Kamis, 20 Juni 2024 – Hari Biasa Pekan XI

Rm. FX Joko Susilo SCJ dari Komunitas SCJ Bogotá – Kolombia

 
 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 97:6

Langit memberitakan keadilan Tuhan, dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.

PENGANTAR:

Terdorong oleh Roh Allah, para nabi melaksanakan tugasnya dengan berani. Bencana yang diwartakan dan rintangan-rintangan yang mereka hadapi, tidak mematahkan niat untuk berbakti kepada Tuhan. Roh Allah yang sama itulah yang membantu kita berdoa, agar datanglah kerajaan Allah. Pula untuk memaafkan sesama, bahkan lawan-lawan dan mereka yang membenci kita.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami di surga, perkenankanlah kami menyapa nama-Mu sebagaimana dilakukan Putra-Mu terkasih. Semoga kami dapat menghayati, bahwa Engkaulah Bapa kami dan kami saling bersaudara karena se-Bapa. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Putera Sirakh 48:1-14

“Elia terangkat dalam badai, dan Elisa dipenuhi dengan rohnya.”

Dahulu kala tampillah Nabi Elia, bagaikan api; sabdanya membakar laksana obor. Dialah yang mendatangkan kelaparan atas orang Israel dan karena geramnya, jumlah mereka dijadikannya sedikit. Atas firman Tuhan langit dikunci olehnya, dan api diturunkannya sampai tiga kali. Betapa mulialah engkau, hai Elia, dengan segala mukjizatmu! Siapa dapat memegahkan diri sama dengan dikau? Orang mati kaubangkitkan dari alam arwah dan dari dunia orang mati dengan sabda Yang Mahatinggi. Raja-raja kauturunkan sampai jatuh binasa, dan orang-orang tersohor kaujatuhkan dari tempat tidurnya. Teguran kaudengar di Gunung Sinai, dan di Gunung Horeb keputusan untuk balas dendam. Engkau mengurapi raja-raja untuk menimpakan balasan, dan nabi-nabi kauurapi menjadi penggantimu. Dalam olak angin berapi engkau diangkat, dalam kereta dengan kuda-kuda berapi. Engkau tercantum dalam ancaman-ancaman tentang masa depan untuk meredakan kemurkaan sebelum meletus, dan mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub. Berbahagialah orang yang telah melihat dikau, dan yang meninggal dalam kasih, sebab kami pun pasti akan hidup. Elia ditutupi dengan olak angin, tetapi Elisa dipenuhi dengan rohnya. Selama hidup Elisa tidak gentar terhadap seorang penguasa, dan tidak seorang pun menaklukkannya. Tidak ada sesuatu pun yang terlalu ajaib baginya, bahkan di kubur pun jenazahnya masih bernubuat. Sepanjang hidupnya ia membuat mukjizat, dan malah ketika meninggal pekerjaannya menakjubkan.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 97:1-2.3-4.5-6.7

Ref. Segala bangsa bertepuk tanganlah berpekiklah untuk Allah raja semesta.

  1. Tuhan adalah Raja. Biarlah bumi bersorak-sorai, biarlah banyak pulau bersukacita! Awan dan kekelaman ada di sekeliling-Nya, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.

  2. Api menjalar di hadapan-Nya, dan menghanguskan para lawan di sekeliling-Nya. Kilat-kilat-Nya menerangi dunia, bumi melihatnya dan gemetar.

  3. Gunung-gunung luluh laksana lilin di hadapan Tuhan, di hadapan Tuhan semesta alam. Langit memberitakan keadilan-Nya dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.

  4. Akan mendapat malulah semua orang yang beribadah kepada patung, orang yang memegahkan diri karena berhala-berhala; segala dewata sujud menyembah Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : Kalian akan menerima roh pengangkatan menjadi anak, dalam roh itu kita akan berseru, “Abba, ya Bapa”.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 6:7-15

“Berdoalah kalian demikianlah.”

Dalam khotbah di bukit berkatalah Yesus, “Bila kalian berdoa janganlah bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka doanya akan dikabulkan karena banyaknya kata-kata. Jadi janganlah kalian seperti mereka. Karena Bapamu tahu apa yang kalian perlukan, sebelum kalian minta kepada-Nya. Maka berdoalah kalian demikian, ‘Bapa kami, yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di surga. Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan. Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.’ Karena, jikalau kalian mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di surga akan mengampuni kalian pula. Tetapi jikalau kalian tidak mengampuni orang, Bapamu pun tidak akan mengampuni kesalahanmu.”
Demikianlah Sabda Tuhan!
U. Terpujilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. FX Joko Susilo SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus Melalui Hati Maria.

Sahabat pendengar ReSi Dehonian yang terkasih, Yesus, melalui Injil hari ini dengan jelas menyampaikan kepada kita bahwa doa 3 model doa Yesus. Pertama adalah sebuah relasi, relasi khas. Yesus berkata,”Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang ada di sorga…”. Doa ini menyatakan bahwa kita adalah anaknya, kita punya Ayah, Bapak, Papi, Papa, Abba. Kita boleh berdoa dan memanggil-Nya kapanpun dan dimanapun. Yesus membantu kita memahami bahwa tak seorangpun adalah hamba, tak seorangpun adalah yatim, tanpa kecuali kita semua adalah anak yang terkasih. Tak perlu merayu ayah kita dengan banyaknya kata, Allah tak memerlukan banyak kata. Hanya satu kata,”Bapa!”, dan Allah akan melihat kita anak-Nya yang sedang membutuhkan-Nya.

Kedua, katakanlah kepada Allah kamu…”Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajanMu, jadilah kehendakMu diatas bumi seperti di dalam sorga”. Yesus mengajak kita menimba rahmat kekudusan Allah menjadi rahmat kekudusanku, membiarkan kerajaan-Nya merajai hatiku dan menjadikan kehendakNya menjadi tujuan hidupku. Ini adalah sumber hidup interior, membiarkan Allah menyatakan kehendak-Nya dalam hidup kita, menjadikan-Nya Bapaku.

Ketiga adalah katakanlah kami…”Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Berilah kami rejeki: Allah menampilkan diri sebagai ayah yang merawat keluarga, bukan hanya aku tapi kami. Ampunilah kami, agar hidup dalam kasih pengampunan dan berilah kami kekuatan agar tak jatuh dalam pencobaan.

Sahabat pendengar ReSi Dehonian yang terkasih, semoga Sabda Tuhan tentang Doa Bapa kami menjadi oase kesegaran untuk memampukan kita hidup ber-relasi dengan Allah yang mendalam dan membuahkan hidup penuh kasih dengan sesama. Allah yang Maharahim melimpahkan berkatNya untuk kita hari ini : + Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN: 

Allah Bapa Raja mahamulia, semoga datanglah kerajaan-Mu dan jadilah kehendak-Mu berkat Dia yang telah memuliakan nama-Mu, ialah Yesus Putra-Mu, rezeki kehidupan kami. Yang hidup dan berkuasa sepanjang masa.

ANTIFON KOMUNI – Matius 6:14

Jikalau kalian mengampuni kesalahan orang, bapamu di surga akan mengampuni kalian pula.

DOA SESUDAH KOMUNI: 

Marilah berdoa: Allah Bapa Raja mahamulia, Engkau benar-benar mengasihani kami manusia, bila kami benar-benar saling memaafkan dengan tulus hati. Maka bebaskanlah kami dari segala cobaan. dan bimbinglah kami memasuki kerajaan-Mu. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment