Rabu, 26 April 2023 – Hari Biasa Pekan III Paskah

Rm. Thomas Suratno SCJ dari Komunitas SCJ Jakarta Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA  – Mazmur 71:8.23⁣

Semoga lidahku bernyanyi memuji Engkau. Semoga bibirku bersorak bermadah kepada-Mu. Aleluya.⁣⁣

PENGANTAR⁣

Bila sukacita dalam hati kurang, maka tentu ada kekurangan dalam hidup kita sebagai pengikut Kristus. Sebab pengikut Kristus itu berani dan gembira, orang yang sebagaimana warga Gereja mewartakan kabar gembira, menolong, menghibur dan memberi harapan kepada sesama. Yesus memberi rezeki ke hidupan, agar kita jangan sampai kelaparan, hari demi hari  mengajak beriman, melaksanakan kehendak Bapa, dan mem bagi rezeki kepada sesama.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa yang berbelas kasih, kami telah Kauberi iman kepercayaan. Semoga berkat bantuan-Mu itu kami bangkit bersama Putra-Mu yang tunggal dan hidup mulia selamanya. Demi Yesus Kristus Putra-Mu ….⁣⁣

ATAU: ⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa mahamulia, untuk menerima sabda-Mu semoga kami selalu terbuka dan ajarilah kami memenuhi kehendak-Mu seturut teladan Putra-Mu terkasih, yang kini sudah mulia serta duduk di sisi kanan-Mu. Sebab Dialah Putra-Mu, ….⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kisah Para Rasul 8:1b-8

“Mereka menjelajah seluruh negeri sambil memberitakan Injil.”

Setelah Stefanus dibunuh, mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat. Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu. Ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki serta perempuan ke luar, lalu menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara. Mereka yang tersebar menjelajah ke seluruh negeri sambil memberitakan Injil. Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 66:1-3a.4-5.6-7a

Ref. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi!

  1. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi, mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian! Katakanlah kepada Allah, “Betapa dahsyat segala pekerjaan-Mu!”

  2. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu, seluruh bumi memazmurkan nama-Mu. Pergilah dan lihatlah karya-karya Allah; Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia.

  3. Ia mengubah laut menjadi tanah kering, dan orang berjalan kaki menyeberangi sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia, yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (Yoh 6:40) Setiap orang yang percaya kepada Anak, beroleh hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkannya pada akhir zaman.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 6:35-40

“Inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang yang melihat Anak beroleh hidup yang kekal.”

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, “Akulah roti hidup! Barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguh pun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya. Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

Demikianlah Injil Tuhan
U: Terpujilah Kristus

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Thomas Suratno SCJ

Vivat Cor Jesu, Per Cor Marie… Hiduplah Hati Kudus Yesus, melalui Hati Maria…

Sahabat Resi Dehonian terkasih, jumpa kembali dengan saya, Romo Thomas Suratno, SCJ dari komunitas SCJ  Jakarta Indonesia dalam Renungan Singkat-dehonian edisi hari ini: Rabu, 26 April 2023. HARI BIASA PEKAN III PASKAH.

Sahabat Dehonian terkasih, setiap manusia dari kodratnya memiliki rasa lapar dan haus untuk mengalami belas kasih dan persekutuan Allah. Bagaimana dan kemana kita dapat menemukan rasa lapar dan dahaga batin itu? Jalan terang menuju pemenuhan dahaga batin adalah mencari pada sumberNya, yaitu Allah sendiri. Dialah yang telah bersabda : “Akulah roti hidup; barang siapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidka akan haus lagi”.

Sahabat Dehonian terkasih, persoalannya adalah apakah kita berani percaya dan berserah kepadaNya? Hidup kita didunia ini membutuhkan makanan. Makanan sebagai kekuatan untuk dapat hidup. Dibalik itu ada iman dan pengakuan atas Yesus sebagai Tuhan dan penyelamat manusia. Itulah puncak dari perutusan Yesus ke dunia. Dia datang memperkenalkan kehidupan baru di dalam Allah BapaNya. Dia datang sebagai roti kehidupan artinya Dia sebagai makanan hidup rohani umat beriman. Hal itu terjadi dalam dan jika kita merayakan Ekaristi dimana Yesus Tuhan hadir secara nyata dalam rupa roti (tubuhNya) dan anggur (darahNya). Hidup kita juga membutuhkan makanan yang lain yakni makanan rohani.

Sahabat Dehonian terkasih, Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita akan buah-buah Ekaristi. Orang menerima Roti hidup. Roti itu tidak mengenyangkan perut, tetapi menyelamatkan hidup. Berkat Roti itu, orang dianugerahi hidup kekal sebab roti itu tidak lain adalah tubuh Kristus sendiri. Persatuan dengan Kristus memungkinkan kita untuk bersatu dengan yang ilahi karena dalam Kristus ada keilahian.

Sahabat Dehonian terkasih, Yesus adalah Sabda yang menjelma menjadi manusia, Dialah yang telah turun dari surga sebagai penyataan dari Allah Bapa bagi manusia. Yesus menunjukkan diriNya sebagai Roti Hidup supaya manusia percaya kepadaNya dan memperoleh hidup kekal. Yesus adalah benar bahwa Dia adalah Roti Surga yang diahugerahkan Allah Bapa kepada manusia sebagai tanda bahwa Allah Bapa sangat mengasihi manusia. Orang yang datang kepadaNya tidak akan lapar dan yang percaya kepadaNya tidak akan haus lagi.

Sahabat Dehonian terkasih, Yesus Kristus adalah Roti Hidup yang diberikan Allah Bapa. Melalui ketaatan-Nya melaksanakan kehendak Bapa, setiap orang yang percaya kepada-Nya akan mendapatkan hidup kekal dan dibangkitkan pada akhir zaman. Yesus menyatakan bahwa diriNya adalah roti hidup dimaksudkan juga untuk menegaskan bahwa Ia adalah jawaban dari setiap keperluan dan persoalan manusia.

Sahabat Dehonian terkasih, Memang manusia membutuhkan makanan (roti) untuk dapat bertahan hidup. Namun jangan sampai motivasi kita mencari Tuhan hanya untuk mengejar roti saja atau berkat-berkat jasmani, lalu kita melupakan Tuhan Pemberi berkat itu sendiri.  Sadariulah dan percayalah bahwa Kristus adalah makanan yang memelihara kehidupan rohani setiap kita. Sabda-sabda-Nya memberikan penghiburan dan kekuatan, semangat serta kelegaan, pengampunan dan lain-lain kepada kita. Sabda-Nya tidak akan kembali kepada-Nya dengan sia-sia tetapi akan melaksanakan apa yang dikehendaki-Nya, dan akan berhasil dalam apa yang disuruhkanNya kepada kita.

Maka marilah kita, sahabat Dehonian terkasih, belajar mengutamakan Ekaristi diatas yang lain. Dia yang dipecah-pecah dan dibagikan kepada semua orang, demikian juga hendaknya menjadi manusia-manusia ekaristis dan mempunyai semangat ‘menerima dan berbagi’ kepada setiap orang yang kita jumpai. Sehingga perlulah kita belajar menjadi umat yang semakin pantas merayakan Ekaristi dan menerima rahmat Allah yang kita butuhkan demi keselamatan kita.

DOA: Ya Tuhan Yesus Kristus, ajarilah aku untuk belajar menyerahkan hidupku kepada penyelenggaraan-Mu sehingga aku dibenarkan karena imanku. Puaskanlah rasa lapar dan haus dalam diriku dengan Ekaristi, Diri-Mu sendiri sehingga hidupku akan tumbuh berkembang menuju keselamatan. Amin.

Semoga Allah yang mahakuasa memberkati saudara dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa sumber sukacita abadi, Engkau membahagiakan kami dengan misteri Paskah Putra-Mu. Kami mohon, semoga karya penebusan-Mu menjadi pokok sukacita abadi bagi kami. Demi Kristus, ….⁣⁣

ATAU: ⁣

Allah Bapa mahamulia, berkenanlah menguduskan persembahan ini dengan Roh-Mu, dan perkenankanlah kami memandang kemuliaan Putra- Mu terkasih. Dialah Tuhan dan pengantar kami….⁣⁣

ANTIFON KOMUNI⁣

Tuhan telah bangkit dan menerangi kita, yang telah ditebus dengan darah-Nya. Aleluya.⁣⁣

DOA SESUDAH KOMUNI⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber sukacita abadi, dalam misteri Paskah Putra-Mu, maut diubah menjadi pangkal hidup abadi.  Semoga karena pertukaran suci ini kami Kaubantu dalam kehidupan sekarang di dunia dan kelak Kauantar memasuki sukacita abadi. Demi Kristus, ….⁣⁣

ATAU: ⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa pencipta dan penyelamat, semoga di antara mereka yang Kaupanggil hidup di dunia ini jangan sampai ada seorang pun yang hilang binasa, tetapi semoga kami Kaupenuhi dengan jaminan janji-Mu, ialah Roh Kudus, agar kami memahami dan mengalami, bahwa Engkau senantiasa mendampingi dan menyertai kami. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI : 

No Comments

Leave a Comment