Sabtu, 03 Desember 2022 – Pesta St. Fransiskus Xaverius, Imam dan Pelindung karya misi

Fr.Yohanes Ferry Ariyanto SCJ dari Komunitas SCJ Visma Vijaya Praya (VVP) Yogyakarta – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mzm 95 : 3 – 4

Ceriterahkanlah kemuliaan Tuhan di antara para bangsa dan karya-Nya yang agung di antara suku. Sebab Tuhan maha agung dan sangat terpuji.

PENGANTAR:

Di dalam hidup suatu kebetulan sering besar perannya. Fransiskus pergi ke universitas Paris dengan harapan kelak dapat menjadi mahaguru. Pertemuannya dengan Ignasius menjadi titik balik. Bersama teman-temannya ia menjadi Yesuit. Dan sebagai misionaris pertama ia melawat ke Asia. Dalam waktu singkat ia berhasil gilang-gemilang. Di India, Sailan, Maluku dan Jepang ia meletakkan dasar-dasar Gereja Asia. Ia meninggal di dekat perbatasan Cina ketika tidak mendapat izin masuk.

KEMULIAAN:

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa : Allah Bapa, penyelamat umat manusia, Pelbagai bangsa Kaujadikan milik-Mu Berkat pewartaan Santo Fransiskus Xaverius. Semoga semangat kerasulannya berkobar Dalam hati semua orang beriman, Sehingga dimana-mana umat-Mu berkembang subur. Demi Yesus Kristus,…

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus 9:16-19.22-23

“Celakalah aku jika tidak memberitakan Injil.”

Saudara-saudara, jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku jika tidak memberitakan Injil. Seandainya aku melakukan pemberitaan itu atas kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan atas kehendakku sendiri, pemberitaan itu merupakan tugas yang ditanggungkan Allah kepadaku. Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa imbalan, dan bahwa aku tidak menuntut hakku sebagai pemberita Injil. Sesungguhnya aku bukan hamba siapa pun. Meskipun begitu, aku menjadikan diriku hamba semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang. Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya sedapat mungkin aku memenangkan beberapa orang dari antara mereka. Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian di dalamnya.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 117:1.2

Ref. Pergi ke seluruh dunia, wartakanlah Injil.

  1. Pujilah Tuhan, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!

  2. Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya
S : (Mat 28:19-20) Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 16:15-20

“Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil!”

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus

RESI DIBAWAKAN OLEH Fr. Yohanes Ferry Ariyanto SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para sahabat Resi dimana pun Anda berada, saya, Frater Yohanes Ferry Ariyanto scj dari komunitas Visma Vijaya Praya, Yogyakarta menyapa dan mengajak Anda untuk sejenak merenungkan sabda Tuhan hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022. Mari kita siapkan hati kita untuk mendengarkan firman-Nya yang meneguhkan.

Para sahabat Resi yang budiman, bersama seluruh Gereja, pada hari ini kita merayakan pesta St. Fransiskus Xaverius. Dia adalah tokoh besar dalam gerak langka karya misi Gereja. Tampaknya, ia berusaha untuk mengamalkan pesan Yesus hari ini, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk”. Kecintaannya pada Tuhan dan kerinduannya untuk mewartakan Kabar Gembira menghantar Xaverius sampai ke tanah air tercinta kita, Indonesia. Saking besarnya pengaruh Xaverius dalam kegiatan misi di indonesia, sampai sekarang ada begitu banyak nama sekolah yang memakai namanya.

Pesan Injil hari ini sangat jelas! Seperti para rasul dan Fransiskus Xaverius, kita diutus Tuhan untuk memberitakan Injil. Untuk bermisi! Dan arena baptis, tugas ini melekat dalam diri kita sebagai orang Kristen.

Para sahabat yang terkasih, ada seorang bapak pernah berkisah tentang ketertarikannya pada cara hidup orang Katolik. Dia merasa senang sekali ketika melihat orang Katolik pulang dari Gereja. Baginya, orang Katolik terlihat rukun-rukun; bapak, ibu, anak, simbah, dapat pulang bersama-sama. Bahkan ada pula yang bonceng tiga menggunakan sepeda motor. Usut punya usut, ternyata agamanya yang dulu tidak memungkinkan pengalaman itu terjadi. Ketertarikan ini akhirnya membuat dia memutuskan untuk menjadi Katolik. Mungkin Anda mempunyai pengalaman yang serupa entah itu terjadi pada sahabat kita, keluarga kita, atau malah mungkin diri kita sendiri.

Bagi saya, pengalaman keterpesonaan bapak itu pada cara hidup orang Katolik begitu sederhana, tetapi bagi dirinya sangat mengesan bukan? Dari pengalaman itu kita dapat belajar bahwa untuk bermisi (untuk menjadi saksi Kristus) sebenarnya bukan hal yang susah-susah amat untuk dijalankan. Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit untuk bisa menjadi saksi Kristus. Sering kali kehidupan kita sehari-hari yang biasa-biasa saja, kehidupan yang tampaknya rukun saja, dapat menjadi kesaksian yang dasyat dan mengubah hidup orang. Allah bahkan dapat menggunakan keterbatasan kita untuk memperlihatkan kuasa-Nya yang dasyat. Mari kita mohon rahmat Tuhan supaya seluruh diri kita dan gerak-gerik hidup kita menjadi kesaksian yang menginspirasi orang-orang di sekitar kita. Tuhan memberkati.

DOA UMAT:

I : Tuhan Yesus bersabda, “ Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibabtis akan diselamatkan. “Mengingat tugas perutusan itu Santo Fransiskus Xaverius telah melawat ke Asia dan memperkenalkan Kristus kepada pelbagai bangsa. Marilah kita mohon semangat kerasulannya kepada Bapa di surga :

L : Bagi Gereja di seluruh dunia : Semoga Gereja dewasa ini semakin menghayati semangat kerasulan sejati dalam kata dan karya.

L : Bagi pemerintahan –pemerintah Negara : Semoga kebebasan beragama dan pertobatan dijamin benar-benar.

L :  Bagi para penderita cacat atau sakit : Semoga mereka berani mempersembahkan penderitaannya demi keselamatan sesamanya.

L :  Bagi diri kita di sini : Semoga semangat merasul tetap menyala di dalam hati kita, sehingga tak segan-segan member kesaksiaan iman di mana saja.

I : Allah Bapa, sumber keselamatan umat manusia, dengar-kanlah dan kabulkanlah doa permohonan umat-Mu. Curahkanlah Roh-Mu kepada kami dan Jiwailah Geraja dengan kegairahan dan kegiatan kerasulan. Demi kristus ……

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa, penyelamat umat manusia, terimalah kiranya persembahan yang kami hunjukan untuk menghormati Santo Fransiskus Xaverius. Tanpa kenal lelah ia menjelajahi daera-daerah Asia karena ingin menyelamatkan sesame manusia. Semoga kami pun member kesaksian mengenai Injil dan bersama-sama bergegas menyongsong Engkau. Demi Kristus …..

PREFASI PARA KUDUS II

ANTIFON KOMUNI – Mrk 16 : 15 ; Mat 28 : 20

Tuhan bersabda,’’pergilah ke seluruh dunia, Dan maklumkanlah injil. Aku besertamu setiap hari !’’

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa : Allah Bapa maha pengasih dan maha penyayang, hati santo fransiskus xaverius kau kobarkan dengan keinginan untuk menyalamat sesama. Semoga cinta kasih-Mu itu kau nyalahkan juga dalam hati kami berkat perjamuan suci ini. bantulah kami mengikuti panggilan-Mu, sehingga layak menerima ganjaran yang kau janjikan kepada para hamba-Mu Demi kristus, . . .

DOWNLOAD AUDIO RESI:

1 Comment

  • Herlin Desember 3, 2022 at 5:53 am

    St Fransiskus Doakanlah kami.

    Reply

Leave a Comment