Kamis, 22 Juni 2023 – Hari Biasa Pekan XI

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas SCJ Cipinang-Cempedak Jakarta Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

 

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 111:34

Agung dan semaraklah karya Tuhan, keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-Nya yang agung pantas dikenang. Tuhan itu pengasih dan penyayng.

PENGANTAR: 

Pelayanan Paulus tanpa pamrih terhadap umat di Korintus me rupakan jaminan kebenaran wartanya. Bila para murid mohon diajar berdoa, maka Yesus mengajarkan doa ‘Bapa kami’, doa para putra dan putri Allah yang siap sedia untuk saling meng ampuni.

DOA PEMBUKA

Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, bagaimana kami dapat berdoa kepada-Mu, kalau bukan Engkau sendiri yang meletakkan kata-kata pada lidah kami. Semoga kami selalu terbuka terhadap bisikan Roh-Mu dan ajarilah kami mengenal nama-Mu. Demi Yesus Kristus, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat kedua Rasul Paulus kepada umat di Korintus 11:1-11

“Aku mewartakan Injil kepadamu dengan cuma-cuma.”

Saudara-saudara, alangkah baiknya, jika kalian sabar terhadap kebodohanku yang tidak seberapa. Dan memang kalian sabar terhadap aku! Sebab aku cemburu kepadamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kalian kepada satu pria untuk membawa kalian sebagai perawan suci kepada Kristus. Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiranmu disesatkan dari kesetiaanmu yang sejati kepada Kristus, sebagaimana Hawa diperdaya oleh ular dengan kelicikannya. Sebab kalian sabar saja, jika ada seseorang datang mewartakan Yesus yang lain daripada yang telah kami wartakan, atau memberikan kepadamu roh yang lain daripada yang kalian terima, atau Injil yang lain daripada yang telah kalian terima. Padahal menurut pendapatku sedikitpun aku tidak kurang dibanding rasul-rasul yang tiada taranya itu. Andaikata aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan. Sebab kami telah menyatakannya kepadamu pada segala waktu dan di dalam segala hal. Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kalian, karena aku mewartakan Injil Allah kepadamu dengan cuma-cuma? Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, agar aku dapat melayani kalian. Dan ketika aku dalam kekurangan di tengah-tengahmu, aku tidak menyusahkan seorang pun. Sebab apa yang kurang padaku, dicukupi oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia. Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagimu. Dan aku akan tetap berbuat demikian. Demi kebenaran Kristus dalam diriku, aku menegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapapun di daerah-daerah Akhaya. Mengapa tidak? Apakah karena aku tidak mengasihi kalian? Allah mengetahuinya!
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 111:1-2.3-4.7-8

Ref. Adil dan benarlah karya tangan-Mu ya Tuhan.

  1. Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.

  2. Agung dan semaraklah pekerjaan-Nya, keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang.

  3. Perbuatan tangan-Nya ialah kebenaran dan keadilan, segala titah-Nya teguh; perintah-Nya kokoh lestari untuk selamanya, dilakukan dalam kebenaran dan kejujuran.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Rm 8:15) Kalian akan menerima roh pengangkatan menjadi anak, dalam roh itu kita akan berseru, “Abba, ya Bapa.”

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 6:7-15

“Berdoalah kalian demikian.”

Dalam khotbah di bukit, berkatalah Yesus, “Bila kalian berdoa janganlah bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka doanya akan dikabulkan karena banyaknya kata-kata. Jadi janganlah kalian seperti mereka. Karena Bapamu tahu apa yang kalian perlukan, sebelum kalian minta kepada-Nya. Maka, berdoalah kalian demikian: Bapa kami, yang ada di surga, dimulakanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu di atas bumi sperti di surga. Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan. Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin. Karena, jikalau kalian mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di surga akan mengampuni kalian pula. Tetapi jikalau kalian tidak mengampuni orang, Bapamu pun tidak akan mengampuni kesalahanmu.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Terpijilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Saudari-saudara yang dicintai Hati Kudus Yesus.. Salam jumpa dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Kamis, 22 Juni 2023, Pekan Biasa kesebelas. Bersama Saya, Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas SCJ Cipinang-Cempedak Jakarta Indonesia.

Semoga Belas Kasih dan Kerahiman dari Hati Yesus yang Maha Kudus memberkati anda semua. Amin. Tema Resi kita kali ini adalah: “Berdoa.” Namun sebelumnya, mari kita persiapakan hati dan kita awali permenunga kita dengan tanda kemenangan kristus. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus..

Saudari-saudara yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Hari ini kita mendengar pengajaran Tuhan Yesus tentang berdoa. Doa merupakan hal yang paling pokok dalam kehidupan beragama, termasuk kita yang beragama kristiani. Tuhan Yesus dengan cara yang sederhana mengajari kita bagaimana berdoa yang baik dan benar. Lalu bagaimana pengajaran tentang doa menurut Tuhan Yesus?

  1. Sikap berdoa. Tuhan menghendaki kita berdoa dengan penuh iman dan kepercayaan, percaya bahwa Tuhan memahami kebutuhan kita bahkan yang tidak kita ketahui sekalipun. Maka doa tidak perlu bertele-tele dan panjang-panjang karena Tuhan sudah tahu apa yang kita butuhkan. Doa menjadi relasi pribadi kita dengan Tuhan, maka hendaklah berdoa ditempat yang tersembunyi, supaya tidak dilihat orang atau hanya sekedar pamer saja, tetapi supaya kita bisa focus pada Tuhan Sumber kehidupan kita.

  2. Isi dari do akita. Doa Bapa Kami, merupakan contoh yang diajarkan oleh Tuhan Yesus apa yang menjadi pokok dalam doa orang Kristen itu. Dalam doa Bapa Kami mengandung makna yang mendalam, yaitu agar dalam doa kita selalu memuliakan nama Bapa. Kita juga mohon agar kerajaan Allah tercipta di bumi ini, kerajaan yang damai, aman, sejahtera, penuh kasih, dll. Kita juga memohon agar kehendak Tuhanlah yang terjadi dalam hidup kita. Baru kemudian kita mohon untuk hidup kita yaitu rejeki, pengampunan, dan pembebasan dari kejahatan. Namun yang paling penting, dalam doa Bapa kami, Tuhan Yesus mengajarkan bahwa Allah adalah Bapa bagi umat-Nya, ‘Pribadi Yang Dekat dan Menyapa’ kepada umat-Nya. Maka kalua kita berdoa, pertama-tama demi memuliakan Bapa bukan hanya untuk kepentingan kita saja.  

  1. Hal mengampuni. Secara khusus Tuhan Yesus menekankan tentang pengampunan. Karena kita adalah anak-anak Bapa, maka kita semua saudara satu sama lain, perlu saling peduli satu-sama lain. Tetapi sebagai manusia kita bisa bersalah dan melukai sesama kita. Maka sebagai pengikut Kristus, kita harus mampu mengakui kesalah kita dan bersedia meminta maaf, kita juga harus mau memaafkan kesalahan sesama kita. Alasannya adalah karena Bapa sudah terlebih dahulu mengampuni kesalahan kita.

Para sahabat, saudari-saudara yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Marilah kita tingkatkan hidup rohani kita dengan semakin mendekatkan diri kita dengan Bapa yang mencintai kita dengan doa-doa kita secara pribadi maupun bersama dalam keluarga, komunitas, maupun jemaat uman beriman. Kita sapa Allah kita dengan sebutan Bapa karena Dia memang Bap akita dan kita semua adalah anak-anak-Nya.

Semoga Hati Kudus Yesus senantiasa merajai hati sehingga kita semakin disempurnakan dalam hidup rohani kita dan semakin layak menjadi anak-anak Allah. Amin. Tuhan memberkati. Berkah Dalem. Dalam nama bapa dan putra dan roh kudus. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN: 

Allah Bapa tujuan hidup kami, perkenankanlah kami menyantap rezeki, yang telah dijanjikan kepada para leluhur. Maka berikanlah kiranya rezeki itu untuk bekal dalam perjalanan kami. Demi Kristus, ….

MAZMUR TANGGAPAN – Mazmur 97:1

Tuhan adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorai dan banyak pulau bersukacita!

DOA SESUDAH PERSEMBAHAN: 

Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, Engkau tahu betul apa yang kami perlukan sebelum kami memohonnya. Bila kami berkumpul atas nama-Mu, berkenanlah kiranya Engkau hadir di tengah-tengah kami sebagai Allah dan Bapa kami. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

2 Comments

  • Herlin Juni 22, 2023 at 5:49 am

    Amin

    Reply
  • Firmus dega Juni 22, 2023 at 9:53 am

    Makasih Br

    Reply

Leave a Comment