Senin, 01 Mei 2023 – Hari Biasa Pekan IV Paskah

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas SCJ Cipinang-Cempedak Jakarta Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Roma 6:9⁣

Kristus yang bangkit dari alam maut takkan wafat lagi. Maut takkan menguasai-Nya lagi. Aleluya.⁣

PENGANTAR⁣

Antara gembala dan kawanan domba, ada sambung rasa dan sambung nasib. Yesus menyebut diri-Nya “Gembala Baik.” Di sebut-Nya pula pintu kandang, pintu masuk ke dalam keselamatan dan kebahagiaan. Sebab, la datang agar semua orang, pun yang masih jauh dari Tuhan, bertobat dan menikmati hidup yang melimpah.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa mahaluhur, Putra-Mu telah merendahkan diri untuk mengangkat dunia yang telah jatuh dan membebaskan kami dari dosa. Berilah umat-Mu kegembiraan sejati, agar mampu menikmati sukacita abadi. Demi Kristus, ….⁣

ATAU:⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa Gembala Baik umat manusia, janji kedamaian Kautujukan kepada semua orang. Maka, bukakan kami pintu gerbang kerajaan-Mu berkat Yesus, sabda kebenaran-Mu, Tuhan dan pengantara kami, yang….⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kisah Para Rasul 11:1-18

“Jadi kepada bangsa-bangsa lain pun Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.”

Rasul-rasul dan saudara-saudara di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima firman Allah. Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia. Kata mereka: “Engkau telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makan bersama-sama dengan mereka.” Tetapi Petrus menjelaskan segala sesuatu berturut-turut, katanya: “Aku sedang berdoa di kota Yope, tiba-tiba rohku diliputi kuasa ilahi dan aku melihat suatu penglihatan: suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya diturunkan dari langit sampai di depanku. Aku menatapnya dan di dalamnya aku lihat segala jenis binatang berkaki empat dan binatang liar dan binatang menjalar dan burung-burung. Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku: Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah! Tetapi aku berkata: Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan yang tidak tahir masuk ke dalam mulutku. Akan tetapi untuk kedua kalinya suara dari sorga berkata kepadaku: Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram! Hal itu terjadi sampai tiga kali, lalu semuanya ditarik kembali ke langit. Dan seketika itu juga tiga orang berdiri di depan rumah, di mana kami menumpang; mereka diutus kepadaku dari Kaisarea. Lalu kata Roh kepadaku: Pergi bersama mereka dengan tidak bimbang! Dan keenam saudara ini menyertai aku. Kami masuk ke dalam rumah orang itu, dan ia menceriterakan kepada kami, bagaimana ia melihat seorang malaikat berdiri di dalam rumahnya dan berkata kepadanya: Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus. Ia akan menyampaikan suatu berita kepada kamu, yang akan mendatangkan keselamatan bagimu dan bagi seluruh isi rumahmu. Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu ke atas kita. Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?” Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: “Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 42:2-3; 43:3-4

Ref. Jiwaku, haus, pada-Mu Tuhan, ingin melihat wajah Allah.
Atau Jiwaku haus akan Allah, akan Allah yang hidup!

  1. Seperti rusa merindukan sungai berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus akan Allah, akan Allah yang hidup! Bilakah aku boleh datang melihat Allah.

  2. Suruhlah terang dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-gunung yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!

  3. Maka aku dapat pergi ke mezbah Allah, menghadap Allah, sukacita dan kegembiraanku, dan bersyukur kepada-Mu dengan kecapi, ya Allah, ya Allahku!

BAIT PENGANTAR INJIL:

U :  Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (Yoh 10:14) Akulah gembala yang baik, sabda Tuhan, Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 10:11-18

“Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.“

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada orang Farisi, “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan, dan tidak memperhatikan domba-domba itu. 

Akulah gembala yang baik. Aku mengenal domba-domba-Ku, dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. 

Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga; mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. 

Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya daripada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ

Vivat cor Iesu per cor Mariae. Terpujilah Hati Yesus melalui hati Maria.

Sahabat Resi Dehonian yang dicintai dan mencintai Hati Kudus Yesus.. Jumpa Kembali Bersama Saya, Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Palembang dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Senin, 01 Mei 2023, Hari Senin Pekan ke empat Paskah. Kita memasuki bulan Mei yang oleh Gereja didedikasikan untuk menghprmati Bunda Maria, maka bersama Maria mari kita semakin mengenal Yesus sang Gembala Yang Baik. 

Maka Tema Resi kita kali ini adalah: Gembala yang baik”. Mari kita persiapakan hati untuk mendengarkan bacaan hari ini. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Para Sahabat Resi Dehonian yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Bacaan hari minggu panggilan kemarin Tuhan Yesus memperkenalkan diri sebagai Pintu kepada domba-domba-Nya yang memberikan keselamatan dan berkat melimpah bagi domba-domba-Nya, Dia adalah satu-satunya pintu menuju keselamatan kekal. Dan hari ini Tuhan Yesus memperkenalkan diri sebagai Gembala Yang baik. Tuhan menyebutkan bahwa ada dua kriteria sebagai seorang Gembala yang Baik:

  1. Gembala yang baik memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya. Tuhan Yesus tidak hanya berbicara namun Dia sungguh membuktikan diri-Nya sebagai Gembala yang baik yang menyerahkan Nyawa-Nya untuk menebus dosa-dosa kita. Tidak seperti para gembala upahan, yang akan melarikan diri jika doma-domba peliharaannya diincar bahaya maut. Gembala yang baik selalu siap sedia berkurban bagi domba-dombanya. Itulah yang terjadi pada Tuhan Yesus Sang Gembala Baik kita, Dia Rela Mati di kayu salib mengganti hukuman dos akita di kayu salib, seharusnya kita layak mendapat hukuman akibat dosa-dosa kita yaitu maut, namun Tuhan telah menebusnya dengan Nyawa-Nya sendiri.

  2. Gembala yang baik mengenal domba-domba-Nya. Meskipun kelihatannya domba-domba sama dan beragam dan dengan jumlah yang banyak, namun Sang Gembala mengenal persis setiap domba-dombanya, mengenal segala kekawatiran, kecemasan, kebahahagiaan, dan segala kebutuhan domba-dombanya. Bukankah ini indah dan meneguhkan kita, bahwa Tuhan Yesus mengenali kita dan segala kebutuhan kita. Yang menarik adalah, Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa domba-domba-Nya juga mengenal-Nya… Yang menjadi pertanyaan bagi kita sekarang adalah, sejauh mana kita mengenal Tuhan Yesus Sang Gembala Baik kita? Mengenal tidak hanya tahu siapa Dia tetapi juga meneladan segala tindakan-Nya dan menuruti segala perintah-Nya.

Para Sahabatku, saudari-saudara yang dikasihi Tuhan, mari kita berusaha untuk semakin mengenal Tuhan Yesus Sang Gembala kita, dengan membaca, mendengarkan, merenungkan Sabda-Nya dalam Kitab Suci, serta melalui pelajaran hidup kita sehari-hari dan mempraktikan ajaran cinta kasih-Nya dalam hidup yang Nyata.

Semoga Hati Yesus semakin merajai hati kita sehingga kita dimampukan untuk mengenali Gembala kita yang utama dan meneladan segala tindakan-Nya dalam hidup sehari-hari kita. Tuhan memberkati. Berkah dalem. Dalam Nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN: ⁣

Allah Bapa sumber sukacita abadi, terimalah kiranya persembahan Gereja-Mu, yang sedang bergembira dan kurniakanlah sukacita abadi kepada kami. Demi Kristus, ….⁣⁣

ATAU: ⁣

Allah Bapa Gembala umat manusia, jadikanlah kami umat-Mu, kawanan domba-domba-Mu, yang Kaugembalakan dengan perantaraan Yesus Putra-Mu, dan anugerahkanlah roti anggur ini kepada kami sebagai bekal dalam perjalanan kami. Demi Kristus, ….⁣

ANTIFON KOMUNI  — Yohanes 20:19⁣

Ref. Yesus berdiri di tengah-tengah para murid dan berkata, “Salam damai bagimu sekalian!” Aleluya.⁣

DOA SESUDAH KOMUNI⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber pembaharuan hidup, Engkau telah  membaharui kami dengan sakramen-Mu. Maka kami mohon, pandanglah kami dengan rela, dan bangkitkanlah kami untuk hidup mulia. Demi Kristus, ….⁣⁣

ATAU: ⁣

Allah Bapa Gembala utama, barangsiapa mengetuk pintu, takkan dibiarkan saja. Maka, dengarkanlah kami yang mohon cahaya terang dan kebenaran demi Yesus, Gembala kami, yang telah mendahului kami menghadap Engkau, dan kini hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment