Senin, 03 Mei 2021 — Pesta St. Filipus, dan Yakobus, Rasul

Rm. Johanes Juliwan Maslim SCJ dari Komunitas SCJ Toronto Kanada

 
 
 

AUDIO RESI:

 

ANTIFON PEMBUKA⁣

Merekalah orang-orang suci yang dipilih Tuhan dalam cinta kasih besar, dan dimahkotai dengan kemuliaan abadi. Aleluya⁣⁣

PENGANTAR⁣

Di dalam suatu kelompok orang tentu ada beberapa yang menonjol. Philipus dan Yakobu tidak begitu terkenal seperti Petrus dan Yohanes. Hanya sekali-sekali terkilas dalam Injil. Filipus dari Betsaida vang mengikuti Yesus sejak permulaan, terkenal karena ungkapan imannya, “Guru, tunjukkanlah Bapa kepada kami dan kami takkan minta apa-apa lagi” Konon ia meninggal di Hierapolis. Yakobus, anak Alpheus, yang disebut sebagai saudara Yesus (Gal 1 19) seturut penelitian masa kini diragukan apakah dia penulis “Surat Rasul Yakobus”. la baru tampil ke depan setelah Yesus naik ke surga Ternyata ia seorang pemimpin cakap dan bijaksana di Yerusalem dan berperan dalam Konsili di Yerusalem Konon ia gugur sebagai martir tahun 62.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Aliah Bapa kami, kerinduan umat manusia, kami bergembira merayakan pesta Rasul Filipus dan Yakobus. Kami percaya akan bantuan doa mereka. Maka kami mohon semoga Kauperkenankan bersama mereka ikut serta dalam sengsara dan kebangkitan Putra-Mu dan suatu ketika memandang wajah-Mu dalam kebahagiaan abadi. Demi Yesus Kristus Putra-Mu,…. ⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus 15:1-8

“Tuhan menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.”

Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu akan Injil yang aku beritakan kepadamu dan telah kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, sebagaimana kuberitakan kepadamu; – kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. – Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, yakni bahwa Kristus telah wafat karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah dimakamkan, dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, lalu kepada semua rasul. Dan yang paling akhir Ia menampakkan diri juga kepadaku, seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

 

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 19:2-3.4-5

Ref. Nama Tuhan hendak kuwartakan di tengah umat kumuliakan.

  1. Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan karya tangan-Nya; hari yang satu mengisahkan kepada hari yang lain, dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya kepada malam berikut.

     

  2. Meskipun tidak berbicara, dan tidak memperdengarkan suara, namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya, dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya
S : (Yoh 14:6) Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tak seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

BACAAN INJIL : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 14:6-14

“Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, namun engkau tidak mengenal Aku!”

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata ‘Tunjukkanlah Bapa kepada kami?’ Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Johanes Juliwan Maslim SCJ

Vivat Cor Jesu per Cor Mariae – Hiduplah Hati Kudus Yesus melalui Hati Maria.

Para Pendengar Renungan Singkat Dehonian yang berbahagia, berjumpa kembali dengan saya, Rm. Yuliwan, SCJ dari Komunitas Toronto, Kanada. Marilah kita sekarang mempersiapkan hati untuk mendengarkan Sabda Tuhan pada hari Pesta St. Filius dan Yakobus Rasul ini, yang diambil dari Injil menurut Yoh. 14:6-14. Kita awali dengan membuat Tanda Kemenangan Kristus: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Mengenal Yesus

Para Pendengar Resi yang terkasih, pertanyaan Filipus ini terkadang juga menjadi pertanyaan kita, “tunjukkan Bapa kepada kami”. Pertanyaan ini menunjukkan keinginan tahu namun sekaligus menyadarkan kita juga akan seberapa dalamnya kita mengenal Allah Bapa kita. Yesus membuka tabir, yang mungkin selama ini menutup hati kita akan kehadiran Allah Bapa di dalam kehidupan kita. Yesus tidak hanya mengajarkan doa Bapa Kami kepada kita semua, namun juga menghadirkan Bapa di dalam seluruh hidup dan perutusanNya. Sejauh mana pengenalan kita akan Tuhan Yesus, maka sejauh itu pulalah pengenalan kita akan Bapa, karena Yesus dan Bapa adalah satu. Oleh sebab itulah sekarang ini justru kita perlu bertanya diri, bagaimana pengenalan kita akan Tuhan Yesus Kristus? Pengenalan tidak berhenti pada teori dan ungkapan yang indah namun menyangkut pengalaman pribadi kita akan Tuhan Yesus, yang juga menjadi pengalaman kita akan Allah Bapa. Kita hanya bisa mengatakan Tuhan Yesus itu baik, jika kita sendiri mengalami kebaikanNya di dalam kehidupan kita setiap hari, apapun keadaan kita dan tampak dalam ucapan syukur yang selalu kita sampaikan kepada Tuhan Yesus dalam persatuanNya dengan Bapa. Manakah yang lebih dominan di dalam kehidupan kita selama ini, bersyukur atau mengeluh? Dari realita ini kita dapat melihat sejauh mana pengenalan kita akan Tuhan. 

Pesta St. Filipus dan Yakobus hari ini menghantar kita pada kesadaran akan iman kita kepada Tuhan. Iman dan kepercayaan itulah yang membuahkan pengenalan yang mendalam, yang disertai penyerahan diri kita kepada Tuhan. Jika sejenak kita melihat kehidupan kita, maka tampaklah bahwa kita tidak selalu percaya kepada Tuhan, apalagi dalam situasi pergolakan hidup, seperti di masa pandemi Covid-19 yang masih terus berjlanjut ini. Para rasul juga tidak jarang bergolak dalam iman ketika mengalami berbagai tantangan, walaupun Tuhan selalu ada bersama mereka. Yang diperlukan dari kita sekarang ini adalah meneguhkan kepercayaan kita melalui pengalaman hidup harian kita, sesederhana apapun, semuanya itu menjadi jalan untuk bersyukur kepada Tuhan. Jika itu kita lakukan, maka kita akan semakin mengenal Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus, yang selalu menyertai kita. Yesus mengatakan, “Jika kamu meminta sesuatu kepadaKu dalam namaKu, Aku akan melakukannya”. Dalam persatuan dengan Tuhan tidak ada yang tidak mungkin, terutama bagi keselamatan dan kebahagiaan kita dan tentu saja bukan kesenangan manusiawi dan duniawi. Di tengah pergolakan dan kemerosotan iman di jaman ini, marilah kita tegaskan kepercayaan kita akan Tuhan dan teruslah bersatu dengan Tuhan dalam doa, menimba kekayaan rohani dan dalam seluruh tugas serta tanggungjawab kehidupan yang sekarang ini sedang kita lakukan.

Saudara-saudari terkasih, perjalanan hidup dan perjuang kita senantiasa disertai oleh berkat Allah yang mahakuasa: Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin. “Semoga hati Kudus Yesus semakin merajai hati kita”

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa maha penyayang dan maha pengasih, terimalah kiranya roti anggur yang kami hunjukkan pada pesta rasul-Mu Santo Filipus dan Yakobus. Kami mohon, semoga ibadat kami ini sungguh berkenan di hati-Mu Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. ⁣⁣

ANTIFON KOMUNI – Yoh. 14:8-9⁣

“Tuhan Yesus, tunjukkanlah Bapa kepada kami, maka puaslah kami.” “Filipus, orang yang melihat Aku, telah melihat Bapa.” Aleluya⁣⁣

DOA PENUTUP⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahamurah hati. bersihkanlah kiranya hati kami berkat anugerah suci yang kami sambut. Semoga masih tetap berlaku apa yang disabdakan Pura-Mu bahwa barangsiapa melihat Dia di tengah-tengah umat, melihat pula dengan imannya bahwa Engkaulah Bapa kami Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami..

2 Comments

  • Herlin Djunaidy Mei 2, 2021 at 11:00 pm

    Amin.

    Reply
  • Andi+Suryono Mei 3, 2021 at 7:06 pm

    Selamat mlm romo Juliwan.. betapa gembira berjumpa di sini dengan Romo. Saya Andi dari Jogja. Bbrp tahun lalu romo pernah membimbing kami bersama anak2 SMP Negeri 15 Jogja. Anak2 katolik yg menempuh pendidikan di sekolah negeri. Sekarang romo sdh berada di Canada. Semoga selalu sehat.
    Permenungan hari ini mengingatkan perjuangan kami para guru di sekolah negeri yang harus terus menimba semangat baru dari Kristus yang bangkit jaya. Sekali oun dalam keterbatasan pelayanan kepada anak2 harus terus berlangsung. Mohon dukungan intensi doa bagi mereka dan komunitas kami. Terima kasih. Shallom. Mhn bisa mendapat alamat email romo.
    Jika berkenan bisa kirimkan ke andisuryono.as@gmail.com.

    Reply

Leave a Comment