Senin, 30 Agustus 2021 – Hari Biasa Pekan XXII

Rm. Stefanus Sigit Pranoto SCJ dari Komunitas SCJ Yogyakarta Indonesia

 


AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Lukas 4:18

Roh Tuhan menyertai aku. Aku diutus-Nya untuk mewartakan kabar gembira. kepada kaum fakir miskin.

PENGANTAR: 

Bila ada seorang dari keluarga meninggal dunia, orang lalu memi kirkan sikap imannya tentang hidup sesudah kematian dan tentang kebangkitan. Paulus terutama memperhatikan bagaimana kita dapat saling menghibur. Tanpa campur tangan Roh kiranya sulit. Orang orang sekampung Yesus mengalami hal yang sama. Bila kita ingin memahami Kitab Suci, maka perlulah kita mohon bimbingan Roh Allah.

DOA PEMBUKA: 

Marilah berdoa: Allah Bapa kami, sumber kehidupan, Engkaulah Allah orang-orang hidup, yang membangkitkan Yesus, hamba-Mu dari alam maut. Kami mohon iman bahwa segalanya dapat berubah. Berilah kiranya kami harapan baru dan bimbinglah kami agar dapat bersatu dengan Yesus Putra-Mu terkasih dan dengan semua saja yang mencari Engkau. Demi Yesus Kristus…..

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Tesalonika 4:13-17

“Mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan oleh Allah bersama Yesus.”

Saudara-saudara, kami ingin agar kalian mengetahui tentang orang-orang yang sudah meninggal dunia, supaya kalian jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan. Karena kalau kita percaya bahwa Yesus telah wafat dan bangkit, maka kita percaya juga bahwa semua orang yang telah meninggal dunia dalam Yesus akan dikumpulkan oleh Allah bersama dengan Yesus. Hal ini kami katakan kepadamu seturut sabda Allah ini. Kita yang hidup dan masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali takkan mendahului mereka yang sudah meninggal. Sebab pada waktu tanda diberikan, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, Tuhan sendiri akan turun dari surga. Dan mereka yang telah meninggal dalam Kristus Yesus akan lebih dahulu bangkit. Sesudah itu kita yang hidup dan masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Kristus di angkasa.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 96:1.3.4-15.11-12.13

Ref. Tuhan akan datang menghakimi dunia dengan adil

  1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa, kisahkanlah karya-karya-Nya yang ajaib di antara segala suku.

  2. Sebab mahabesarlah Tuhan, dan sangat terpuji, Ia lebih dahsyat daripada segala dewata. Sebab segala allah para bangsa adalah hampa, tetapi Tuhan, Dialah yang menjadikan langit.

  3. Biarlah langit bersukacita dan bumi bersoraksorai, biar gemuruhlah laut serta segala isinya; biarlah beria-ria padang dan segala yang ada di atasnya dan segala pohon di hutan bersorak-sorai.

  4. Biarlah mereka bersukacita di hadapan Tuhan, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Luk 4:18) :Roh Tuhan menyertai aku; Aku diutus Tuhan mewartakan kabar baik kepada orang-orang miskin.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 4:16-30

“Aku diutus menyampaikan kabar baik kepada orang miskin. Tiada nabi yang dihargai di tempat asalnya.”

Sekali peristiwa datanglah Yesus di Nazaret, tempat Ia dibesarkan. Seperti biasa, pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat. Yesus berdiri hendak membacakan Kitab Suci. Maka diberikan kepada-Nya Kitab Nabi Yesaya. Yesus membuka kitab itu dan menemukan ayat-ayat berikut, “Roh Tuhan ada pada-Ku. Sebab Aku diurapi-Nya untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin. Dan Aku diutus-Nya memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, penglihatan kepada orang-orang buta, serta membebaskan orang-orang yang tertindas; Aku diutus-Nya memberitakan bahwa tahun rahmat Tuhan telah datang.” Kemudian Yesus menutup kitab itu dan mengembalikannya kepada pejabat; lalu Ia duduk, dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Kemudian Yesus mulai mengajar mereka, kata-Nya, “Pada hari ini genaplah ayat-ayat Kitab Suci itu pada saat kalian mendengarnya.” Semua orang membenarkan Yesus. Mereka heran akan kata-kata indah yang diucapkan-Nya. Lalu mereka berkata, “Bukankah dia anak Yusuf?” Yesus berkata, “Tentu kalian akan mengatakan pepatah ini kepada-Ku, ‘Hai Tabib sembuhkanlah dirimu sendiri. Perbuatlah di sini, di tempat asal-Mu ini, segala yang kami dengar telah terjadi di Kapernaum!” Yesus berkata lagi, “Aku berkata kepadamu: Sungguh, tiada nabi yang dihargai di tempat asalnya. Aku berkata kepadamu, dan kata-Ku ini benar, ‘Pada zaman Elia terdapat banyak wanita janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri. Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang wanita janda di Sarfat, di tanah Sidon. Dan pada zaman Nabi Elisa banyak orang kusta di Israel tetapi tiada seorang pun dari mereka yang ditahirkan, selain Naaman, orang Siria itu.” Mendengar itu sangat marahlah semua orang di rumah ibadat itu. Mereka bangkit lalu menghalau Yesus ke luar kota, dan membawa Dia ke tebing gunung tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu. Tetapi Yesus berjalan lewat tengah-tengah mereka, lalu pergi.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Stefanus Sigit Pranoto SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus Melalui Hati Maria.

Membangun Sikap Apresiatif

Injil hari ini mengisahkan penolakan yang dialami Yesus di tempat asal-Nya sendiri. Dikisahkan bahwa Yesus pulang ke kampung halamannya, dan mengajar di rumah ibadat. Semua orang yang mendengar-Nya takjub dan terheran-heran. Namun setelah itu, mereka berbalik 180 derajat. Mereka menolak Yesus. Penolakan mereka terhadap Yesus bermula dari latar belakang Yesus yang adalah anak Yusuf, yang hanyalah seorang tukang kayu. “Bukankah Ia ini anak Yusuf?” Seakan mereka mau mengatakan: “Ah, masak seorang anak tukang kayu bisa berbicara sedemikian berwibawa?”

Para sahabat hHati Kudus Yesus, apa yang dialami oleh Yesus, seringkali juga terjadi di masyarakat kita. Sebenarnya ada banyak orang yang punya kemampuan hebat di antara kita. Namun sayangnya, sikap kita-lah yang justru menghambat kemampuan mereka.

Kita masih belum terbiasa memberikan sikap apresiatif terhadap sesama yang punya keunggulan. Justru sebaliknya, kita malah lebih suka mencela, menyepelekan – dan akhirnya justru menghambat perkembangan orang lain. Omongan dan sikap acuh kita justru mematikan potensi yang ada dalam diri saudara kita.

Kalau kita browsing di internet, sebenarnya ada banyak contoh orang-orang hebat dari negara kita, yang justru malah berkembang di negara lain. Ini disebabkan oleh adanya sikap kurang menghargai dan apresiasi terhadap kemampuan mereka.

Dan barangkali di sekitar kita, bahkan di antara anggota keluarga atau komunitas pun sikap yang sama terjadi. Lebih mudah bagi kita mencela – daripada mengapresiasi prestasi sesama.

Mari kita mulai menciptakan suasana positif di keluarga, komunitas dan masyarakat kita. Kita bangun sikap apresiatif di lingkungan kita. Saling memberi apresiasi pada orang lain, anggota keluarga kita, tetangga kita, anggota komunitas kita. Dengan sikap ini, yakinlah kita akan semakin menjadi pribadi-pribadi yang bertumbuh berkembang bersama. Dan semoga Hati Kudus Yesus merajai hati kita semua.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa mahakudus, dalam roti anggur ini berkenanlah memberikan tanda kehadiran-Mu di tengah-tengah umat-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

ANTIFON KOMUNI –  1 Tesalonika 4:14

Kalau kita percaya bahwa Yesus telah wafat dan bangkit, maka kita percaya juga bahwa semua orang yang meninggal dalam iman akan Yesus, akan dihimpun Allah bersama dengan Yesus.

DOA SESUDAH KOMUNI: 

Marilah berdoa: Allah Bapa mahasetia, kami bersyukur karena Putra-Mu telah Kauutus mendatangi kami sebagai lambang perjanjian-Mu. Kami mohon, semoga Engkau tetap bersabda kepada kami melalui sabda dan karya-Nya, dan semoga Engkau selalu mendampingi kami di mana pun kami berada. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami.

DOANWLOAD AUDIO RESI: 

2 Comments

  • Endang Donoroto Agustus 29, 2021 at 4:19 pm

    Tengkyu mo…sikap n tindakan kita kadang seringkali mjd batu sandungan u orang lain….sikap lebih mudah “metani” kesalahan orang lain daripada melihat kebaikan oramg lain rupanya mjd habit banyak orang…pun dg saya… terima kasih u selalu diingatkan

    Reply
  • Herlin djunaidy Agustus 29, 2021 at 11:01 pm

    Amiñ

    Reply

Leave a Comment