Sabtu, 18 November 2023 – Hari Biasa Pekan XXXII

Rm. Yohanes Sigit Winarno SCJ dari Komunitas SCJ Paroki St. Petrus Kenten Palembang Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI: 

ANTIFON PEMBUKA:

Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, kisahkanlah segala mukjizat-Nya. Berbanggalah atas nama-Nya yang kudus, bergembiralah kamu semua yang mencari Tuhan.

PENGANTAR:

Yesus tidak banyak berbicara tentang doa kita. Ia mengajarkan doa Bapa Kami dan mendorong kita untuk terus berdoa. Ia memusatkan perhatian pada kehendak Bapa-Nya dan minta kepada kita, agar mempersilakan Bapa-Nya bersabda serta menjelaskan rencana-Nya kepada kita. Orang yang tahu menyibukkan Dia, akan selalu kembali kepada-Nya dan mendengarkan sabda-Nya.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami di surga, perkenankanlah kami selalu dan di mana saja bersedia mendengarkan sabda-Mu, yang mengajak kami menaruh belas kasih, bantu-membantu dan menjadi sumber sukacita bagi sesama. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Kebijaksanaan 18:14-16;19:6-9

“Jalan tanpa rintangan muncul di Laut Merah, dan rakyat melonjak-lonjak bagaikan anak domba.”

Ketika segalanya diliputi sunyi senyap dan malam telah mencapai puncak peredarannya yang cepat maka sabda-Mu, yang mahakuasa, laksana pejuang yang garang, melompat dari dalam surga, dari atas takhta kerajaan ke tengah-tengah negeri yang celaka. Bagaikan pedang yang tajam dibawanya perintah-Mu yang lurus. Sambil berdiri tegak ia memenuhi seluruh negeri dengan maut. Ia menjamah langit sambil berdiri di bumi. Sungguh dengan taat kepada perintah-Mu seluruh tata ciptaan diubah sama sekali, supaya anak-anak-Mu jangan sampai mendapat celaka. Maka nampaklah awan membayangi perkemahan, tanah kering muncul di tempat yang tadinya berair, jalan tanpa rintangan muncul dari Laut Merah, dan lembah kehijau-hijauan timbul dari empasan ombak yang hebat. Di bawah lindungan tangan-Mu seluruh bangsa melewati tempat itu, seraya melihat pelbagai tanda yang menakjubkan. Mereka pergi seperti kuda menuju padang rumput, dan melonjak-lonjak bagaikan anak domba, sambil memuji Engkau, ya Tuhan, yang telah menyelamatkan mereka.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 105:2-3.36-37.42-43

Ref. Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan Tuhan.

  1. Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib! Bermegahlah dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.

  2. Dibunuh-Nya anak-anak sulung di seluruh negeri, pangkal segala kegagahan mereka: Ia menuntun umat-Nya keluar membawa perak dan emas, dan di antara suku-suku mereka tidak ada yang tergelincir.

  3. Sebab Ia ingat akan firman-Nya yang kudus, yang disampaikan-Nya kepada Abraham, hamba-Nya. Ia menuntun umat-Nya keluar dengan kegirangan, dan orang-orang pilihan-Nya dengan sorak sorai.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : (2Kor 8:9) Allah memanggil kita agar kita memperoleh kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 18:1-8

“Bukankah Allah akan membenarkan pada pilihan-Nya yang berseru kepada-Nya?”

Pada suatu ketika Yesus menceritakan suatu perumpamaan kepada murid-murid-Nya untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemunya. Ia berkata, “Di suatu kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati siapa pun. Di kota itu ada pula seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata, ‘Belalah hakku terhadap lawanku’. Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi ia kemudian berkata dalam hatinya, ‘Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati siapa pun, namun karena janda ini menyusahkan daku, baiklah aku membenarkan dia, supaya ia jangan terus menerus datang dan akhirnya menyerang aku.” Lalu Yesus berkata, “Camkanlah perkataan hakim yang lalim itu! Bukankah Allah akan membenarkan para pilihan-Nya, yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? Aku berkata kepadamu, ‘Ia akan segera menolong mereka’. Akan tetapi jika Anak Manusia datang, adakah Ia menemukan iman di bumi ini?”
Demikianlah Injil Tuhan!
U. Terpujilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Yohanes Sigit Winarno SCJ

Vivat Cor Iesu Per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Bapak, ibu, saudara-saudari, rekan-rekan muda, anak-anak dan para sahabat Resi yang saya kasihi di dalam Yesus Kristus. Salah satu hal yang sering dilakukan seorang anak adalah meminta sesuatu pada orangtua. Kegigihan seorang anak dalam meminta seringkali membuat orang tua cepat luluh. Mungkin hari ini permintaan belum dikabulkan, mungkin besok pun belum, tapi ketika si anak meminta dengan baik-baik dan tidak jemu-jemu, hati orang tua cepat atau lambat akan luluh. Dengan penuh kesabaran anak tak goyah untuk terus memohon pada ibu atau bapaknya.

Apa yang Tuhan Yesus sampaikan dalam Injil hari ini begitu jelas, di mana “Yesus mengatakan suatu perumpamaan untuk menegaskan, bahwa kita harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu” (Lukas 18:1). Yesus mengajarkan bagaimana kita sebagai anak-anak Allah sebaiknya terus berdoa siang dan malam tanpa putus asa.

Dalam menghadapi masalah-masalah hidup, seberapa besar kesabaran kita dalam berharap pada Tuhan? Seringkali ketidaksabaran menjadi penghalang terbesar bagi kita untuk menerima janji-janji Tuhan. Awalnya mungkin kita terus berdoa dengan rajin, tapi ketika jawaban tidak kunjung datang, intensitas doa pun menurun, bahkan mungkin pada satu saat berhenti total. Sebagian orang akan segera mencari alternatif-alternatif lain akibat merasa kecewa kepada Tuhan. Ada juga orang yang menganggap doa seperti mengirim paket permintaan semata. Bila butuh baru berdoa. Setelah mendapat, doa tidak dibutuhkan lagi. Padahal doa merupakan sarana bagi kita untuk berhubungan dengan Tuhan. Semakin rajin kita berdoa, hubungan kita akan semakin dekat dan semakin peka terhadap suara-Nya.

Bapak, ibu, saudara-saudari, rekan-rekan muda, anak-anak dan para sahabat Resi yang saya kasihi di dalam Yesus Kristus. Bertekun dalam doa dengan tidak jemu-jemu tidak akan pernah sia-sia. Memang ada kalanya jawaban Tuhan datang tidak dengan segera. Mungkin waktunya belum tepat, atau Tuhan ingin melihat keteguhan dan ketekunan kita. Karena itu, mari belajar bersabar dalam pengharapan. Jangan hanya menjadikan doa tempat untuk meminta tetapi juga cara kita membangun hubungan akrab dengan Tuhan. Tuhan memberkati.

DOA PERSEMBAHAN:

Allah Bapa kami di surga, berkat sabda-Mu roti anggur menjadi Yesus Mesias, yang menjadi rezeki kami dan meminta agar kami saling menaruh cinta kasih. Kami mohon, semoga selalu kami patuh setia akan sabda-Mu itu. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI – Kebijaksanaan 18:14

Ketika segalanya diliputi kesunyian dan malam mencapai puncak peredarannya turunlah sabda-Mu yang kuasa, ya Tuhan, dari surga, dari singgasana kerajaan.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, orang-orang yang mencari keadilan memperoleh sabda penghiburan dan pengharapan dalam diri Yesus, Putra-Mu terkasih. Kami mohon, semoga sabda-Nya membuat puas hati kami, sebab memang demikian itulah cara yang Kaukehendaki untuk bersatu dengan kami. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

1 Comment

  • Yufita Barito November 18, 2023 at 6:43 am

    Makasih Romo untuk renungannya

    Reply

Leave a Comment