Selasa, 13 April 2021 — Hari Biasa Pekan II Paskah

Rm. Vincent Suparman SCJ dari Komunitas SCJ Florida USA

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Wahyu 19:7.6⁣

Marilah kita bergembira dan memuliakan Tuhan, Raja yang mahakuasa. Aleluya.⁣⁣

PENGANTAR

Dalam Kisah Para Rasul, dikatakan bahwa di antara para peng ikut Kristus tiada seorang pun yang berkekurangan. Tak seorang pun berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri. Maka semua berkecukupan. Bila kita bertemu di sini dan membagi-bagikan rezeki, maka hendaknya kita bagikan lebih lanjut cinta kasih Yesus, sehingga tiada yang menderita kelaparan dan tiada di antara kita yang berkekurangan. Marilah kita sehati dan sejiwa saling memperhatikan. Itulah kelahiran baru dalam Roh yang dibicarakan Yesus dalam Injil.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa mahakuasa, semoga kami mewartakan kemuliaan Putra-Mu yang telah bangkit, agar dapat memperoleh kurnia yang Kaujanjikan. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ..⁣⁣

ATAU⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa maha penyayang, utuslah Roh Kudus dan jadikanlah kami manusia baru. Ciptakanlah dunia ini menjadi baru dan perkenankanlah kami sehati sebudivmengakui kemurahan hati-Mu terhadap kami. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kisah Para Rasul 4:32-37

“Mereka sehati dan sejiwa.”

Kumpulan orang yang telah percaya akan Yesus sehati dan sejiwa. Dan tidak ada seorang pun yang berkata bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. Di antara mereka tidak ada seorang pun yang berkekurangan. Karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya. Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus. Ia menjual ladang miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 93:1ab.1cd-2.5

Ref. Segala bangsa bertepuk-tanganlah, berpekiklah untuk Allah raja semesta.
atau Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan!

  1. Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, dan kekuatanlah ikat pinggang-Nya.

  2. Sungguh, telah tegaklah dunia, tidak lagi goyah! Takhta-Mu tegak sejak dahulu kala, dari kekal Engkau ada.

  3. Peraturan-Mu sangat teguh; bait-Mu berhiaskan kekudusan, ya Tuhan sepanjang masa.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U :  Alleluya, alleluya
S : (Yoh 3:14b.15) Anak Manusia harus ditinggikan supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 3:7b-15

“Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.”

Dalam percakapannya dengan Nikodemus, Yesus berkata, “Janganlah engkau heran karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau; engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu darimana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.” Nikodemus menjawab, katanya, “Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?” Jawab Yesus, “Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui, dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. Kamu tidak percaya waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal surgawi? Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Vincent Suparman SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Tahukah Anda kekuatan penyembuhan dan kemenangan salib Yesus Kristus? Yesus berbicara kepada Nikodemus tentang “kelahiran baru dalam Roh” yang akan terjadi melalui kemenangan yang akan Ia capai melalui kematian dan kebangkitan-Nya. Kata Ibrani untuk “roh” berarti “angin” dan “nafas”. Yesus menjelaskan kepada Nikodemus: Anda dapat mendengar, merasakan, dan melihat pengaruh angin, tetapi Anda tidak tahu dari mana asalnya. Dengan cara yang sama, Anda dapat melihat pengaruh Roh Kudus dalam kehidupan orang-orang yang disentuh Roh dengan kedamaian, kegembiraan, dan tanda-tanda kuasa dan kasih Tuhan bekerja di dalamnya.

Apa arti “Pengangkatan” Anak Manusia?

Yesus menjelaskan kepada Nikodemus bahwa “Anak Manusia” harus “diangkat” untuk membawa kuasa dan otoritas kerajaan Allah ke bumi. Gelar, “Anak Manusia”, berasal dari nabi Daniel yang menggambarkan penglihatan yang diterimanya tentang Raja atau Mesias yang Diurapi yang diutus dari surga untuk memerintah atas bumi (Daniel 7: 13-14). Secara tradisional ketika raja mulai memerintah mereka secara harfiah “diangkat” dan bertakhta di atas rakyat. Yesus menjelaskan kepada Nikodemus bahwa Ia akan diakui sebagai Mesias Raja ketika Ia “diangkat” di kayu salib di Kalvari. Yesus mati karena klaimnya sebagai Mesias Raja yang diutus oleh Bapa untuk menebus, menyembuhkan, dan mendamaikan umatnya dengan Tuhan.

Yesus menunjuk pada tanda nubuatan kunci yang dilakukan Musa di padang gurun tepat setelah orang Israel menderita dari gigitan ular berbisa. Kitab Suci memberitahu kita bahwa banyak orang mati di padang gurun karena dosa pemberontakan mereka terhadap Musa dan Tuhan. Melalui campur tangan Musa, Tuhan menunjukkan belas kasihan kepada orang-orang dan memerintahkan Musa untuk “membuat ular yang berapi-api, dan menaruhnya di atas tiang; dan setiap orang yang digigit, ketika dia melihatnya, akan hidup” (Bilangan 21: 8). Tanda ajaib ini dimaksudkan untuk memberi gambaran dan menunjuk pada pekerjaan penyelamatan yang akan dilakukan Yesus untuk membawa kesembuhan dan keselamatan bagi dunia.

Cyrilus dari Alexandria (376-444 M), seorang bapa gereja awal, menjelaskan makna spiritual dari ular perunggu dan bagaimana hal itu menunjuk pada karya penyelamatan Yesus Kristus:

“Kisah ini adalah jenis dari seluruh misteri inkarnasi. Karena ular menandakan dosa yang pahit dan mematikan, yang melahap seluruh ras di bumi … menggigit Jiwa manusia dan menanamkannya dengan racun kejahatan. Dan tidak mungkin kita bisa lolos dari penaklukannya, kecuali dengan kelegaan yang hanya datang dari surga. Firman Tuhan kemudian dibuat dalam rupa daging yang berdosa, ‘agar ia mengutuk dosa dalam daging’ [Roma 8: 3], sebagaimana ada tertulis. Dengan cara ini, ia menjadi Pemberi keselamatan tanpa akhir bagi mereka yang memahami doktrin ilahi dan memandangnya dengan iman yang teguh. Tetapi ular, yang ditegakkan di atas dasar yang tinggi, menandakan bahwa Kristus jelas dimanifestasikan oleh keinginan-Nya di kayu salib, sehingga tidak ada yang bisa tidak melihatnya.”(dari komentar Injil Johanes).

Kelahiran baru kita di dalam Roh Kudus

Ular perunggu yang diangkat Musa di padang belantara menunjuk pada salib Kristus yang mengalahkan dosa dan kematian dan memperoleh hidup yang kekal bagi mereka yang percaya kepada Yesus Kristus. Hasil dari Yesus “diangkat di kayu salib” dan kebangkitan-Nya dari antara orang mati, dan permuliaan dan kenaikan-Nya ke tangan kanan Bapa di surga, adalah “kelahiran baru dalam Roh” dan pengangkatan kita sebagai putra-putri Allah. Tuhan tidak hanya membebaskan kita dari dosa-dosa kita dan mengampuni kita, Ia juga memenuhi kita dengan kehidupan ilahi-Nya melalui anugerah dan karya Roh-Nya yang berdiam di dalam kita.

Roh Kudus memberi kita kekuatan dan karunia rohani, terutama tujuh kali lipat karunia kebijaksanaan dan pengertian, penilaian dan keberanian yang benar, pengetahuan dan penghormatan kepada Tuhan dan jalan-Nya, dan ketakutan suci di hadirat Tuhan (lihat Yesaya 11), untuk memungkinkan kita untuk hidup dalam kekuatannya sebagai putra-putri Allah. Apakah Anda haus akan kehidupan baru yang Tuhan tawarkan kepada Anda melalui kuasa pengubahan Roh Kudus?

Tuhan Yesus Kristus, kematianmu membawa hidup baru bagi kami. Penuhi aku dengan Roh Kudusmu agar aku bisa berjalan dalam kebebasan dan sukacita dalam pengetahuan tentang kemenangan besarmu atas dosa dan kematian. Amen.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa sumber sukacita abadi, Engkau membahagiakan kami dengan misteri Paskah. Kami mohon, semoga karya penebusan-Mu menjadi pokok sukacita abadi bagi kami. Demi⁣⁣

ATAU⁣

Allah Bapa sumber kedamaian, berkenanlah menerima persembahan ini sebagai lambang kesediaan kami untuk saling melayani menurut teladan Putra-Mu yang telah wafat dan bangkit guna menganugerahkan kedamaian kepada kami. Sebab Dialah⁣⁣

ANTIFON KOMUNI – lih. Lukas 24:46.26⁣

Kristus harus menderita dan bangkit dari alam maut untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya. Aleluya.⁣⁣

DOA SESUDAH KOMUNI⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber sukacita abadi, dalam steri Paskah Putra-Mu, maut diubah menjadi sumber hidup. Semoga karena pertukaran suci ini kami Kauantar ke dalam sukacita kekal. Demi Kristus, ..⁣

ATAU⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber hidup sejati, semoga kami selalu bersedia menerima bisikan Roh-Mu, dan semoga telinga kami selalu memperhatikan sabda Putra-Mu, yang bagi kami merupakan jaminan hidup abadi. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami.

No Comments

Leave a Comment