Minggu, 16 Agustus 2020 – Rena Dehonian

Rm. Chistoforus Wahyu Tri SCJ dari Komunitas SCJ Pondok Kristofel Jambi Indonesia

 

Kemuliaan Maria

Hari Raya St Perawan Maria Diangkat

Ke Surga

Bacaan : Why 11:19a, 12:1.3-6a

Ya namamu Maria, bunda yang kucinta
Merdu menawan hati, segala anakmu
Patutlah nama itu hidup di batinku
Dan nanti kuucapkan di saat ajalku

Ya nama yang keramat perisai hidupku
Dengan nama Maria aku pasti menang
Patutlah nama itu hidup di batinku
Dan nanti kuucapkan di saat ajalku

 

Halo adik-adik apa kabar? Hebat-hebat hebat…

Baru saja romo menyanyikan lagu di awal acara rena, renungan anak dehonian. Kalian tentu tahu lagu untuk menghormati ibu Maria tadi bukan?

Romo tadi menyanyikan lagu itu karena pada hari ini kita, umat katolik, merayakan hari raya santa perawan Maria diangkat ke surga. Ibunda Tuhan Yesus yang sangat baik dan taat kepada Allah ini rupanya diangkat ke surga. Ternyata, selain Tuhan Yesus, ada pribadi lain yang sudah diangkat ke surga. Siapa coba? Benar dia adalah ibu Maria.

Tuhan Yesus rupanya sangat sayang kepada ibunya. Maka Ia ingin agar ibundanya tinggal bersama Dia di surga. Ibu Maria memang layak tinggal bersama Yesus di surga karena selama hidup di dunia ibu Maria sangat mengasihi Yesus, mengikuti Yesus dan melaksanakan perintah Allah.

Maka wajar kalau seorang yang seperti ibu Maria itu dimuliakan di surga.

Karena Allah berkenan kepada ibu Maria dan ibu Maria mengimani Allah dengan sungguh-sungguh maka ia benar-benar jadi keren. Seperti kata rasul Yohanes: “Maka Tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.”

Semua tokoh Avenger ga ada apa-apanya. Kapten Marvel memiliki kekuatan energi yang super sehingga dapat menjadi jembatan antara bumi dan luar angkasa. Ia bisa mencapai luar angkasa dengan terbang. Namun itu semua ternyata tidak sebanding dengan ibu Maria yang diselubungi Matahari dan bulan menjadi alas kakinya. Bintang-bintang ada di atas kepalanya.

Atau Superman. Ia bisa menembus galaxy dan terbang pulang pergi ke planet-planet. Ternyata ia pun masih ga bisa berhadapan dengan elemen dari planet krypton. Maka bisa dikatakan superman belum bisa menandingi ibu Maria.

Romo hanya ingin mengatakan bahwa kemuliaan atau hadiah dari Allah yang diberikan kepada Ibu Maria menjadikan Maria melebihi tokoh-tokoh komik. Kalau dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada satupun manusia bisa menandingi ibu maria.

Asal adik-adik tahu, iblis yang adalah bosnya para setan dan roh jahat pun takut kepada ibu Maria. Kuasa yang dimiliki ibu maria ternyata dapat melepaskan kita dari serangan iblis.

Jadi… ibu maria layak kalau kita mintai pertolongan…bila kita sedang mengalami takut minta lah pertolongan kepada Ibu Maria bukan kepada superhero atau kepada iblis…  bila kamu sedang sedih mintalah agar ibu maria menemanimu… bila kmu mau masuk surga…belajarlah pada ibu Maria.

Adik-adik demikian rena kali ini. Semoga hari raya santa perawan maria diangkat ke surga membuat kita semakin mengasihi Yesus. Karena semakin kita mengasihi Yesus, semakin Yesus akan mengingat kita dan memberi tempat kita dalam surga seperti yang ia lakukan kepada ibundanya.

Bagaimana kalau kita nyanyi bersama lagu ya namamu Maria bersama untuk menutup rena kali ini?

No Comments

Leave a Comment