Kamis, 23 September 2021 – Peringatan Wajib St. Padre Pio dari Pietrelcina, Imam

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ St. Gregorius Agung Jambi – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Tobit 13:8

Bertobatlah, kaum berdosa, dan lakukanlah yang baik di hadapan Tuhan, barangkali Tuhan akan berbelas kasih kepadamu.

PENGANTAR:

Orang Persia mengizinkan orang Yahudi membangun kembali bait Allah di Yerusalem. Setelah selesai datanglah Ezra, pemimpin mereka, untuk berdoa. Ia bersyukur karena Tuhan tak pernah meninggalkan umat-Nya. Ketidaksetiaan tidak menghalangi Tuhan untuk tetap menyayangi umat. Doa itu dapat kita doakan, bila kita menyadari kedosaan kita. Kesadaran akan kelemahan dan kehinaan kita adalah titik tolak baik untuk mewartakan warta ilahi.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa, Raja damai, utuslah kiranya kami mewartakan nama-Mu dan semoga kedamaian yang dapat kami bangun Kaujadikan lambang kehadiran-Mu di antara kami. Demi Yesus ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Hagai 1:1-8

“Bangunlah rumah Tuhan dan Aku akan berkenan menerimanya.”

Pada tahun kedua pemerintahan Raja Darius, pada hari pertama bulan keenam, datanglah sabda Tuhan dengan perantaraan Nabi Hagai kepada Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, imam besar, bunyinya, “Beginilah sabda Tuhan semesta alam, ‘Bangsa ini berkata: Sekarang belum tiba waktunya untuk membangun kembali rumah Tuhan!’ Maka datanglah sabda Tuhan dengan perantaraan Nabi Hagai, bunyinya: Apakah sudah tiba waktunya bagi kalian untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang rumah Tuhan tetap menjadi reruntuhan? Oleh sebab itu beginilah sabda Tuhan semesta alam, ‘Perhatikanlah keadaanmu! Kalian menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit. Kalian makan, tetapi tidak sampai kenyang. Kalian minum, tetapi tidak sampai puas. Kalian berpakaian, tetapi badanmu tidak menjadi hangat. Dan orang yang bekerja untuk upah, ia bekerja tetapi upahnya ditaruh dalam pundit-pundi yang berlubang!’ Beginilah sabda Tuhan semesta alam, ‘Perhatikanlah keadaanmu! Maka naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah rumah Tuhan. Maka aku akan berkenan menerimanya, dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 149:1-2.3-4.5-6a.9b

Ref. Tuhan berkenan akan umat-Nya.

  1. Nyanyikanlah bagi Tuhan lagu yang baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh! Biarlah Israel bersukacita atas penciptanya, biarlah Sion bersorak-sorai atas raja mereka.

  2. Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi! Sebab Tuhan berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang yang rendah hati dengan keselamatan.

  3. Biarlah orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur. Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka. Itulah semarak bagi orang yang dikasihi Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U :  Alleluya
S : (Yoh 14:6) Akulah jalan, kebenaran dan hidup; hanya melalui Aku orang sampai kepada Bapa.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 9:7-9

“Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal besar itu?”

Ketika Herodes, raja wilayah Galilea, mendengar segala sesuatu yang terjadi, ia merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi zaman dahulu telah bangkit. Tetapi Herodes berkata, “Yohanes kan telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal besar itu?” Lalu ia berusaha untuk dapat bertemu dengan Yesus.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Albertus Suryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dalam RESI, Kamis 23 September 2021. Tema renungan kita adalah, “Hidup dalam Kebersamaan dengan Allah”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Lukas 9:7-9.

Para pendengar RESI yang terkasih, membaca dan mendengarkan bacaan Injil hari ini, kita semua di ajak masuk dalam pengalaman hidup kita masing-masing. Dalam bacaan yang baru kita dengarkan, kita melihat pengalaman hidup Herodes orang yang berkuasa, semua tercukupi, namun dia  selalu merasa cemas, tak pernah tenang, gelisah sepanjang hidupnya. Perasaan cemas terjadi terkait peristiwa masa lalunya, saat dia membunuh Yohanes Pembabtis, dan hal ini semakin di perparah oleh informasi dan berita-berita yang ia dapatkan dari orang-orang terkait dengan pelayanan, pengajaran dan karya karya Yesus. Herodes terbelenggu dengan rasa cemas dan kehilangan kesempatan untuk menerima rahmat.

Dalam pengalaman hidup, perasaan cemas bisa muncul, karena berbagai macam alasan, dan hal ini yang sering sulit membuat kita untuk bisa berfokus, terkendala menerima tawaran berkat-berkat yang di berikan Allah. Perasaan cemas juga sering menjadikan kita tak mampu untuk mengalami kebersamaan dengan Allah dalam setiap peristiwa hidup kita. Kita kehilangan kesempatan untuk bertumbuh dalam rahmat, tak mampu mengembangkan kesempatan hidup dalam kesersamaan bersama dengan Allah.

Para pendengar Resi yang terkasih semoga kita semua semakin di mampukan untuk semakin bisa mengolah memilah perasaan ataupun aneka rasa yang sering mencul dalam diri kita, dan kita mohon rahmat agar kita mampu semakin mampu mengalami hidup dalam kebersamaan dengan Allah dan setiap pengalaman dan peristiwa harian yang kita alami dalam kehidupan kita.

Mari kita bersama memohon rahmat Tuhan agar kita semua dapat saling mendukung dan menguatkan, agar kita selalu boleh bersuka cita dan menjadi berkat bagi semakin banyak orang, demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan jiwa kita dan sesama kita.

Biarlah Hati Kudus Yesus selalu meraja hidup kita, Semakin membimbing hidup kita, kapanpun dan dimanapun. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin. 

DOA PENGANTAR PERSEMBAHAN

Allah Bapa, sumber kedamaian, berkat roti anggur ini bangunlah dalam diri kami kedamaian-Mu yang didambakan setiap orang. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI –  Lukas 9:6

Para murid Yesus pergi dan menjelajah segala desa, sambil mewartakan Injil dan menyembuhkan orang sakit.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa maharahim, sabda-Mu memberikan pengampunan kepada siapa pun yang percaya. Semoga budi kami selalu Kautujukan kepada kedamaian, belas kasih dan kerukunan. Demi ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

MENGUNDANG: 

Mohon dukungan dan kehadiran saudari-saudara, sahabat Resi-Dehonian untuk hadir Perayaan Ekaristi secara Live Streaming melalui Channel Youtube kami : SCJ IndonesiaUpacara Tahbisan Imam dan Diakon konfrater kami Kongregasi Imam-Imam Hati Kudus Yesus (SCJ) Provinsi Indonesia. Hari Kami, 23 September 2021, puku; 17.00 WIB.Silahkan buka di link ini. 

2 Comments

Leave a Comment