Sabtu, 11 Desember 2021 – Hari Biasa Pekan II Adven

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 79:4.2

Datanglah, ya Tuhan, tampakkanlah wajah-Mu, maka selamatlah kami.

PENGANTAR

“Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, demikianlah kata sebuah pepatah. Hidup tokoh-tokoh besar merupakan ajakan dan tantangan bagi kita untuk mengikuti jejaknya. Tetapi, bila ukuran hidupnya terlalu besar, sering kita malahan menyingkirkan semuanya. Nabi Elia dan juga Yohanes Pembaptis menonjol di atas orang biasa. Menyingkirkan ajakannya berarti mengakui kekalahan kita. Menyongsong Natal mengandaikan mau mengakui dan mengikuti jejak para nabi sejati.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa mahakuasa, terbitkanlah cahaya kemuliaan-Mu dalam hati kami dan usirlah kegelapan malam. Semoga pada saat Putra-Mu datang, nyatalah kami ini putra-putri cahaya. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, …

Bacaan dari Kitab Putra Sirakh 48:1-4.9-11

“Elia akan datang lagi.”

Dahulu kala tampillah Nabi Elia bagaikan api. Perkataannya membakar laksana obor. Dialah yang mendatangkan kelaparan atas orang Israel, dan karena geramnya, jumlah mereka dijadikannya sedikit. Atas firman Tuhan langit dikunci olehnya dan api diturunkannya sampai tiga kali. Betapa mulialah engkau, hai Elia, dengan segala mukjizatmu! Siapa dapat memegahkan diri sama dengan dikau? Dalam olak angin berapi engkau diangkat, dalam kereta dengan kuda berapi. Engkau tercantum dalam ancaman-ancaman tentang masa depan untuk meredakan kemurkaan sebelum meletus, untuk mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub. Berbahagialah orang yang telah melihat engkau, dan yang meninggal dalam kasih.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 80:2ac.3b.15-16.18-19

Ref. Bangkitkanlah, ya Tuhan, kegagahan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.

  1. Hai gembala Israel, pasanglah telinga-Mu, Engkau yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.

  2. Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu!

  3. Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya
S : (Lukas 3:4.6) Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya, dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 17:10-13

“Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia.”

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya turun dari gunung, para murid bertanya kepada-Nya, “Mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?” Yesus menjawab, “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu. Dan Aku berkata kepadamu, Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian pula Anak Manusia akan menderita oleh mereka.” Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Resi Dehonian yang dicintai dan mencintai Hati Kudus Yesus.. Jumpa Kembali Bersama Saya, Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Palembang dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Jumat, 10 Desember 2021, Hari Biasa Pekan ke dua Adven. Semoga belas kasih dan kerahiman, serta berkat melimpah dari Hati Kudus Yesus turun atas kita semua. Amin

Tema Resi kita kali ini adalah: “Semakin mengenal Tuhan”. Mari kita persiapakan hati untuk mendengarkan bacaan hari ini. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Para Sahabat Resi Dehonian yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Perikop yang kita dengar hari ini sangatlah singkat, hanya 4 ayat saja. Tuhan Yesus menjawab pertanyaan para murid tentang Elia baru yaitu Yohanes pembaptis yang tidak dikenali oleh ahli taurat bahkan ditolak dan dibunuh.

Tentu para sahabat pernah mendengar pepatah, “Tak kenal maka tak saying”. Pepatah ini mengingatkan kita arti pengenalan. Pengenalan para murid akan Tuhan Yesus membuat mereka juga mampu mengenali siapa yang dimaksud Yesus dengan Elia Baru, yaitu Yohanes pembaptis. Maka melalui perikopa yang kita dengar hari ini, kita diundang untuk.

  1. Semakin mengenal Kristus dalam hidup kita melalui sabda-sabda, juga melalui pengajaran-pengajaran iman yang kita dengar dan kita refleksikan.

  2. Kita diundang untuk mengikuti ajakan Yohanes Pembaptis yang ditolak oleh bangsa Yahudi untuk mempersiapakn jalan bagi Tuhan khususnya pada masa Adven ini dengan pertobatan dan membaharui komitmen kita sebagai pengikut Kristus.

  3. Tuhan kembali menujukkan belas kasih dan cintaNya kepada manusia, Dia yang yang sungguh-sungguh mencintai manusia, hingga rela menderita sengsara dan wafat untuk menebus dosa-dosa manusia. Oleh karena itu Tuhan Yesus meminta kita untuk menanggapi cinta dan belas kasihNya.

Saudari-saudaraku yang dikasihi dan mengasihi hati Yesus, yang menjadi pertanyaan bagi kita sekarang adalah, sejauh mana pengenalan kita akan Yesus? Siapa Yesus bagi Anda? Dan bagamana tanggapan Anda terhadap cinta dan belas kasihNya kepada Anda? Mari kita buka hati dan budi kita seluas-luasnya bagi cinta dan belas kasihNya kepada kita, agar kita semakin mengenal-Nya, mengenal kehadiran-Nya dan mengenal karya-Nya bagi hidup kita. Semoa Hati Kudus Yesus semakin merajai hati kita. Amin. Tuhan memberkati. Berkah Dalem.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa mahakudus, kami mohon, semoga persembahan bakti ini senantiasa diunjukkan kepada-Mu. Kiranya berkat roti anggur ini, rencana karya penyelamatan terlaksana sepenuhnya. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI – Wahyu 22:12

Tuhan bersabda, “Lihatlah, Aku datang segera, dan Aku membawa serta anugerah-Ku bagi setiap orang menurut perbuatannya.”

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa mahakudus, semoga sakramen yang telah kami sambut, membersihkan kami dari segala kekurangan dan mempersiapkan hati dan budi kami menghadapi hari raya mendatang. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment