Kamis, 09 Februari 2023 – Hari Biasa Pekan V

Rm. Antonius Edi Prasetyo SCJ dari Komunitas SCJ Paroki St. Frans de Sales Palembang – Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA — Mazmur 128:1⁣

Berbahagialah orang yang takwa kepada Tuhan, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.⁣

PENGANTAR⁣

Dari penciptaan wanita, ternyata bahwa pria wanita terarah satu sama lain dan saling memerlukan serta saling melengkapi. Yesus memperluas hal itu sampai ke hubungan antara manusia dan para bangsa. Seorang ibu bukan Yahudi percaya, bahwa Yesus sanggup menyembuhkan anaknya. Kekristenan tidak terbatas pada suatu kelompok kecil saja.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa umat manusia, kami sudah Kauciptakan, agar berusaha menjadi sempurna dalam cinta kasih dan kebaikan.Semoga hati kami selalu terbuka dan dunia ini menjadi tempat kediaman yang membahagiakan bagi siapa saja. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami,…⁣

BACAAN PERTAMA: Pembacaan dari Kitab Kejadian 2:18-25

“Tuhan membawa Hawa kepada Adam, dan keduanya menjadi satu daging.”

TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 128:1-2.3.4-5

Ref. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan

  1. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya! Apabila engkau menikmati hasil jerih payahmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!

  2. Isterimu akan menjadi laksana pohon anggur subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun di sekeliling mejamu!

  3. Sungguh, demikianlah akan diberkati Tuhan orang laki-laki yang takwa hidupnya. Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Sion; boleh melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya.
S : Terimalah dengan lemah lembut sabda Allah yang tertanam dalam hatimu, sebab sabda itu berkuasa menyelamatkan kamu.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 7:24-30

“Anjing-anjing pun makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak.”

Pada waktu itu Yesus meninggalkan daerah Galilea dan berangkat ke daerah Tirus. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan. Malah seorang ibu, yang anaknya perempuan kerasukan roh jahat, segera mendengar tentang Dia, lalu datang dan tersungkur di depan kaki-Nya. Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Tetapi perempuan itu menjawab: “Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak.” Maka kata Yesus kepada perempuan itu: “Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu.”Perempuan itu pulang ke rumahnya, lalu didapatinya anak itu berbaring di tempat tidur, sedang setan itu sudah keluar.

Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Antonius Edi Prasetyo SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Kudus Yesus melalui Hati Maria.

Pendengar Resi Dehonian terkasih, jumpa kembali dengan saya, Romo Antonius Edi Prasetyo SCJ, dari Komunitas Paroki Santo Fransiskus De Sales Palembang, dalam Resi – Renungan Singkat Dehonian edisi Kamis, 9 Februari 2023. Mari kita dengarkan dan renungkan bersama bacaan Injil Suci dari Menurut Markus 7:24-30.

Saudara/I, Para Sahabat Hati Kudus Yesus yang terkasih. Semua orang memiliki ibu dan lahir dari rahimnya.  ibu adalah sosok yang sangat istimewa dan tiada duanya bagi setiap anak. Ibu adalah sosok yang paling paham tentang kita. Saat kita bahagia, sedih atau pun sakit, tanpa mengatakannya pada ibu beliau akan tahu dengan sendirinya. Maka, ketika sakit, seorang ibu akan dengan segera merawat dan mengusahakan yang terbaik untuk kesehatan anaknya.

Hal yang sama dilakukan oleh seorang Ibu dari Siro Fenisia dalam bacaan Injil hari ini. Ia adalah seorang ibu pemberani dan teguh! Wanita yang mengagumkan ini tidak akan mendapat apa-apa jika tidak gigih. Pada awalnya Yesus tidak mengabulkan permintaannya untuk mengusir setan itu dari putrinya yang bermasalah di rumah. Tapi kasih seorang ibu pada anak tercintanya membuatnya  memberanikan diri melakukan hal yang lebih radikal. Dia tidak segan mempertaruhkan harga diri dan martabatnya demi menyelamatkan putrinya yang sakit. Dia tidak peduli tentang dirinya sendiri tetapi hanya untuk putri kecilnya. 

Kerendahan hati ibu itu menyentuh: dia hanya meminta remah-remah rahmat Allah melalui Yesus Kristus tapi dia percaya itu sudah cukup. Cinta dan pengharapan ibu inilah yang menggerakkan hati Yesus oleh belas kasihan, dan berkenan untuk melepaskan puterinya dari kuasa setan.

Saudara-saudariku terkasih, mari belajar beriman seperti perempuan tangguh Siro Fenisia ini. Semangat pantang menyerah dan menaruh pengharapan kita segalanya di dalam nama Yesus. Kadang kita gampang patah arang dan putus asa, ketika seolah doa permohonan kita tak didengarkannya, apalagi ketika mengalami pergumulan hidup, penderitaan, kesedihan, dukacita dan pengalaman-pengalaman yang tidak enak. Kadang kita merasa sudah melakukan banyak hal untuk Tuhan, tetapi seolah-olah Tuhan tutup mata pada kita. 

Sekali lagi, janganlah jemu-jemu untuk bertelut, menautkan kedua tangan di depan dada kita di depan salibNya yang suci dan mengandalkan pengharapan kita padaNya. Salib Kristuslah kekuatan kita, salib Kristuslah sumber pengharapan kita.  Yakinlah, ketika saatnya sudah tiba, kita akan mengalami janji Allah yang selalu menyayangi kita dan tidak akan membiarkan kita menderita. 

Semoga kita senantiasa diberkati oleh Tuhan, terutama untuk selalu percaya pada KuasaNya yang luar biasa. Saya memberkati saudara dengan berkat Allah yang melimpah, dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin. Semoga Hati Kudus Yesus senantiasa merajai hati kita semua. Amin. Berkah Dalem.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa sumber kehidupan, berkat roti anggur ini kumpulkanlah kami dan jadikanlah kami rezeki kehidupan bagi sesama. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.⁣⁣

ANTIFON KOMUNI  — Mazmur 128:7⁣

Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Sion, supaya melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidup.⁣⁣

DOA PENUTUP⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber kerukunan, Engkau memanggil kami untuk bersatu dan menjadi sesama bagi siapa pun. Semoga Roh-Mu menjiwai kami dan menyempurnakan apa yang sudah Kaumulai pada diri kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.⁣

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment