Sabtu, 21 Oktober 2023 – Hari Biasa Pekan XXVIII

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas SCJ Cipinang-Cempedak Jakarta Indonesia

 
 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Lukas 12:8

Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Putra Manusia di depan para malaikat.

PENGANTAR:

Ketika Yesus menerima kita sebagai milik-Nya dalam pembaptisan, kita memperoleh Roh-Nya. Roh itulah yang mendorong kita untuk pasrah total dalam hidup kita. Bila kita tidak memperhatikan bisikan Roh, maka Roh akan kecewa. Bila hidup kita bertentangan dengan janji kita, kita malahan mengusir Roh Kudus. Itulah dosa yang paling berat menurut Injil. Semoga kita patuh setia pada iman dan harapan kita seperti Abraham.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami, sumber iman kepercayaan, limpahkanlah kiranya iman Abraham hamba-Mu kepada kami. Dialah yang mewakili para bangsa memperoleh pujian dan berkat-Mu. Semoga kami selalu patuh setia akan sabda janji-Mu. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma 4:13.16-18

“Sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, Abraham berharap dan percaya.”

Saudara-saudara, bukan karena hukum Taurat, Abraham dan keturunannya diberi janji bahwa mereka akan memiliki dunia, melainkan karena kebenaran atas dasar iman. Kebenaran yang berdasarkan iman itu merupakan kasih karunia belaka. Maka janji kepada Abraham itu berlaku bagi semua keturunannya, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, melainkan juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab di hadapan Allah Abraham adalah bapa kita semua seperti ada tertulis, “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapak banyak bangsa.” Kepada Allah itulah Abraham percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang dengan sabda-Nya menciptakan yang tidak ada menjadi ada. Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, Abraham toh berharap dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, sebab Allah telah bersabda kepadanya, “Begitu banyaklah nanti keturunanmu.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 105:6-7.8-9.42-43

Ref. Selamanya Tuhan ingat akan perjanjian-Nya.

  1. Hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya!! Dialah Tuhan, Allah kita, ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi.

  2. Selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya, akan firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan; akan perjanjian yang diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak.

  3. Sebab Tuhan ingat akan firman-Nya yang kudus, yang disampaikan-Nya kepada Abraham, hamba-Nya. Ia menuntun umat-Nya keluar dengan kegirangan, dan orang-orang pilihan-Nya dengan sorak-sorai.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : (Yoh 15:26b.27a) Roh Kebenaran akan memberi kesaksian tentang Aku, dan kalian pun harus memberi kesaksian, sabda Tuhan.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 12:8-12

“Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kamu katakan.”

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni. Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. Apabila kalian dihadapkan kepada majelis atau pemerintah, atau penguasa, janganlah kalian kuatir bagaiman dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kalian katakan.”
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. 

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Resi Dehonian yang dicintai dan mencintai Hati Kudus Yesus.. Salam jumpa Bersama Saya, Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Rumah SCJ Cipinang Cempedak Jakarta Timur dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Sabtu, 21 Oktober 2023, Masa Biasa Pekan ke 28.

Tema Resi kita kali ini adalah: “Mengakui Yesus”. Marilah kita mempersiapkan hati untuk mendengarkan bacaan hari ini. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin 

Para Sahabatku, saudari-saudara yang diksihi dan mengasihi hati Yesus. Injil hari ini kita mendengar penyataan tegas Tuhan  Yesus, bahwa barang siapa mengakuiNya maka Tuhan Yesus sendiri akan mengakui orang tersebut di depan para malaikat. Tuhan Yesus juga dengan tegas mengatakan bahwa barang siapa menghujat Roh Kudus maka dosanya tidak diampuni. Tuhan Yesus juga mengangkat para murid-Nya sebagai sahabat-sahabatNya. Nah para sahabat apa yang bisa kita refleksikan dari bacaan injil hari ini? Saya menawarkan 3 hal saja. 

  1. Tugas kita yang mengakui diri sebagai murid Yesus adalah mengakui TUhan Yesus dengan penuh iman dan kepecrayaan bahwa Dia adalah juru selamat kita. Kongkritnya misalnya: Dengan sukacita dan berani mengakui diri sebagai orang Kristiani misalnya berani membuat tanda salib di depan umum; berani bersharing di depan umum saat dibutuhkan mengenai kebaikan Tuhan dalam hidup kita; menjungjung tinggi nilai-nilai kristiani yang diajarkan oleh Tuhan Yesus; membantu sesame yang menderita; dll.

  2. Orang yang tegar hatinya tidak mau bertobat bahkan menyangkal Tuhan sama saja dengan menghujat Roh Kudus maka dosanya tidak diampuni. Ketegaran hati semacam itu dapat menyebabkan sikap yang tidak bersedia bertobat sampai pada saat kematian dan dapat menyebabkan kemusnahan abadi. Menghujat Roh Kudus sama saja menghujat Allah atau tidak mengakui Allah sebagai Dia yang menyelamatkan.

  3. Tuhan menjadikan para murid-Nya dan kita semua pengikut-Nya menjadi sahabat Yesus. Sebagai seorang sahabat, Tuhan Yesus akan mengutus Roh Kudus-Nya untuk menyelamtkan dan melindungi kita, asal kita percaya dan berpasrah kepada-Nya, karena Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita sendirian.

Nah para sahabat, saudari-saudara yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus. Marilah kita membuka hati kita agar kita semakin dekat dengan-Nya dan menerima kasih dan karunia-Nya yaitu Roh Kudus-Nya untuk mendampingi hidup kita.

Semoga Hati Kudus Yesus semakin merajai hati kita. Amin.  Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin. Tuhan memberkati.. Berkah Dalem.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa kami di surga, berkenanlah menerima iman kami akan Yesus Putra-Mu, yang kini kami rayakan hidup, wafat dan kebangkitan-Nya dalam roti anggur ini, dan yang semangat hidup-Nya amat kami dambakan. Sebab Dialah ….

ANTIFON KOMUNI – Lukas 12:12

Roh Kuduslah yang akan mengajarkan kepadamu, apa yang harus kamu katakan.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa:  Allah Bapa kami yang mahabaik, kami mengucap syukur atas iman yang telah Kautunjukkan dalam diri Abraham, leluhur kami. Kami mengucap syukur atas Putra perjanjian, ialah Yesus Mesias, yang telah membela kami sampai wafat di salib. Kami mohon, perkenankanlah kami mengimani Engkau, menantikan janji-Mu dan menyayangi sabda-Mu. Demi Kristus ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment