RENA Minggu, 23 Mei 2021 – Hari Raya Pentakosta

Rm. C. Wahyu Tri SCJ dari Komunitas SCJ Jambi Indonesia

 

AUDIO RENA: 

Halo adik-adik. Apa kabar? Hebat-hebat-hebat…

Kita semua hebat karena walau dalam masa pandemic namun tetapi tidak putus asa, tetap bersemangat karena kita semua diberi Roh Kudus… Roh Kudus itulah yang membuat adik-adik hebat.

Adik-adik, hari ini kita merayakan Hari pentakosta. Apa itu pentakosta? Itu adalah hari raya dimana kita mengenang pencurahan Roh Kudus dari Kristus untuk para rasul. Kita pun berharap agar kita dicurahi Roh Kudus juga seperti para rasul.

Bayangkan adik-adik! Kekuatan Allah diberikan kepada rasul, kekuatan itu tampak seperti lidah api yang menyala dan ada di atas kepala para rasul. Lalu para rasul setelahnya mengalami suatu yang berbeda dari sebelumnya…

Mereka lebih berani dalam bersaksi. Mereka tidak malu untuk mengatakan bahwa mereka adalah murid Kristus. mereka berani untuk pergi ketempat-tempat asing dan berkarya di sana.

Rasul Petrus setelah hari pentakosta bisa menyembuhkan orang.

Rasul Thomas pun berlayar ke India dan di sana ia bisa mengalahkan kekuatan dukun jahat.

Rasul Yohanes pernah hendak dibunuh dan digoreng tetapi tidak mati.

Jadi para rasul itu sepertinya memiliki kekuatan super… dan itu berasal dari Roh Kudus…

Tapi adik-adik sebenarnya Roh Kudus bukan hanya membuat sepertinya kita punya kehebatan seperti Spiderman atau Kapten Amerika. Kekuatan itu diberikan kepada para rasul untuk mewartakan Yesus Kristus bukan untuk berkelahi atau berperang.

Nah adik-adik pada zaman ini kita tentu tidak bisa menyerupai para rasul karena jamannya beda. Tetapi Roh Kudus membuat kalian menjadi berani. Berani berkata jujur. Berani menolong orang yang kesusahan. Membuat kalian memimpin doa dalam keluarga. Menjadikan kalian menghibur papa dan mama. Roh Kudus menjadikan kalian juga menjadi anak yang tidak malu melayani dalam misdinar.

Maka adik-adik, romo mengajak kalian untuk berdoa  pada hari pentakosta ini. Apakah kalian mau berdoa bersama romo? Mau kan? Yuk kita ambil sikap doa dan duduk dengan benar. mata kita pejamkan. Kita lipat tangan kita.  Nanti kalian ikuti kata-kata romo ya pada saat berdoa

+

Tuhan Yesus engkau memberikan kepada kami roh kebenaran yaitu roh kudus

Roh Kudus menjadikan kami berani bersaksi

Kami bersaksi bahwa kami adalah anak-anak yang diberkati

Kami bersaksi bahwa kami engkau sayangi

Kami bersaksi dengan menjadi anak yang mandiri

Dan kami bersaksi dengan menjadi pelajar yang jujur dan tekun

Kami bersyukur atas semua itu ya Tuhan. 

Dan kami muliakan namaMu kini dan sepanjang masa. Amin.

Kemuliaan… Terpujilah…

+

No Comments

Leave a Comment