Rabu, 05 Agustus 2020 – Biasa Pekan XVIII

Rm. FX Joko Susilo SCJ dari Komunitas SCJ Equador

ANTIFON PEMBUKA – Yeremia 31:10d

Tuhan menjaga kita seperti gembala menjaga kawanannya.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa Mahasetia, perkenankanlah kami menerima sabda-Mu, dan percaya akan janji-Mu, melalui yesus Mesias, sabda-Mu terakhir serta cahaya hidup kami. Yang hidup …..

BACAAN PERTAMA: Yeremia 31:1-7

Tuhan bersabda, “Aku akan menjadi Allah segenap kaum keluarga Israel dan mereka akan menjadi umat-Ku. Mereka mendapat kasih karunia di padang gurun yaitu bangsa yang terluput dari pedang. Israel berjalan mencari istirahat bagi dirinya; dan dari jauh Tuhan menampakkan diri kepadanya, ‘Aku mengasihi engkau dengan kasih yang abadi, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu. Aku akan membangun engkau kembali sehingga engkau pulih, hai anak dara Israel! Engkau akan menghiasi dirimu lagi dengan rebana, dan akan tampil dalam tarian sukaria. Engkau akan membuat kebun anggur lagi di gunung-gunung Samaria; dan orang-orang yang membuatnya akan memetik hasilnya pula. Sungguh, akan datang harinya para penjaga akan berseru di Gunung Efraim: Ayo, marilah kita naik ke Sion, menghadap Tuhan, Allah kita! Sebab beginilah sabda Tuhan: Bersorak-sorailah bagi Yakub dengan sukacita, bersukarialah atas pemimpin para bangsa! Kabarkanlah, pujilah dan katakanlah: Tuhan telah menyelamatkan umat-Nya, yakni sisa-sisa Israel.”

 

KIDUNG TANGGAPAN: Yeremia. 31:10,11-12ab,13

Ref. Tuhan menjaga kita seperti gembala menjaga kawanannya.

  1. Dengarlah firman Tuhan, hai bangsa-bangsa, dan beritahukanlah di tanah-tanah pesisir yang jauh, katakanlah: Dia yang telah menyerakkan Israel akan menghimpunnya kembali.

  2. Sebab Tuhan telah membebaskan Yakub, telah menebusnya dari tangan orang yang lebih kuat daripadanya. Mereka akan datang bersorak-sorai di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan Tuhan.

  3. Pada waktu itu anak-anak dara akan bersukaria menari beramai-ramai, orang muda dan orang-orang tua akan bergembira. Aku akan mengubah perkabungan mereka menjadi kegirangan, akan menghibur dan menyukakan mereka sesudah kedukaan.

 

BAIT PENGANTAR INJIL:

U: Alleluya
S: (Luk 7:16) Seorang nabi besar telah muncul di tengah kita, dan Allah mengunjungi umat-Nya.

 

BACAAN INJIL: Matius 15:21-28

Pada suatu hari Yesus menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang wanita Kanaan dari daerah itu dan berseru, “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud. Anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawab. Lalu para murid Yesus datang dan meminta kepada-Nya, “Suruhlah wanita itu pergi, sebab ia mengikuti kita sambil berteriak-teriak.” Jawab Yesus, “Aku diutus hanya kepada domba-domba umat Israel yang hilang.” Tetapi wanita itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata, “Tuhan, tolonglah aku!” Yesus menjawab, “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Kata wanita itu lagi, “Benar Tuhan, tetapi anjing-anjing pun makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Bersabdalah Yesus kepadanya, “Hai Ibu, sungguh besar imanmu! Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

 

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. FX. Joko Susilo SCJ

Vivat cor Jesus per cor Mariae…
ReSi Dehonian, Rabu 5 Agustus 2020 bersama saya Rm. FX. Joko Susilo scj dari Komunitas SCJ Ekuador.
Saudara-saudariku, saya tertarik merenungkan kata-kata Yesus dalam perikopa ini, “Hai ibu, besar imanmu! Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki”. Sebesar apa sebenarnya iman ibu dari Kanaan ini? Ibu dari Kanaan ini mempunyai iman yang besar karena pertama berdasar dari kasihnya yang besar akan anaknya. Dia memohonkan kesembuhan anak perempuannya yang kerasukan setan kepada Yesus. Ketika para murid ingin mengusir ibu ini, justru dia semakin mendekat dan penuh semangat menyembah Yesus dan memohon pertolongan kepada-Nya. Dia sungguh mengasihi anaknya, demikian juga dia sungguh memasrahkan kepada Yesus. Ibu dari Kanaan ini sungguh yakin bahwa Yesus akan berkenan menyembuhkan anaknya.
Kedua kebesaran iman ibu ini nampak dalam hatinya yang besar. Yesus sama sekali tidak menjawab permohonan ibu Kanaan ini, para murid bahkan mau mengusirnya. Yesus juga mengatakan kata-kata yang tajam,”Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Namun ibu ini dengan kasihnya yang begitu besar, akhirnya mampu membesarkan hatinya untuk mampu menyadari dirinya memang tak layak, dan sekaligus mampu menerima setiap kata-kata atau sikap yang tidak mengenakkan baginya dari orang lain. Ibu itu merespon perkataan Yesus dengan penuh kerendahan hati dan harapan besar,”Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” 
Tuhan Yesus, terima kasih atas setiap belaskasih-Mu kepada kami. Seperti ibu dari Kanaan ini, Engkau selalu terbuka hati untuk menerima kami apa adanya. Semoga kami pun juga selalu mampu mempunyai iman yang besar sehingga semakin terbuka hati untuk melayani sesama kami apa adanya. Engkaulah Tuhan kami kini dan sepanjang masa. Amin.

 

DOA PERSEIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa Mahapengasih, kami bersyukur karena Engkau telah menunjukkan belaskasihMu kepada kami dalam diri Yesus Mesias. Semoga sabda-Mu menghilangkan lapar kami akan keadilan dan semoga hidup kami dapat membawa kedamaian. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin

 

ANTIFON KOMUNI – Yer. 31:7

Kabarkanlah, pujilah, dan katakanlah: Tuhan telah menyelamatkan umat-Nya, yakni sisa-ssa Israel.

 

DOA PENUTUP:

Marilah berdoa: Allah Bapa Mahapengasih dan Penyayang, kami bersyukur atas anugerah kesehatan yang Kaulimpahkan kepada kami berkat sabda kedamaian, ialah Yesus Putera-Mu. Semoga karena Dia, dunia dapat bernafas lagi. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami. Amin.

3 Comments

  • Lily Kandou n klg Agustus 5, 2020 at 2:26 am

    Senang bisa mendengar suara rm serta khotbahnya
    Kl bisa lbh sering,tentu bisa lebih senang.Dalam rindu dr keluarga Kandou.

    Reply
    • Ratnawati Agustus 5, 2020 at 4:15 am

      Hallo Rm Lilo, sehat ya ! Gimana sana menghadapi si Covid ? Kami rindu kegereja, rindu menyambut Tuhan Yesus secara sakramental. Salam dari Kelrg Benny-Ratna.

      Reply
      • Eveline Petrus Agustus 7, 2020 at 11:34 pm

        Senang sekali bisa mendengar suara Romo. Sering2 ya Romo.
        Salam hangat dari klg Petrus-Eveline

        Reply

Leave a Comment