Selasa, 08 September 2020 – Pesta Kelahiran Santa Perawan Maria

Rm. Aegidius Wrsito SCJ dari Komunitas SCJ Toronto Kanada

 
 

ANTIFON PEMBUKA

Marilah kita bersukacita merayakan kelahiran Santa Perawan Maria. Sebab dari padanya telah terbit cahaya dunia, yakni Kristus Allah kita.     

 

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami, sumber belas dan cinta kasih, penuhilah hamba-hamba-Mu dengan anugerah surgawi. Tingkatkanlah kiranya kesejahteraan dunia berkat pesta kelahiran Santa Perawan Maria. Sebab Putera yang dilahirkannya adalah sumber keselamatan kami. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu,…

 

BACAAN PERTAMA: Mikha 5:2-5a

“Tibalah saatnya perempuan yang mengandung itu melahirkan.”

Beginilah firman Tuhan, “Hai Betlehem di wilayah Efrata, hai engkau yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, yang sudah ada sejak dahulu kala. Ia akan membiarkan mereka sampai saatnya perempuan yang mengandung itu telah melahirkan; lalu saudara-saudaranya yang masih ada akan kembali kepada orang Israel. Maka ia akan bertindak, dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan Tuhan, dalam kemegahan nama Tuhan Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi, dan dia menjadi damai sejahtera.”

 

Atau

BACAAN PERTAMA: Roma 8:28-30 

“Mereka yang dipanggil Allah, juga dibenarkan oleh-Nya.”

Saudara-saudara, kita tahu banwa Allah bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Anak-Nya itu menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya itu, juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, juga dimuliakan-Nya.

 

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 13:6ab,6cd

Ref. Aku bersukacita dalam Tuhan.

  1. Ya Tuhan, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorai karena penyelamatan-Mu.

  2. Aku mau menyanyi untuk Tuhan, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

 

BAIT PENGANTAR INJIL

U: Alleluya
S:  Berbahagialah engkau, hai Perawan Maria, dan sangat terpuji. Sebab dari padamu telah terbit Sang Surya Keadilan, yakni Kristus, Allah kita.

 

BACAAN INJIL: Matius 1:1-16.18-23 (1:18-23)

“Anak yang ada di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.”

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanak Ishak, Ishak memperanak Yakub, Yakub memperanak Yehuda dan saudara-saudaranya. Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai. Isai memperanakkan Raja Daud, Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria. Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa. Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia. Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia. Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon. Amon memperanakkan Yosia. Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel. Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor. Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim. Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan. Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

 

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Aegidius Warsito SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Marie. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Jumpa lagi saudara-saudari pendengar Resi Dehonian bersama saya: Rm. Aegidius Warsito SCJ, dari Komunitas SCJ – Toronto – Kanada, di dalam Resi-renungan singkat – Dehonian edisi Selasa, 8 September 2020, yang bertepatan dengan hari Pesta kelahiran Bunda Maria. Mari kita baca bersama perikopa Injil pada hari ini yang diambil dari Injil Mateus 1: 1-16, 18-23.

Saudara/I yang terkasih, setiap kali kita merayakan hari ulang tahun, umumnya kita akan membayangkan kue ulang tahun dengan lilin yang menyala di atasnya dan orang yang merayakan ulang tahun akan membuat permohonan dan kemudian meniup lilinnya.

Adapun arti dari lilin yang menyala di atas kue ulang tahun melambangkan “terang kehidupan” yaitu kehidupan yang sedang dialami, disyukuri dan dirayakan oleh orang yang sedang merayakan ulang tahun. Dan seperti halnya meniup lilin, banyak budaya kuno percaya bahwa asap membawa doa mereka ke langit. Tradisi saat ini membuat permohonan sebelum meniup lilin ulang tahun mungkin dimulai dengan kepercayaan tersebut.

Saudara/I yang terkasih, pada hari ini Gereja Katolik merayakan hari Pesta kelahiran Bunda Maria, dan mungkin kita tidak menyiapkan kue ulang tahun beserta lilin di atasnya untuk merayakan hari ulang tahun Bunda Maria. Lalu apa artinya bagi kita dengan hari Pesta ini?

Yang jelas, bagi saya pribadi, tujuan merayakan ulang tahun Bunda Maria pada dasarnya adalah untuk berterima kasih kepada Tuhan karena telah memenuhi janji keselamatan melalui Bunda Maria.

Seperti yang dikatakan oleh nabi Mikha di dalam nubuatannya: “Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan, lalu selebihnya dari saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel.” Juga malaikat Tuhan dalam Injil Matius mengatakan ini kepada Yusuf: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai istrimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Jadi saat kita menghormati Bunda Maria dan bersyukur kepada Tuhan atas pemberian Yesus melalui Bunda Maria, kita mempersembahkan diri kita kepada Bunda Maria seperti lilin yang menyala di kue ulang tahun karena Bunda Maria telah memberi kita Yesus, sang Terang Kehidupan. Dan semoga asap doa kita juga naik kepada Tuhan dengan doa-doa Bunda Maria saat kita mengindahkan panggilannya untuk melakukan apapun yang Yesus perintahkan kepada kita dan berdoa serta bekerja untuk keselamatan semua orang.

Saudara/I yang terkasih, Bunda Maria telah memberikan sebuah hadiah yang luar biasa dan tak ternilai harganya kepada kita semua, yaitu Yesus sang Terang Kehidupan, lalu pertanyaannya refleksinya adalah: hadiah macam apa yang hendak kita berikan kepada Bunda Maria di hari ulang tahuannya ini? Dan bagaimana hal itu hendak diwujudkan secara konkrit di dalam kehidupan kita mulai hari ini?

Sama seperti Bunda Maria yang selalu melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepadanya dan menemani Yesus sampai puncak Kalvari, lalu bagaimana dengan kita? Apakah kita juga akan melakukan hal sama sebagai ungkapan apresiasi kita kepada Bunda Maria yang kita rayakan kelahirannya pada hari ini?

Saudara/I yang terkasih, semoga bacaan Injil pada hari ulang tahun Bunda Maria ini dapat membantu kita semua untuk semakin berkembang di dalam kehidupan beriman kita kepada Jesus. Semoga kasih Tuhan memberkati setiap langkah hidup dan perjuangan kita di sepanjang hari ini.  Dan semoga Hati Kudus Yesus senantiasa merajai hati kita semua. Amin

 

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa Mahakudus, Putera-Mu Tunggal telah menjadi manusia untuk menyelamatkan kami. Ia lahir dari Bunda Maria, Perawan yang suci. Semoga Kristus membersihkan kami dari dosa, sehingga Engkau berkenan menerima persembahan kami ini. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

ANTIFON KOMUNI  –  Yes. 7:14; Mat. 1:21

Seorang perawan akan melahirkan. Puteranya akan menyelamatkan bangsa-Nya dari dosa mereka.

 

DOA PENUTUP

Marilah berdoa: Allah Bapa, sukaita kami, gembirakanlah kiranya umat-Mu yang Kaukuatkan dengan kurnia-Mu. Semoga kamipun bersukacita karena kelahiran Santa Perawan Maria, harapan dan fajar keselamatn bagi seluruh dunia. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin

No Comments

Leave a Comment