat mengalahkan dia dan dapat melakukan pembalasan kita terhadap dia!” Tetapi Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar aku akan tersandung, jatuh dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka akan menjadi malu sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak akan terlupakan! Ya Tuhan semesta alam, yang menguji orang benar, yang melihat batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-mulah kuserahkan perkaraku. Menyanyilah untuk Tuhan, pujilah Dia! Sebab ia telah melepaskan nyawa orang miskin dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 69:8-10,14,17,33-35

Ref. Tuhan sudi dengarkan rintihan umat-Mu.

  1. Tuhan, karena Engkaulah aku menanggung cela, karena Engkaulah noda meliputi mukaku. Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku, menjadi orang asing bagi anak-anak ibuku; sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku, dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku.

  2. Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya Tuhan, aku bermohon pada waktu Engkau berkenan, ya Allah; demi kasih setia-Mu yang besar jawablah aku dengan pertolongan-Mu yang setia! Jawablah aku, ya Tuhan, sebab baiklah kasih setia-Mu, berpalinglah kepadaku menurut rahmat-Mu yang besar!

  3. Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah; biarlah hatimu hidup kembali. Hai kamu yang mencari Allah! Sebab Tuhan mendengarkan orang-orang miskin, dan tidak memandang hina orang-orang-Nya yang ada dalam tahanan. Biarlah langit dan bumi memuji-muji Dia, lautan dan segala yang bergerak di dalamnya.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma 5:12-15

“Karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam.”

Saudara-saudara, dosa telah masuk ke dalam dunia lantaran satu orang, dan karena dosa itu masuklah juga maut. Demikianlah maut telah menjalar kepada semua orang karena semua orang telah berbuat dosa. Sebab sebelum hukum Taurat ada, di dunia ini telah ada dosa. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada dalam hukum Taurat. Sungguhpun demikian, dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa maut telah berkuasa juga atas mereka yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran dari Dia yang akan datang. Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang itu semua orang telah jatuh dalam kuasa maut, jauh lebih besarlah kasih karunia dan karunia Allah, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang lantaran satu orang, yaitu Yesus Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (Yoh 14:18) Roh kebenaran akan memberi kesaksian tentang daku, dan kamu pun harus memberi kesaksian pula, Sabda Tuhan.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 10:26-33

“Janganlah kamu takut kepada mereka yang hanya dapat membunuh tubuh.”

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada kedua belas murid-Nya, “Janganlah kamu takut kepada mereka yang memusuhimu, karena tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka, dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah dari atas atap rumah. Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang hanya dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; tetapi takutlah Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. Bukankah burung pipit dijual seduit dua ekor? Namun tak seekor pun dari padanya akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamu pun semuanya telah terhitung. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit. Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia akan Kuakui di depan Bapa-Ku di surga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, dia akan Kusangkal juga di depan Bapa-Ku yang di surga.”
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Chistoforus Wahyu Tri Haryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Mariae.

Tuhan Yesus menegaskan agar kita jangan takut. Beberapa pokok yang perlu direnungkan dari sabda Tuhan itu adalah sebagai berikut:

  1. Tuhan Yesus mengingatkan bahwa ada kekuatan yang dapat menghabisi tubuh kita. Kekuatan itu nyata dan merongrong kehidupan kita.

  2. Jiwa – roh kita yang telah kita serahkan kepada Allah dan menjadi tahta Roh Kudus melalui baptisan maka kekuatan-kekuatan yang mengancam hidup kita sesungguhnya tidak memiliki kuasa atas jiwa kita. Allah akan melindungi dan menjaga ruh kita yang akan abadi.

  3. Tubuh dapat tetap membantu jiwa -roh kita untuk terjaga dan terawat bagi Allah: melalui kerja, sikap tubuh yang mengarahkan pada ALLAH, dipakai dalam sakramen.

Oleh karena itu mari kita rawat jiwa-roh-badan kita.

DOA UMAT:

I : Kristus mengajarkan kepada kita agar tidak takut kepada mereka yang hanya dapat membunuh tubuh tetapi takut kepada Dia yang berkuasa membinasakan, baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. Marilah kita dengan kerendahan hati memanjatkan doa-doa kepada Allah Bapa kita.

L : Bagi Gereja Kudus: Ya Bapa, terangilah selalu para pemimpin Gereja dengan Roh Kebijaksanaan-Mu dalam menghadapi segala tantangan-tantangan zaman yang penuh perubahan ini. Marilah kita mohon, …

U : Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

L : Bagi bangsa kita: Ya Bapa, tuntunlah umat-Mu dalam ikut serta bertanggungjawab atas keadaan negara kami sehingga tetap memberi kesaksian atas nilai-nilai Injil dengan usaha menegakkan keadilan serta martabat manusia. Marilah kita mohon, …

U : Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

L : Bagi mereka yang sakit dan menderita, serta kaum miskin dan tertindas: Ya Bapa, teguhkanlah iman, pengharapan dan kasih semua saudara kami yang mengalami nasib malang atau perlakuan yang kurang wajar sehingga mereka tetap setia dengan Sabda-Mu dalam memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan hidup mereka. Marilah kita mohon, …

U : Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

L : Bagi kita umat kristiani: Ya Bapa, persatukanlah kami dalam kasih persaudaraan sejati untuk saling bahu-membahu membangun Kerajaan Allah. Marilah kita mohon, …

U : Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

I : Tuhan dampingilah kami dalam perjalanan peziarahan menuju Kerajaan Kasih-Mu. Semoga kami tetap setia kepada-Mu dan hidup oleh karena Sabda kebenaran-u yang hadir dalam diri Kristus, sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa. Amin

DOA PERSEIAPAN PERSEMBAHAN:

Ya Allah, terimalah kurban silih dan pujian kami ini. Semoga dayanya memurnikan kami, agar kami mempersembahkan kepada-Mu cinta bakti kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin

ANTIFON KOMUNI – Mazmur 145:15

Mata sekalian orang menantikan Engkau, dan Engkau memberi mereka makanan pada waktunya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur atas santapan suci ini. Semoga berkat Sakramen Ekaristi yang telah kami sambut, kami menjadi semakin berani untuk mewartakan kebaikan dan kerahiman-Mu di mana pun kami berada, hingga kami sendiri mengalami kerahiman-Mu yang abadi di surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment