Minggu, 10 September 2023 Hari Minggu Biasa XXIII

Rm. Andreas Nugroho SCJ dari Komunitas SCJ Rumah Damai Dehon Palembang – Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 119:137,124

Engkau adil, ya Tuhan, dan Hukum-hukum-Mu benar. Perlakukanlah hamba-Mu sesuai dengan kasih setia-Mu.

PENGANTAR:

Kasih merupakan dasar semua perintah. Kasih hendaknya mewarnai hidup bersama sehari-hari. Kasih dan kesetiaan Allah diwujudkan dengan selalu mencari yang hilang dan tidak ingin satupun umat-Nya hilang, sebagaimana akan didengar dalam Injil hari ini. Sebagai jemaat, kita pun bertanggungjawab atas saudara yang berdosa, namun dengan kasih dan kesetiaan kita turut menyertai proses mengajak saudara kita kembali kepada Allah dalam doa dan kelemahlembutan.

SERUAN TOBAT:

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau Putra Allah Yang Mahaadil, penuh cinta, dan belas kasih. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

I : Engkau menghendaki keselamatan semua orang. Kristus, kasihanilah kami.

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkau menghendaki hukum cinta kasih diwujudkan, juga bila dituntut pengorbanan. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

MADAH KEMULIAAN:

DOA PEMBUKA:

Marilah kita bedoa. (hening sejenak) Ya Allah, Engkau telah menebus kami dan mengangkat kami menjadi anak-anak-Mu. Pandanglah anak-anak kesayangan-Mu dengan rela hati, supaya semua orang yang percaya pada Kristus memperoleh kebebasan sejati serta warisan abadi. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Yehezkiel 33:7-9

“Jika engkau tidak berkata apa-apa kepada orang jahat, Aku akan menuntut pertanggungjawaban atas nyawanya darimu.”

Beginilah firman Tuhan, “Wahai engkau anak manusia, Aku menetapkan engkau menjadi penjaga bagi kaum Israel. Bilamana engkau mendengar suatu firman dari-Ku, peringatkanlah mereka demi nama-Ku. Kalau aku berfirman kepada orang jahat: Hai orang jahat, engkau pasti mati! Dan engkau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu supaya bertobat dari hidupnya, maka orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi darimu Aku akan menuntut pertanggungjawaban atas nyawanya. Sebaliknya, jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu supaya ia bertobat dari hidupnya, tetapi ia tidak mau bertobat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 95:1-2.6-7.8-9

Ref. Singkirkanlah penghalang Sabda-Mu, cairkanlah hatiku yang beku, dan bimbinglah kami di jalan-Mu.

  1. Marilah kita bernyanyi-nyanyi bagi Tuhan bersorak-sorai bagi gunung batu keselamatan kita. Biarlah kita memandang nama-Nya dengan lagu syukur, bersorak-sorai bagi-Nya dengan nyanyian mazmur.

  2. Masuklah, mari kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kta. Sebab Dialah Allah kita; kita ini umat gembalaan-Nya serta kawanan domba-Nya.

  3. Pada hari ini, kalau kamu mendengar suara-Nya, janganlah bertegar hati seperti di Meriba, seperti waktu berada di Masa di padang gurun, ketika nenek moyangmu mencobai dan menguji Aku, padahal mereka melihat perbuatan-Ku.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma 13:8-10

“Kasih itu kegenapan hukum Taurat.”

Saudara-saudara, janganlah berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat. Karena firman berikut ini: Jangan berzina, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini, serta segala firman lain mana pun juga, sudah tersimpul dalam firman ini: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri! Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (2 Kor 5:19) Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya dalam diri Kristus, dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 18:15-20

“Jika seorang berdosa mendengarkan nasihatmumu, engkau telah mendapatnya kembali.”

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Apabila saudaramu berbuat dosa, tegurlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan dikau, bawalah seorang atau dua orang lain, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai orang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. Aku berkata kepadamu: Sungguh, apa yang kalian ikat di dunia ini akan terikat di surga, dan apa yang kalian lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga. Dan lagi Aku berkata kepadamu, jika dua orang di antaramu di dunia ini sepakat meminta apa pun, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di surga. Sebab di mana ada dua atau tiga orang berkumpul demi nama-Ku, Aku hadir di tengah-tengah mereka.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Andreas Nugroho SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat  Pendengar Resi Dehonian terkasih, jumpa kembali dengan saya Romo Andreas Nugroho SCJ dari komunitas SCJ-Rumah Dehon Palembang-Indonesia, dalam Resi – Renungan Singkat – Dehonian edisi Minggu, 10 September 2023, Hari Minggu Biasa XXIII. Sabda Tuhan yang akan kita dengar dan renungkan hari ini dari: Injil Suci menurut MATIUS 18:15-20

Kalau kita ketemu dengan teman kita, biasa menyapa, hai, halo, apa kabar.., Nah, ada suatu kebiasaan menarik pada masa kekristenan awal bahwa:

Dalam masa-masa awal kekristenan, sudah biasa di antara sesama umat kristen saling bertegur sapa dengan sapaan, dalam bahasa Aram : ‘Maran Atha’ artinya: “Datanglah, Tuhan Yesus” ! melalui sapaan itu, mereka saling menyadari dan mengakui Tuhan Yesus hadir di dalam tiap mereka masing-masing dan sama-sama menantikan kedatangan-Nya yang kedua kalinya.

Hari ini Tuhan Yesus bersabda: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Dan Tuhan Yesus juga menyatakan bahwa di mana dua atau tiga orang berkumpul atas namaNya, Dia sendiri ada di antara mereka.

Penginjil Matius kembali menghadirkan Yesus sebagai Imanuel, Allah beserta kita. Dia adalah Allah yang selalu hadir di antara kita yang percaya. Ketika orang-orang yang percaya berkumpul dalam namaNya, dengan penuh hormat menyadariNya, Dia ada di sana sebagai Emmanuel, Tuhan beserta kita.

Tuhan Yesus ada dalam tiap orang yang percaya kepadaNya. Tuhan Yesus ada dalam tiap kamu dan saya. Jika Tuhan Yesus ada dalam tiap kamu dan saya oleh karena rahmat baptis yang telah kita terima, maka mengajak anda dan saya untuk bisa saling membantu dan saling punya rasa tanggung jawab; 

menghormati-menghargai, bukan menghakimi dan mencaci-maki;

saling memberi dukungan, bukan menjatuhkan;

saling mengasihi, bukan membenci.

untuk bisa saling meneguhkan mereka yang sedang terpuruk keadaannya,

untuk bisa saling mengingatkan dan menegur bila ada saudara-saudari yang bersalah, berdosa.

Marilah berdoa: Allah Bapa Mahakasih, Engkau menghendaki agar kami bisa saling mengingatkan atas dasar cinta-kasih. Semoga kami punya hati dan mau peduli terhadap kebutuhan sesama dan mau saling menguatkan sebagai sesama saudara dalam Kristus Yesus. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. amin

Berkat Allah yang Mahakuasa menyertai kita semua, + Bapa Putra dan Roh Kudus. Amin. Semoga hati Kudus Yesus merajai kita semua. Amin

SYAHADAT:

DOA UMAT:

I : Yesus bersabda, “Di mana ada dua atau tiga orang berkumpul atas nama-Ku, di situlah Aku hadir.” Maka dengan Yesus di tengah-tengah kita dapatlah kita berdoa kepada Bapa di surga:

L : Bagi Gereja masa sekarang: Ya Bapa, tabahkanlah Gereja-Mu pada masa sekarang ini, agar berani menyuarakan peringatannya terhadap ketidakadilan dan kekerasan yang berkecamuk di tengah masyarakat.

U : Semoga umat-Mu semakin teguh memperjuangkan keadilan dan kebenaran dalam Kristus.

L : Bagi semua yang mencari kebenaran: Ya Bapa, bimbinglah mereka yang mencari kebenaran, semoga perjumpaan dengan umat-Mu membawa mereka pada Kristus, Sang Kebenaran sejati.

U : Semoga umat-Mu semakin teguh memperjuangkan keadilan dan kebenaran dalam Kristus.

L : Bagi keluarga-keluarga yang tidak dikaruniai anak: Ya Bapa, hiburlah keluarga-keluarga yang tidak dikarunia anak dengan kasih-Mu, sehingga mereka menyadari bahwa masih ada anak-anak yang amat membutuhkan uluran cinta dan kasih sayang mereka.

U : Semoga umat-Mu semakin teguh memperjuangkan keadilan dan kebenaran dalam Kristus.

L : Bagi kita di sini: Ya Bapa, curahilah kami cinta kasih-Mu, sehingga kami dapat mencintai siapapun juga tanpa membeda-bedakan.

U : Semoga umat-Mu semakin teguh memperjuangkan keadilan dan kebenaran dalam Kristus.

I : Allah Bapa kami, karena diperkuat oleh Sabda-Mu, maka setiap kali kami mengikuti Ekaristi kami ulangi pilihan kami pada Putra-Mu. Engkaulah yang memberi kami kekuatan agar kami semakin menyelami tuntutan-tuntutan pilihan itu. Semoga Kauterima usaha saling cinta kasih kami dalam korban Yesus Kristus, Putra-Mu dan Tuhan kami. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Ya Allah, Engkaulah pangkal damai dan kesalehan yang sejati. Kami mohon semoga dari kurban persembahan ini membubung ke hadirat-Mu hormat dan pujian kami yang selayaknya; dan semoga, dengan mengambil bagian dalam misteri suci ini, kami semua menjadi rukun bersatu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.  Amin.

PREFASI :

ANTIFON KOMUNI – Bdk. Mzm. 42:2-3

Bagaikan rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Dikau, ya Allah. Jiwaku haus akan Allah, Allah yang hidup.

ATAU – Yoh. 8:12

Akulah terang dunia, Sabda Tuhan; siapa mengikuti Aku tidak berjalan dalam kegelapan, tetapi akan mempunyai terang kehidupan.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah kita berdoa: Ya Allah, Engkau telah menyegarkan dan menghidupkan kami dengan santapan Sabda dan sakramen surgawi. Semoga berkat anugerah Putra-Mu yang sedemikian besar, kami dapat bertumbuh dalam iman agar layak mendapat bagian yang tetap dalam hidup-Nya. Dialah Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Amin.

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment