Senin, 04 Januari 2020 – Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan

Fr. Gregorius Virdiawan Mubin SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA⁣

Hari mulia menyinari kita. Marilah menyembah Tuhan, hai segala bangsa. Hari ini cahaya cemerlang turun ke bumi.⁣

 

PENGANTAR⁣

Kita harus menaruh cinta kasih kepada Allah dan sesama. Bila salah satu tiang penyangga hidup kristiani hancur, maka seluruh bangunan akan berantakan. Hanya mereka yang mengajarkan hal itu yang berasal dari Allah. Merekalah yang memiliki Roh Yesus yang berdoa di atas gunung dan melakukan mukjizat di mana-mana. la berbicara tentang Bapa-Nya dan menyembuhkan orang-orang sakit.⁣

 

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa Allah Bapa kami, terangilah kami dengan cahaya ilahi, agar kami dapat melintasi kegelapan hidup ini dan sampai kepada terang-Mu yang abadi. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, yang⁣

 

ATAU⁣

 

Marilah berdoa: Allah Bapa maha pengasih, ajarilah kami mengimani Yesus Putra-Mu terkasih, dan mengalami daya cinta kasih-Nya yang menyehatkan jiwa raga kami. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ..⁣

 

BACAAN PERTAMA: I Yohanes 3:22-4:6

“Ujilah roh-roh, apakah mereka berasal dari Allah.”

Saudara-saudaraku terkasih, apa saja yang kita minta dari Allah, kita peroleh dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita. Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan beginilah kita ketahui bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu dalam Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita. Saudara-saudaraku terkasih, janganlah setiap roh kamu percayai, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah. Sebab banyak nabi palsu telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Beginilah kita mengenal Roh Allah: Setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, tetapi setiap roh yang tidak mengakui Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh ini adalah roh antikristus, dan tentang dia telah kamu dengar bahwa ia akan datang, bahkan sekarang ini sudah ada di dalam dunia. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu, sebab Roh yang ada di dalam kamu lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia. Mereka itu berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi, dan dunia mendengarkan mereka. Kamu berasal dari Allah! Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan kami. Barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh Kebenaran dan roh yang menyesatkan.

 

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 2:7-8.10-11

Ref. Bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu.

  1. Aku akan menceritakan tentang ketetapan Tuhan: Ia berkata kepadaku, Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan. Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.

  2. Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia! Beribadahlah kepada Tuhan dengan takwa, dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar.

 

BAIT PENGANTAR INJIL:

U:  Alleluya, alleluya
S : (Mat 9:35b) Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan

 

BACAAN INJIL: Matius 4:12-17.23-25

“Kerajaan Surga sudah dekat”

Ketika mendengar bahwa Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh Nabi Yesaya: Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang Sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain; bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat Terang yang besar, dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut telah terbit Terang. Sejak waktu itu Yesus memberitakan, “Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!” Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria, dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem, dari Yudea dan dari seberang Yordan.

 

RESI DIBAWAKAN OLEH Fr. Gregorius Virdi Mubin SCJ

Vivat Cor Jesu, Per Cor Marie… Hiduplah Hati Kudus Yesus, melalui Hati Maria…

Sahabat Resi Dehonian yang direngkuh dalam cinta Hati Kudus Yesus.. Selamat Natal, kembali bersama Saya, Fr. Gregorius Virdi Mubin SCJ dari Palembang dalam Resi (Renungan singkat) Edisi Senin, 4 Januari 2021.

Marilah kita siapakan hati untuk mendengarkan bacaan hari ini. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Saudara-saudari sahabat Resi Dehonian, yang penuh rahmat dalam Hati Yesus. Kedatangan Yesus Kristus menorehkan suatu harapan baru, yakni adanya sukacita dan kegembiraan karena Kerajaan Allah telah datang. Setidaknya orang-orang dari Galilea dan daerah-daerah sekitarnya merasakan sukacita kedatangan Kristus itu yang membebaskan mereka dari segala penderitaan dan kesengsaraan. Orang datang berbondong-bondong untuk mencari Dia, untuk mengalami secara nyata bahwa dalam Dia segala kelemahan manusiawi akan lenyap. Mereka ingin mengalami sendiri siar pemberitaan Kerajaan Allah.

Penderitaan bukan hal yang jauh dan asing untuk kita. Kita dengan mudah masih bisa menemukan realitas penderitaan dan aneka persoalan hidup. Pandemi yang membuat kepastian kian terombang-ambing; persaudaraan yang tercabik oleh ambisi, benci dan kerakusan; kelestarian alam yang semakin mengkhawatirkan; serta banyak tata norma dan nilai yang semakin membingungkan. Mungkin banyak di antara kita yang dibenturkan oleh krisis ini, kehilangan pegangan hidup di tengah arus dunia yang tak mudah. Apa artinya kedatangan Yesus yang membawa harapan untuk dunia kita di zaman ini?

Penderitaan terjadi karena kita menolak Allah yang sungguh berencana baik bagi hidup kita. Jika kita semua menyebut diri Kristen, maka ada api di dalam hati kita untuk meneruskan harapan yang telah dibawa Kristus bagi kita. Kita sudah memiliki pegangan yang nyata untuk mengarungi arus dunia. Kita perlu memaknai seluruh persoalan hidup kita dalam terang iman, sehingga kita sebagai satu keluarga mampu memancarkan sukacita pengharapan itu di tengah umat manusia yang masih dikuasai kegelapan.

Gereja menerima warta dari Yesus yang berseru, “Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat.” Kita telah menerima pertobatan dan membawa nilai-nilai Kerajaan Surga karena iman kepada Kristus. Maka kehadiran kita mestinya benar-benar menjadi kehadiran Kristus, kehadiran Kerajaan Allah. Maka kita perlu membina pertobatan secara terus-menerus agar pengharapan yang kita bawa sungguh terpelihara secara baik dalam hati kita. Mungkin terdengar terlalu muluk dan berat, tetapi Rasul Yohanes membesarkan hati kita bahwa “Roh yang ada di dalam kita lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia.” Tidak ada yang mudah, tetapi tidak ada yang tidak mungkin.

Sahabatku yang dikasihi dan mengasihi Hati Yesus, mari kita membina pertobatan dan menjadi agen-agen Kerajaan Allah, dengan membawa sukacita dan pengharapan bagi semua orang yang kita jumpai. Adveniat Regnum Tuum, datanglah kerajaan-Mu!

Semoga Hati Kudus Yesus selalu merajai hati kita. Amin. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin. Tuhan memberkati!

 

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa maha kudus, sudilah menerima persembahan kami dan ubahlah menjadi tubuh dan darah Kristus. Semoga kami yang mempersembahkan pemberian-Mu layak menerima Engkan sendiri. Demi Kristus,

 

ATAU⁣

 

Allah Bapa maharahim, berkat roti anggur persembahan kami ini, berkat Yesus Kristus Putramu, kami mengharapkan pengampunan dosa dosa kami serta bimbingan untuk semakin mengenal cinta kasih-Nya. Sebab Dialah,…

 

ANTIFON KOMUNI – Yohanes 1:14⁣

Kita telah melihat kemuliaan, yang diberikan Bapa kepada Putra-Nya yang tunggal, penuh rahmat dan kebenaran.⁣

 

DOA PENUTUP⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa yang kekal dan kuasa, kami bersyukur atas rahmat sakramen-Mu. Semoga hidup kami tetap disegarkan olch daya penyelamatannya. Demi Kristus, …

 

ATAU⁣

 

Marilah berdoa: Allah Bapa yang kekal dan kuasa, datanglah kiranya kerajaan-Mu berkat sabda kedamaian yang telah kami dengar. Semoga karenanya pula kami disembuhkan dari luka-luka dosa dan dapat hidup atas dasar saling menaruh cinta kasih. Demi Kristus…

No Comments

Leave a Comment