Minggu, 12 Desember 2021 – Hari Minggu Adven III

Fr. Yohanes Dwi Feri Antoro SCJ dari Komunitas SCJ Yogyakarta – Indonesia

 
 

AUDIO RESI

ANTIFON PEMBUKA – Filipi 4:4-5

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan. Sekali lagi kukatakan: bersukacitalah! Sebab Tuhan sudah dekat.

PENGANTAR:

Waktunya sudah semakin dekat dan mendesak. Kita semua diundang untuk lebih terbuka menyambut kelahiran Yesus. Undangan itu menuntut sikap hati yang gembira, hati yang terbuka bagi kehadiran Allah. Kedatangan-Nya harus disambut dengan sukacita. Untuk itu, semua orang perlu mendengarkan seruan Yohanes Pembaptis agar setiap pribadi tidak keliru mendapati-Nya. Beberapa hal yang masuk dalam kategori perbuatan yang salah segera harus ditinggalkan. Orang diajak membangun sikap hidup yang pantas bagi kedatangan-Nya. Mari kita mengusahakannya dengan baik.

PERNYATAAN TOBAT:

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah pembawa sukacita sejati, yang dinanti-nantikan umat manusia. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

I : Engkaulah pembawa harapan akan kebahagiaan, yang didambakan umat manusia. Kristus, kasihanilah kami.

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkaulah pembawa kedamaian hati nurani, yang diharapkan oleh umat manusia. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

DOA PEMBUKA

Marilah berdoa: Ya Allah yang penuh kasih, Engkau menyediakan sukacita yang sejati bagi dunia dan menghendaki agar kami hidup dalam damai dan cinta kasih. Kami mohon, nyatakanlah cinta kasih-Mu kepada kami dan berkatilah kami dalam menyongsong Duta kasih setia-Mu. Dialah Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama Engkau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Zefanya 3:14-18a

“Tuhan Allah bersorak gembira karena engkau.”

Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bergembiralah, hai Israel! Bersukacita dan beria-rialah dengan segenap hati hai puteri Yerusalem! Tuhan telah menyingkirkan hukuman yang dijatuhkan atasmu, Ia telah menebas binasa musuh-musuhmu. Raja Israel, yakni Tuhan, ada di tengah-tengahmu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi. Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem, “Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lunglai. Tuhan Allahmu ada ditengah-tengahmu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bersukaria karena engkau, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, dan Ia bersorak-gembira karena engkau seperti pada pertemuan raya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

KIDUNG TANGGAPAN: Yes 12:2-3.4bcd.5-6

Ref. Segala bangsa bertepuk tanganlah berpekiklah untuk Allah raja semesta

  1. Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gemetar, sebab Tuhan Allah itu kekuatan dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

  2. Pada waktu itu kamu akan berkata, “Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya. Beritahukanlah karya-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur.”

  3. Bermazmurlah bagi Tuhan, sebab mulialah karya-Nya, baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi! Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi 4:4-7

“Tuhan sudah dekat.”

Saudara-saudara, bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! Janganlah kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi dalam segala hal nyatakanlah keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Maka damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya. 
S : (Yes 61:1) Roh Tuhan menaungi aku, Ia mengutus aku untuk mewartakan kabar gembira kepada orang-orang sederhana.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 3:10-18

“Apa yang harus kami perbuat?”

Ketika Yohanes Pembaptis mewartakan pertobatan, orang banyak bertanya kepadanya, “Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes, “Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat demikian juga.” Pada waktu itu datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis, dan mereka bertanya kepada Yohanes, “Guru, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes, “Jangan menagih lebih banyak dari yang telah ditentukan!” Dan prajurit-prajurit pun bertanya kepadanya, “Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes kepada mereka, “Jangan merampas dan jangan memeras, dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu!” Tetapi orang banyak itu sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hati tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias. Karena itu Yohanes bekata kepada semua orang itu, “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa daripada aku masih akan datang, dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Alat penampi sudah ada di tangan-Nya: Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya untuk mengumpulkan gandum ke dalam lumbung-Nya. Tetapi debu jerami akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.” Dan banyak nasihat lain Yohanes memberitakan Injil kepada orang banyak.
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami. 

RESI DIBAWAKAN OLEH Fr. Yohanes Dwi Feri Antoro SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Menyambut Tuhan dengan penuh sukacita

Para Sahabat Resi Dehonian yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Pada hari ini kita memasuki minggu adven ke 3. Pada minggu adven ketiga sering kita kenal sebagai minggu Gaudete atau minggu sukacita. Maka kita patut bertanya pada diri kita apakah saya sudah mengalami rahmat sukacita? Apakah kehadiranku sudah membawa sukacita bagi banyak orang? ataukah kehadiranku justru membuat orang-orang tidak nyaman?

Pada minggu ini, kita diajak untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan Sang Juru Selamat yaitu Yesus Kristus yang semakin dekat. Pada bacaan pertama dan kedua, Zefanya dan Paulus menyerukan kepada kita untuk selalu bersukacita dalam menanti kelahiran sang Juru Selamat. Sedangkan dalam Injil Lukas, Yohanes mengajak kita untuk sungguh mempersiapkan diri dengan baik dan dengan hati yang terbuka. Maka perlu ada sikap ketulusan hati dalam diri kita untuk mau berbagi dan membantu sesama kita sehingga semakin banyak orang mengalami rahmat sukacita. Meskipun itu tidak mudah kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sabda hari ini mengajak kita untuk memiliki sikap terbuka akan rahmat Allah agar sukacita itu selalu hadir dalam hidup kita. Kita perlu menyadari terkadang dalam diri kita masih memiliki sikap egois, serakah dan bahkan tidak peduli terhadap diri kita maupun sesama kita. Sikap-sikap inilah yang membuat hati kita tertutup akan rahmat Allah. Maka perlu ada sikap pertobatan dalam diri kita dengan sungguh-sungguh. Sebagai orang Kristiani kita diajak untuk mau terlibat dan mengupayakan rahmat sukacita itu. Bagaimana caranya? Yaitu dengan pertobatan diri dan pelayanan kasih.

Pertobatan diri dan Pelayanan kasih adalah bentuk perpanjangan tangan Tuhan yang hadir dalam hidup kita sehingga membawa kita buah sukacita bagi sesama. Marilah pelayanan kasih itu kita wujudkan melalui perhatian kita kepada sesama yang lemah, miskin dan menderita. Oleh karena itu, marilah kita mohon rahmat Allah supaya selalu mengalami sukacita sehingga siap menyambut kehadiran Tuhan dalam hidup ini dengan hati yang bersih dan damai. Semoga Hati KudusYesus semakin merajai hati Kita. Amin. Tuhan memberkati. Berkah dalem.

DOA UMAT:

I : Allah Bapa Yang Mahabaik, kami bergembira atas kedatangan kembali Yesus Kristus, Putra-Mu, dalam kemuliaan. Maka, dengarkanlah kiranya doa permohonan kami.

L : Bagi Gereja dan para pejabat di dalamnya: Ya Bapa, dampingilah Gereja-Mu dalam mewartakan kabar sukacita keselamatan-Mu. Teguhkanlah iman, pengharapan, dan kasih para gembala Gereja sehingga mereka tetap setia dalam mendampingi peziarahan umat menuju kepada-Mu. Marilah kita mohon,..

L : Bagi para penanggung jawab dalam masyarakat: Ya Bapa, berkatilah para penanggung jawab dalam masyarakat agar dengan rela gembira mengusahakan kemajuan dan perbaikan masyarakatnya. Semoga bersama mereka, kami mampu mewujudkan masyarakat adil, makmur, sejahtera seturut kehendak-Mu, mulai dari keluarga kami, komunitas, dan lingkungan kami sendiri. Marilah kita mohon,..

L : Bagi mereka yang sedang kecewa dan bimbang. Ya Bapa, terangilah mereka yang sedang kecewa dan bimbang dengan sinar cahaya-Mu. Semoga pengharapan akan kedatangan Kristus memperteguh iman dan mampu menghalau kekecewaan dan kebimbangan serta membuat tabah saat menghadapi kesulitan. Marilah kita mohon,..

L : Bagi kita di sini: Ya Bapa, sadarkanlah kiranya kami akan cinta kasih-Mu yang demikian agung kepada kami. Karena oleh kasih-Mu, kami Kausemangati dan Kaudorong melaksanakan tugas panggilan kami dengan rela dan gembira hati. Marilah kita mohon,..

I : Allah Bapa Yang Mahabaik, sebagaimana orang-orang sezaman Yohanes Pembaptis kami pun perlu bertobat. Tuntunlah kami untuk melepaskan kepuasan diri kami agar mampu menghampakan diri seperti Kristus, Putra-Mu dan Tuhan kami. Amin

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa Yang Maharahim, terimalah persembahan yang kami unjukkan sebagai tanda cinta kasih kami kepada-Mu. Semoga, dalam hidup sehari-hari pun kami giat mewujudkan cinta kasih kepada sesama dan lingkungan hidup kami.
Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

ANTIFON KOMUNI – Yesaya 35:4

Katakanlah kepada yang tawar hati: tabahkanlah hatimu dan jangan takut. Lihatlah, Tuhan akan datang menyelamatkan kita.

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Ya Tuhan, semoga rezeki surgawi yang telah kami terima senantiasa meneguhkan kami untuk mengusahakan cinta kasih, keadilan, kedamaian, dan kesejahteraan di muka bumi ini, sambil terus mengharapkan kepenuhannya dalam Kerajaan-Mu yang abadi. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

DOANLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment