RENA Minggu, 30 Mei 2021 – Hari Raya Tritunggal Mahakudus

Fr. Valentinus Fio Milinio Febriantoro dari komunitas Postulat-Novisiat SCJ Gisting Indonesia

 

 

AUDIO RENA

Halo adik-adik semua, selamat hari minggu. Selamat berjumpa lagi bersama fretar dalam renungan anak dehonian. Vivat Cor Jesu per Cor Mariae.! Apa khabar semuanya? Frater yakin kita semua pasti baik-baik saja, karena kita percaya Tuhan pasti selalu melindungi Tuhan terutama di masa pandemi seperti ini. Perkenalkan  nama frater adalah frater Fio. Frater berasal dari paroki St. Maria Asumta Mojosari Belitang. Sekarang frater sedang berada di Rumah Formasio Postulat Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting. Sebelum kita mendengarkan sabda Tuhan dan merenungkannya, mari kita membuat tanda kemenangan yang juga tanda iman kita. Kita membuat tanda salib:

Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

Sekarang mari kita mendengarkan sabda Tuhan Hari ini:

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 28:16-20

“Baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”

Sesudah Yesus bangkit dari antara orang mati, kesebelas murid berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”
Demikianlah Injil Tuhan.

Terpujilah Kristus..

Apakah ada yang tahu hari minggu ini kita merayakan hari raya apa? Ya benar sekali kita merayakan Hari Raya Tritunggal Mahakudus. Hari di mana kita diingatkan akan iman kita bahwa Allah kita itu Allah Tritunggal Mahakudus. Maksudnya apa? Maksudnya, kita percaya bahwa Allah kita itu satu dengan tiga pribadi yaitu Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus.

Adik-adik, siapa yang sudah dibabtis? Frater yakin sebagian besar dari kita sudah dibabtis. Kita orang katolik dibabtis sesuai dengan yang diajarkan oleh Yesus sendiri dalam Injil hari ini yaitu dibabtis dalam nama Bapa, dan Putra (Anak), dan Roh Kudus. Kalau sudah dibabtis, berarti kita mengimani atau percaya kepada Allah Tritunggal itu.

Sebenarnya iman kita akan Allah Tritunggal itu kita ungkapkan di banyak hal misalnya saja yang paling sering kita lakukan adalah membuat tanda salib baik untuk mengawali doa ataupun mengakhiri doa. Entah itu doa makan, sebelum dan sesudah tidur, belajar atau sekolah, doa rosario, dan tentunya pada saat Ekaristi. Malahan dalam ekaristi kita menerima berkat Allah melalui Romo dengan kata-kata Allah Tritunggal yaitu  Bapa, Putra dan Roh Kudus.

Adik-adik yang dikasihi Allah, ketika kita berdoa dan mengawalinya dengan tanda salib pasti kita merasa bahwa suasana yang tercipta menjadi tenang dan damai dihati, juga pikiran kita menjadi fokus kepada Allah sehingga kita dapat berdoa dengan rasa damai, tenang dan sukacita. Walaupun barangkali kita berdoa dalam perasaan sedih akan terasa penghiburan dan kekuatan yang akan membuat kita bisa tenang dan damai pula pada akhirnya. Semua itu kita yakini karena rahmat kasih dari Allah Tritunggal yang kita imani itu. Di sana sebenarnya nyatalah Apa yang Yesus sabdakan pada Injil hari ini bahwa: “Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.”

Oleh karena itu, kita harus senantiasa bergembira apapun situasi kita entah itu memang gembira atau juga sedih, sebab dalam situasi itu Allah Tritunggal selalu menyertai kita, entah melalui bapak ibu kita, paman atau bibi kita, kakek nenek kita, teman-teman kita, atau bahkan orang-orang di sekitar kita. Kita tak pernah sendirian. Adik-adik, kita harus selalu bersyukur atas penyertaan Allah dalam hidup kita bahkan sampai saat ini. Kita juga harus yakin kedepanya Allah juga akan menyertai kita. Semoga melalui sabda Tuhan hari ini iman kita akan Allah Tritunggal semakin diteguhkan. Semoga Allah Tritunggal selalu menyertai kita, memberkati kita, melindungi kita dalam menjalani hidup kita dengan gembira. Amin. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

No Comments

Leave a Comment