Senin, 10 Mei 2021 — Hari Biasa Pekan VI Paskah

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA  — lih. Roma 6:9

Kristus yang bangkit dari alam maut takkan wafat lagi; maut tidak menguasai-Nya lagi. Aleluya.

PENGANTAR: 

Banyak orang kristiani yang karena imannya diejek, dihina, kehilangan pekerjaan, atau tetap miskin. Yesus sendiri pernah mengatakan hal itu. Tetapi, la juga berjanji akan mengutus Roh-Nya agar pada saat cobaan orang tetap tabah. Bagi kita, ini berarti agar kita semakin menyelami Injil, selalu mendamba kan Tuhan dan berdoa, serta agar kita terbuka terhadap Roh Kudus, yang membuat kita sanggup menerima sabda Yesus.

DOA PEMBUKA

Marilah berdoa: Allah Bapa maharahim, semoga rahmat Paskah yang telah kami terima, menghasilkan buah berlimpah dalam hidup kami. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….

ATAU: 

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber segala harapan, sabda-Mu bagaikan api yang menghangatkan hati. Semoga hati kami Kaunyalakan dalam cinta kasih, agar kami saling membantu, mendamaikan, menghibur, dan menumbuhkan harapan dalam keadaan bagaimanapun. Demi Yesus Kristus Putra- Mu,….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kisah Para Rasul 16:11-15

“Tuhan membuka hati Lidia, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.”

Setelah Paulus mendapat pesan dari Surga supaya menyeberang ke Makedonia, kami, Paulus dan Silas, bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake. Keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; dan dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma. Di kota itu kami tinggal beberapa hari. Pada hari Sabat kami keluar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ. Setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang berkumpul di situ. Salah seorang dari perempuan-perempuan itu, yang bernama Lidia, turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, seorang yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, Lidia mengajak kami, katanya, “Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.” Ia mendesak sampai kami menerimanya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 149:1-2.3-4.5-6a.9b

Ref. Tuhan berkenan kepada umat-Nya

  1. Nyanyikanlah bagi Tuhan lagu yang baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh! Biarlah Israel bersukacita atas Penciptanya, biarlah Sion bersorak-sorai atas raja mereka.

  2. Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi! Sebab Tuhan berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang yang rendah hati dengan keselamatan.

  3. Biarlah orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur! Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, itulah semarak bagi orang yang dikasihi Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S :  (bdk. Yoh 15:26b.27b) Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Aku, sabda Tuhan; tetapi kamu juga harus bersaksi.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 15:26–16:4a

“Roh kebenaran bersaksi tentang Yesus.”

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan; bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya, kamu ingat bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ

Vivat Cor Jesu, Per Cor Marie… Hiduplah Hati Kudus Yesus, melalui Hati Maria…

Sahabat Resi Dehonian yang dicintai dan mencintai Hati Kudus Yesus.. Jumpa Kembali Bersama Saya, Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Palembang dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Senin, 10 Mei 2021, dalam masa Pekan Paskah ke 6. Semoga Damai Sejahtera Paskah semakin meneguhkan saudari-saudara semua dalam tugas hidup sehari-hari serta ikut serta dalam pewartaan khabar sukacita paskah.

Tema Resi kita kali ini adalah: Menjadi saksi yang benar”. Mari kita persiapakan hati untuk mendengarkan bacaan hari ini. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Saudari-saudara sahabat Resi Dehonian yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Tentu saudara-saudari memahami apa artinya menjadi saksi. Menjadi saksi artinya menyatakan kebenaran yang terjadi. Dalam pengadilan orang yang menjadi saksi harus disumpah untuk menyatakan kebenarannya, dan bertanggung jawab atas kesaksiannya. Apalagi bersumpah di bawah kitab suci dan demi nama Tuhan. Namun tak jarang orang yang memberi kesaksian, misalnya di pengadilan, mengalami intimidasi supaya tidak memberikan kesaksian yang benar sehingga bisa saja kesasiannya menjadi tidak benar. Namun bila orang merasa diri merdeka , maka dia akan bisa memberikan kesaksian yang benar dan jujur.

Para sahabat resi dehonian yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Pada hari ini kita masih mendengarkan kelanjutan dari sabda perpisahan Tuhan. Tentu suasana sangat sedih, sebab Tuhan memberikan pesan-pesanNya yang terakhir kalinya buat para murid-muridNya. Tuhan Yesus menyadari bahwa para muridNya akan menghadapi penolakan, pengucilan, kebencian bahkan tindak kekerasan sebagai akibat atau konsekuensi sebagai pengikutNya. Maka Tuhan pada kesempatan ini meneguhkan hati para murid-Nya dan menjanjikan Roh Penghibur yaitu Roh Kebenaran yang berasal dari Bapa-Nya. Roh Kebenaran yang akan memampukan para murid berani memberi kesaksian tentang Yesus, Sabda Allah dan pekerjaan-Nya. Lalu apa yang bisa kita pelajari dari Bacaan yang kita dengar hari ini? Saya menawarkan 3 hal saja.

  1. Konsekuensi kita sebagai pengikut Kristus adalah menjadi saksi Kristus bagi dunia. Dari ayat 26 dan 27 dikatakan, bahwa Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. Artinya kita yang sudah Bersatu dengan Kristus dalam sakramen Pembaptisan, harus menjadi saksiNya pula, menjadi saksi Kristus bagi dunia. Menjadi saksi artinya menyatakan kebenaran, kejujuran, dan keadilan bagi sesama kita.

  2. Kesaksian kita akan diuji. Tuhan Yesus tahu bahwa untuk memberi kesaksian yang benar, jujur dan adil bukan hal yang mudah, akan mengalami tantangan, hambatan, ujian, penderitaan, bahkan bisa berakir pada kematian. Tuhan Yesus sendiri mengalami hal itu. Dan Tuhan Yesus mengatakan hal ini supaya kita sebagai para murid-Nya mengalami persiapan batin, dan tidak menjadi kecewa bahkan kemudian pergi meninggalkan-Nya, pergi meninggalkan iman.

  3. Tuhan Yesus menjanjikan upah besar bagi kita yaitu Bersatu bersama Bapa di Surga. Tentu para sahabat ingat dengan sabda Bahagia, kotbah dibukit (Mat 5:10-12), “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya, dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah karena upahmu besar di surga.

Saudari-saudara yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Mari kita pasrahkan hidup kita kedalam tangan belas kasih-Nya, biarkan Dia memakai sekuruh hidup kita untuk menjadi saksi-Nya yang benar, mewartakan kebenaran, keadilan, dan kejujuran bagi siapa saja, dan mohonkanlah selalu Roh kebenaran untuk menguasai hati kita dengan demikian kita menjadi saksi yang benar.

Semoga Hati Kudus Yesus selalu merajai hati kita dan memberi kita berkat dah rahmat yang melimpah, khususnya rahmat-rahmat yang kita butuhkan untuk menjadi saksi Kristus, saksi yang benar. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin. Tuhan memberkati.. Berkah Dalem.

DOA PERSIAPAN: 

Allah Bapa sumber sukacita kekal, terimalah persembahan Gereja-Mu yang sedang bersukacita dan kurniakanlah sukacita abadi kepada kami. Demi Kristus, ….

ATAU: 

Allah Bapa sumber ketenteraman hidup, semoga berkat Roh Kudus, roti anggur ini Kauteguhkan menjadi tanda hidup, bahwa Engkau hadir dalam diri kami; maka akan tenteramlah hidup kami. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI – Yohanes 20:19

Yesus berdiri di tengah-tengah para murid dan berkata, “Salam damai bagimu sekalian!” Aleluya.

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber pembaruan hidup, Engkau telah membarui kami dengan sakramen-Mu. Maka kami mohon, pandanglah kami dengan rela dan bangkitkanlah tubuh kami untuk hidup yang mulia. Demi Kristus,…

ATAU: 

Marilah berdoa: Allah Bapa yang kekal dan kuasa, ingatkanlah kami akan sabda Putra-Mu, yang disampaikan kepada kami, dan semoga Roh-Nya menguasai kami sepenuhnya. delta Demi Kristus,.

 

3 Comments

  • Herlin djunaidy Mei 9, 2021 at 9:43 pm

    Amin.
    Jadilah saksi Kristus yg benar, dan berani .

    Reply
  • Lucy Mei 9, 2021 at 10:55 pm

    Semoga menjadi saksi Kiristus yang venar.
    Berkah Dalem

    Reply
    • admin Mei 10, 2021 at 3:30 am

      Amin.. Berkah Dalem

      Reply

Leave a Comment