Minggu, 05 Desember 2021 – Hari Minggu Adven II

Rm. FX Joko Susilo SCJ dari Komunitas SCJ Bogotá – Kolombia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Yesaya 30:19,30

Hai umat Sion, lihatlah, Tuhan akan datang menyelamatkan para bangsa. Ia akan memperdengarkan suara-Nya yang megah untuk menggembirakan hatimu.

PENGANTAR:

“Semua orang akan melihat keselamatan yang datang dari Allah” merupakan seruan awal Yohanes Pembaptis yang merujuk nubuat Yesaya. Jadi, memang benar bahwa keselamatan datang dari Allah kita. Allah sungguh dekat dalam hidup manusia. Begitu dekatnya Allah yang hadir dalam hidup ini karena Ia akan datang dalam wujud manusia. Untuk itu, setiap orang harus lebih banyak dan kuat berdoa agar semakin melimpahlah kasih Allah sehingga setiap orang kedapatan suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuji dan memuliakan Allah.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Ya Allah yang penuh kasih, Engkau menyediakan sukacita yang sejati bagi dunia dan menghendaki agar kami hidup dalam damai dan cinta kasih. Kami mohon, nyatakanlah cinta kasih-Mu kepada kami dan teguhkanlah kami dalam menyongsong kehadiran Duta kasih setia-Mu, yaitu Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama Engkau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Barukh 5:1-9

“Allah akan mempertunjukkan seri wajahmu.”

“Hai Yerusalem, hendaklah engkau menanggalkan pakaian kesedihan dan kesengsaraanmu, lalu mengenakan perhiasan kemuliaan Allah untuk selama-lamanya. Hendaklah engkau berselubungkan kampuh kebenaran Allah, dan memasang di atas kepalamu tajuk kemuliaan dari Yang Kekal. Sebab di bawah kolong langit seri wajahmu akan dipertunjukkan oleh Allah. Dari pihak Allah engkau akan diberi nama abadi: damai Sejahtera – Hasil – Kebenaran dan Kemuliaan – Hasil – Takwa. Bangkitlah, hai Yerusalem, hendaklah engkau berdiri tegak di ketinggian! Tengoklah ke timur! Lihatlah anak-anakmu sudah berkumpul atas firman dari yang Kudus; mereka berkumpul dari tempat matahari terbenam sampai ke tempat terbitnya. Bersukarialah, karena Allah telah ingat kepada mereka. Memang dahulu mereka pergi dari padamu dengan berjalan kami, digiring oleh musuh. Tetapi kini mereka dikembalikan kepadamu oleh Allah. Mereka diusung dengan hormat seolah-olah di atas tandu kerajaan. Sebab Allah memerintahkan, supaya segala gunung yang tinggi dan segenap bukit abadi diratakan, supaya sekalian jurang ditimbun menjadi tanah yang rata. Dengan demikian Israel dapat berjalan dengan aman di bawah naungan kemuliaan Allah. Hutan rimba dan segala pohon yang harum semerbak pun menaungi Israel atas perintah Allah. Sebab Israel akan dituntun dengan sukacita oleh Allah, oleh cahaya kemuliaan-Nya, dan dengan belas kasihan serta kebenaran-Nya.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6

Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu, karya keselamatan.

  1. Ketika Tuhan memulihkan keadaan Sion, kita seperti orang-orang yang bermimpi. Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tawa ria, dan lidah kita dengan sorak-sorai.

  2. Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa, “Tuhan telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini.” Tuhan telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.

  3. Pulihkanlah keadaan kami, ya Tuhan, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb! Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata akan menuai dengan bersorak-sorai.

  4. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi 1:4-6.8-11

“Usahakanlah supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang Hari Kristus.”

Saudara-saudara, setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil dari hari pertama sampai sekarang ini. Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, bahwa Allah yang telah memulai karya baik di antaramu, akan melanjutkannya sampai pada hari Kristus Yesus. Sebab Allahlah saksiku betapa dengan kasih mesra Kristus Yesus aku merindukan kamu. Dan inilah doaku: Semoga kasihmu semakin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. Dengan demikian kamu dapat memilih apa yang baik, agar kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus. Dan akhirnya, semoga kamu dipenuhi dengan buah kebenaran oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (Luk 3:4.6) Setelah ayat, Alleluya dilagukan dua kali
Persiapkanlah jalan bagi Tuhan; luruskanlah jalan bagi-Nya, dan semua orang akan melihat keselamatan yang datang dari Tuhan.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 3:1-6

“Semua orang akan melihat keselamatan dari Tuhan.”

Dalam tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi walinegeri Yudea, dan Herodes menjadi raja – wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, menjadi waja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias menjadi raja – wilayah Abilene; pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Agung, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun. Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan, Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis! Maka Allah akan mengampuni dosamu, seperti ada tertulis dalam nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya, Setiap lembah akan ditimbun, setiap gunung dan bukit akan menjadi rata. Yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan. Dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.”
Demikianlah Injil Tuhan!
U. Terpujilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. FX. Joko Susilo SCJ 

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Resi Dehonian Minggu, 5 Desember 2021 – Minggu Adven II- C. Bersama saya rm. Joko Lilo scj dari Komunitas SCJ Bogotá – Kolombia.

Saudara-saudariku yang terkasih, saya mengajak anda untuk merenungkan bacaan Injil ini dalam tiga pesan:

1. Dalam waktu yang sangat spesifik. Pada baris pertama Injil ini kita menemukan beberapa data sejarah Kekaisaran Romawi, Yudea, Galilea dan daerah sekitarnya. Roh Kudus, melalui penginjil, ingin menyampaikan kepada kita ide yang sangat sederhana: kelahiran Kristus terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Pintu masuk Tuhan, besar dan abadi, di dunia kita yang konkret, gamblang, dan nyata. Tuhan ingin begitu dekat dengan kita, makhluk-Nya, sehingga Dia menjadi satu seperti kita, terbuat dari daging dan darah, sama dalam segala hal kecuali dalam dosa.

2. Dengarkan suaranya. Marilah kita mendengarkan Santo Yohanes Pembaptis, “persiapan” pertama kedatangan Kristus. Sesaat sebelum Yesus Kristus memasuki kehidupan publik, Pembaptis memulai khotbahnya. Mungkin hati kita adalah gurun, seperti tempat Yohanes berkhotbah; gurun kering amal terhadap mereka yang berada di sebelah saya, gurun yang kering, karena kurangnya makna dalam hidup saya. Yang penting kita bersiap untuk kedatangan Tuhan dengan mendengarkan suara “orang yang berteriak di padang gurun: Persiapkan jalan Tuhan.”

3. Patuhi suara. Tidaklah cukup hanya dengan mendengarkan, untuk mengetahui bahwa Tuhan akan turun kembali ke kehidupan nyata kita sehari-hari. Setiap Perayaan Ekaristi yang kita rayakan mengutus kita untuk secara aktif melakukan apa yang dikehendaki-Nya secara nyata. Kita harus melangkah lebih jauh: menuruti suaranya: “Isi lembah, ratakan bukit.” Atau dikatakan dengan cara yang lebih mudah dipahami: isi lembah yang menjauhkan kita dari sesama kita, turunkan gunung yang membuat kita melupakan mereka yang tinggal di sebelah kita.

Mari luangkan waktu 1 menit hari ini untuk merefleksikan pertanyaan: Bagaimana saya mengisi waktu adven atau persiapan ini?.  Semoga Allah yang Maharamim, melimpahkah berkat-Nya untuk kita hari ini. + Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

DOA UMAT:

I : Dengan penuh harapan, kita menantikan kedatangan Tuhan. Dialah cahaya dunia, Penyelamat para bangsa. Maka, marilah kita panjatkan doa kepada Bapa di surga.

L : Bagi Gereja Kudus : Ya Bapa, datanglah dan hadirlah di tengah-tengah kami dan semoga kehadiran-Mu menjadikan Gereja cahaya bagi semua orang di dunia ini. Marilah kita mohon,..

L : Bagi masyarakat di sekitar kita: Ya Bapa, bukalah mata hati masyarakat di sekitar kami agar dapat melihat karya cinta kasih-Mu yang agung melalui umat-Mu. Marilah kita mohon,…

L : Bagi mereka yang putus asa dan tidak melihat jalan keluar dari kesulitan-kesulitannya: Ya Bapa, bimbinglah mereka yang sedang menghadapi kesulitan agar dapat menemukan sesama yang mampu mengajak mereka memulai lagi dengan harapan akan masa depan yang lebih cerah. Marilah kita mohon,..

L : Bagi kita semua di sini : Ya Bapa, bangkitkanlah kami dari kemalasan agar pada masa menjelan Natal ini, hidup kami diresapi benar-benar oleh cinta kasih Kristus. Marilah kita mohon,..

I : Allah Bapa kami di surga, kami mohon semoga kami dalam masa penantian ini semakin mengarahkan hidup kami pada diri Yesus Kristus. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa Yang Maharahim, terimalah persemabahan yang kami unjukkan sebagai tanda cinta kasih kami kepada-Mu. Semoga, dalam hidup sehari-hari pun kami saling mengasihi satu sama lain. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

ANTIFON KOMUNI – Barukh 5:5;4:36

Ya Tuhan, kami telah Engkau kenyangkan dengan makanan rohani. Semoga dengan mengambil bagian dalam misteri kudus ini kami dibantu agar dengan bijaksana menimbang hal-hal duniawi dan dengan tekun mengusahakan hal-hal surgawi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Amin

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Ya Tuhan, semoga rezeki surgawi yang telah kami terima senantiasa meneguhkan kami untuk mengusahakan cinta kasih, keadilan, kedamaian, dan kesejahteraan di muka bumi ini, sambil terus mengharapkan kepenuhannya dalam Kerajaan-Mu yang abadi di surga. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

1 Comment

Leave a Comment