Sabtu, 08 Oktober 2022 – Hari Biasa Pekan XXVII

Rm. Vincen Suparman SCJ dari Komunitas SCJ Florida USA

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Galatia 3:26

Kalian semua adalah putra dan putri Allah berkat iman dalam Kristus Yesus. Karena kalian yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenal Kristus.

PENGANTAR:

Bila kita memperhatikan kehidupan orang-orang kristen, kiranya sulit dikatakan bahwa mereka merupakan satu kesatuan dalam Kristus. Tetapi memang itulah cita-cita Paulus. Yesus telah memiliki kita berkat pembaptisan yang kita terima. Kita telah berjanji mau menjadi kembaran Kristus. Maka kita harus mendengarkan sabda-Nya dan melaksanakannya. Yang telah dimulai dalam pembaptisan hendaknya kita perkembangkan lebih lanjut.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami di surga, Engkau memanggil kami menjadi putra dan putri-Mu seturut citra Putra-Mu terkasih. Baptislah kami dengan Roh-Mu dan ajarilah kami mengimani bahwa cinta kasihlah yang menjadi hukum tertinggi. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia 3:22-29

“Kalian adalah anak-anak berkat iman.”

Saudara-saudara, menurut Kitab Suci segala sesuatu terkurung di bawah kekuasaan dosa, supaya berkat iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya. Sebelum iman itu datang, kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat dan dikurung sampai iman itu dinyatakan. Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang. Karena itu kita tidak lagi berada dibawah pengawasan penuntun. Sebab kalian adalah anak-anak Allah karena iman dalam Yesus Kristus. Sebab kalian semua yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada pria atau wanita, karena kalian semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. Jadi kalau kalian milik Kristus, maka kalian juga keturunan Abraham, dan berhak menerima janji Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 105:2-3.4-5.6-7

Ref. Tuhan akan selalu ingat akan perjanjian-Nya.

  1. Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib! Bermegahlah dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.

  2. Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mukjizat dan ketetapan-ketetapan yang diucapkan-Nya.

  3. Hai anak cucu Abraham hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya! Dialah Tuhan, Allah kita, ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : (Luk 11:28)  Berbahagialah yang mendengarkan sabda Tuhan dan memeliharanya.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 11:27-28

“Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau!”

Pada suatu hari, ketika Yesus sedang berbicara kepada orang banyak, berserulah seorang wanita dari antara orang banyak itu, dan berkata kepada Yesus, “Berbahagialah ibu yang telah mengandung dan menyusui Engkau!” Tetapi Yesus bersabda, “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan sabda Allah dan memeliharanya.”
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm.  Vincen Suparman SCJ 

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Marilah kita membiasakan diri dengan bertanya pada diri kita sendiri. Ketika kita mengawali hari baru, marilah bertanya dalam hati: apakah hari ini saya akan menjadikan diri saya lebih baik dan menjadi berkat bagi sesama? Pertanyaan sederhana dapat membantu kita mengenali diri kita secara lebih mendapat. Dengan mengenali diri kita, kita akan mampu mengontrol perilaku dan kata-kata yang hendak kita ucapkan, dan kita tidak bekata-kata secara liar. Kata-kata yang kita ucapkan membantu orang lain mengenal siapa kita.

Ketika seorang pengagum ingin memuji Jesus dengan memuji ibunya, Jesus tidak menyangkal kebenaran berkat yang diucapkannya. Ucapan bahagianya (yang berarti “berkat” atau “kebahagiaan”) mengingatkan kita pada kidung Maria: Semua generasi akan menyebut aku diberkati (Lukas 1:48). Jesus menambahkan kata-katanya dengan menunjuk ke sumber dari semua berkat atau kebahagiaan sejati – persatuan dengan Tuhan. Maria dengan rendah hati menyerahkan dirinya kepada rencana ajaib Allah untuk inkarnasi Putra tunggal-Nya – Firman Allah menjadi daging di dalam rahimnya, dengan menyatakan: Aku adalah hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataan-Mu (Lukas 1:38). Maria mendengar Firman yang diucapkan oleh malaikat kepadanya dan dia mempercayainya. Pada kesempatan lain Jesus menunjukkan bahwa ibu dan saudara-saudara-Nya  yang sejati adalah mereka yang mendengar Firman Allah dan melakukannya (Lukas 8:21). Mereka benar-benar diberkati karena mereka mengenal Tuhan mereka secara pribadi dan mereka menemukan sukacita dalam mendengar dan menaati firman-Nya.

Tujuan hidup kita, alasan utama kita diciptakan, adalah untuk bersatu dengan Tuhan. Kita diciptakan untuk Tuhan dan hati kita gelisah sampai mereka beristirahat di dalam Dia. Seorang martir awal pernah berkata bahwa “satu-satunya kerabat seorang Kristen adalah orang-orang kudus.” Mereka yang mengikuti Jesus Kristus dan yang mencari kehendak Allah masuk ke dalam keluarga baru, keluarga “orang-orang kudus” di bumi dan di surga. Yesus mengubah tatanan hubungan dan menunjukkan bahwa kekerabatan sejati bukan hanya soal darah dan daging. Kita diangkat sebagai putra dan putri Allah mengubah semua hubungan kita dan membutuhkan tatanan baru kesetiaan kepada Allah dan kerajaan-Nya. Apakah kita benar-benar lapar akan Tuhan dan Firman-Nya?

Marilah kita meningkatkan rasa haus kita akan Firman Tuhan dan setia melaksanakan. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa kami di surga, semoga berkat roti anggur ini kami Kauperkenankan ikut serta menerima Roh tunggal yang mempersatukan kami menjadi satu Gereja. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI – Mazmur 105:2

Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya! Bicarakanlah segala karya-Nya yang ajaib!

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahabaik, kami bersyukur, karena Putra-Mu telah melaksanakan janji-Mu. Semoga Roh-Nya menjiwai kami, mengarahkan kami kepada kerukunan dan persaudaraan yang tulus ikhlas. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

1 Comment

Leave a Comment