Senin, 03 Januari 2022 – Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan

Fr. Cornelius Cahaya Sandi SCJ dari Komunitas SCJ Visma Vijaya Praya (VVP) Yogyakarta – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA:

Hari mulia menyinari kita. Marilah menyembah Tuhan, hai segala bangsa. Hari ini cahaya cemerlang turun ke bumi.

PENGANTAR:

Kita harus menaruh cinta kasih kepada Allah dan sesama. Bila salah satu tiang penyangga hidup kristiani hancur, maka seluruh bangunan akan berantakan. Hanya mereka yang mengajarkan hal itu yang berasal dari Allah. Merekalah yang memiliki Roh Yesus yang berdoa di atas gunung dan melakukan mukjizat di mana-mana. Ia berbicara tentang Bapa-Nya dan menyembuhkan orang-orang sakit.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami, terangilah kami dengan cahaya ilahi, agar kami dapat melintasi kegelapan hidup ini dan sampai kepada terang-Mu yang abadi. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, yang ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes 3:22-4:6

“Ujilah roh-roh, apakah mereka berasal dari Allah.”

Saudara-saudaraku terkasih, apa saja yang kita minta dari Allah, kita peroleh dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita. Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan beginilah kita ketahui bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu dalam Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita. Saudara-saudaraku terkasih, janganlah setiap roh kamu percayai, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah. Sebab banyak nabi palsu telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Beginilah kita mengenal Roh Allah: Setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, tetapi setiap roh yang tidak mengakui Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh ini adalah roh antikristus, dan tentang dia telah kamu dengar bahwa ia akan datang, bahkan sekarang ini sudah ada di dalam dunia. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu, sebab Roh yang ada di dalam kamu lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia. Mereka itu berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi, dan dunia mendengarkan mereka. Kamu berasal dari Allah! Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan kami. Barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh Kebenaran dan roh yang menyesatkan.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 2:7-8.10-11

Ref. Bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu.

  1. Aku akan menceritakan tentang ketetapan Tuhan: Ia berkata kepadaku, Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan. Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.

  2. Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia! Beribadahlah kepada Tuhan dengan takwa, dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Mat 9:35b) Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 4:12-17.23-25

“Kerajaan Surga sudah dekat”

Ketika mendengar bahwa Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh Nabi Yesaya: Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang Sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain; bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat Terang yang besar, dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut telah terbit Terang. Sejak waktu itu Yesus memberitakan, “Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!” Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria, dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem, dari Yudea dan dari seberang Yordan.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Fr. Cornelius Cahaya Sandi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Dehonian yang terkasih, salam jumpa dengan saya, Fr. Cornelius Cahya Sandi SCJ, dari Komunitas Visma Vijaya Praya (VVP), SCJ II, Papringan, Yogyakarta dalam RESI-Renungan Singkat Dehonian, edisi Senin, 3 Januari 2022. Semoga Anda sekalian yang mendengarkan ReSi Dehonian ini berada dalam keadaan sehat dan berbahagia, karena sukacita Natal dan tahun baru meliputi kita semua. Amin. Marilah kita mendengarkan Firman Tuhan hari ini, yang diambil dari Injil Matius 4:12-17; 23-25.

Para sahabat ReSi Dehonian yang terkasih. Hari ini kita memasuki hari Senin sesudah Penampakan Tuhan, dimana kita masih ada di dalam masa Natal. Hari ini Gereja mengajak kita untuk merenungkan betapa baiknya Tuhan kita. Dia yang adalah Penyembuh bagi mereka yang sakit dan terluka telah hadir ditengah-tengah kita dan di dalam hati kita masing-masing. Pandemi Covid-19 telah kita alami selama kurang lebih 2 tahun. Selama itu pula telah banyak kepedihan yang kita alami karenanya: Kepedihan karena situasi yang serba dibatasi, kepedihan karena kehilangan kenalan, teman dekat bahkan keluarga  yang kita kasihi, kepedihan karena beban hidup yang makin berat akibat dampak sosial-ekonomi dari pandemi, serta kepedihan hati yang lain yang mungkin tidak dapat kita ungkapkan dengan kata-kata, namun membekas dalam hati kita.

Saudara-saudariku, dalam Injil tadi dikatakan “Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu..semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka”. Kita tengah merayakan Natal, sebuah perayaan sukacita karena Tuhan lahir di dunia, tapi lebih dari itu Dia lahir hati kita masing-masing. Kita tidak perlu malu untuk mempersembahkan hati kita yang sedang terluka, mempersembahkan hati yang letih karena segala beban hidup selama masa pandemi covid-19 ini. Justru dalam keadaan seperti itulah, Yesus mau lahir dihati kita. Dia ingin menyembuhkan luka-luka hati kita itu dan bahkan Dia ingin mengubah hati kita seperti Hatinya.

Pertanyaannya hanya satu: Maukah kita disembuhkan? Tuhan tidak pernah memaksa kita, Dia amat mengasihi kita namun KasihNya itu adalah kasih yang memberi ruang dan bukan mengekang. DIa selalu memberi kita kebebasan untuk memilih: bertobat dari cara hidup lama, cara hidup yang nyaman dalam luka-luka dosa, atau, tetap tinggal dalam dosa, mengeluh setiap hari namun tidak ada aksi untuk bertobat. Hari ini Tuhan mengajak kita untuk membuka hati agar dapat disembuhkan olehNya dari segala kepedihan yang kita alami. Biarlah Tuhan masuk dan tinggal dihati kita yang penuh luka, agar kita mendapat kesembuhan. Semoga damai Tuhan selalu dihati kita semua. AMIN.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa maharahim, berkat roti anggur persembahan kami ini, berkat Yesus Kristus Putra-Mu, kami mengharapkan pengampunan dosa-dosa kami serta bimbingan untuk semakin mengenal cinta kasih-Nya. Sebab Dialah ….

ANTIFON KOMUNI – Yohanes 1:14

Kita telah melihat kemuliaan, yang diberikan Bapa kepada Putra-Nya yang tunggal, penuh rahmat dan kebenaran.

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa yang kekal dan kuasa, kami bersyukur atas rahmat sakramen-Mu. Semoga hidup kami tetap disegarkan oleh daya penyelamatannya. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment