Senin, 11 Oktober 2021 – Hari Biasa Pekan XXVIII

Rm. Gregorius Dedi Rusdianto SCJ dari Komunitas SCJ Pangakalan Kerinci Riau – Indonesia

 
 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 98:3cd-4

Segala ujung bumi telah menyaksikan penyelamatan oleh Allah kita. Bersoraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bersorak gembira dan bernyanyilah.

PENGANTAR:

Paulus menyurati umat kristiani di Roma, hendak membawa mereka kepada penyerahan iman. Hal itu hendak dicapainya bukan dengan tanda-tanda dan pembuktian. Ia menawarkan Yesus dari Nazaret. Dia hidup dan mempesona dirinya, sehingga dilepaskannya kepastian-kepastian lama, dan tidak diperlukan tanda-tanda lagi untuk mengimani Dia.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami, maha pengasih, semua orang Kausayangi dan Kaupanggil masuk ke dalam Gereja-Mu, bersatu dengan Yesus Putra-Mu. Kami mohon, Kaujaga dan Kaulindungi. Demi Yesus Kristus, Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma 11:1-7

“Dengan perantaraan Kristuslah kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa supaya percaya.”

Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah. Injil itu dahulu telah dijanjikan-Nya dengan perantaraan para nabi dalam kitab-kitab suci. Pokok isinya ialah tentang Anak Allah yang menurut daging dilahirkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan sebagai Anak Allah yang berkuasa, oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati. Dia itulah Yesus Kristus, Tuhan kita. Dengan perantaraan-Nya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada nama-Nya. Dan kalian yang telah dipanggil menjadi milik Kristus, kalian pun termasuk di antara mereka. Kepada kalian semua yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan orang-orang kudus: Semoga kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, menyertai kalian.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 98:1.2-3ab.3cd-4

Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.

  1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

  2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.

  3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : (Mzm 95:8ab) Hari ini dengarkanlah suara Tuhan, dan janganlah bertegar hati.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 11:29-32

“Angkatan ini tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus.”

Sekali peristiwa Yesus berbicara kepada orang banyak yang mengerumuni Dia, “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menuntut suatu tanda, tetapi mereka tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus. Sebab sebagaimana Yunus menjadi tanda bagi orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda bagi angkatan ini. Pada waktu penghakiman ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sungguh, yang ada di sini lebih besar daripada Salomo! Pada waktu penghakiman orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sungguh, yang ada di sini lebih besar daripada Yunus!
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Gregorius Dedi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Mariae.

Para pendengar Renungan Dehoniana yang terkasih, gembira sekali saya Rm. G. Dedi Rusdianto, SCJ bisa berjumpa kembali dengan anda sekalian dalam acara RESI Dehoniana, hari ini Senin, 11 Oktober 2021. Pertama-tama, marilah kita dengarkan Injil hari ini yang di ambil dari Injil Lukas 11:29-32.

Para pendengar Resi Dehoniana yang terkasih, Banyak orang mencari tanda-tanda ajaib di zaman ini. Sebenarnya hidup kita di penuhi tanda, karena manusia membutuhkan tanda, dan bahkan nama kitapun sudah merupakan tanda yang memiliki makna. Wiliam Shakespeare mengatakan: “what is in a name?” artinya: apalah artinya sebuah nama? Bunga Mawar/Melati, tidak di beri nama atau di beri nama bunga bangkaipun tetap akan berbau wangi. Tetapi bagi kita nama memiliki makna dan arti, bayangkan kalau setiap anak tidak di beri nama dan hanya di panggil “hey..hey…hey”, maka yang terjadi adalah sebuah kekacauan di masyarakat.

Setiap nama anak memiliki nama, misalnya: Rahmat Nugraha yang berarti anugerah, Tigor Panjaitan, Tigor berarti lurus, dan tentu saja kita di beri nama Baptis dengan harapan bahwa proyek hidup kita meneladani para santo-santa. Tanda dari Allah yang paling jelas adalah Yesus Kristus yang adalah Sakramen Dasar. Sakramen adalah tanda kehadiran Allah yang  memiliki daya untuk menyelamatkan umat manusia. Yesus sebagai tanda dan Sakramen tetap hadir dan terlihat dalam hidup kita sehari-hari ketika kita merayakan Ekaristi, Dia hadir dalam komuni suci yang adalah Tubuh dan Darah Kristus.

Orang-orang Yahudi di zaman Yesus, tidak mampu melihat Yesus, tanda dari Allah yang hadir secara nyata di tengah-tengah mereka. Kendati kita tidak mengalami kehadiran Yesus sebagai manusia di dunia ini, tetapi kita bisa mengalami, melihat dan merasakan kehadiran Yesus dalam Perayaan Ekaristi dan Komuni Suci yang kita terima. Pertanyaannya adalah: apakah kita betul-betul mempersiapkan batin sebelum Perayaan Ekaristi yang juga adalah Surga yang turun ke muka bumi?

Pada bulan Oktober ini, adalah Bulan Maria, maka kita di ajak untuk meminta pertolongan Bunda Maria, agar di mampukan melihat kehadiran Allah dalam diri Yesus Kristus, utamanya dalam Perayaan Ekaristi dan hidup kita sehari-hari. Maria sangat mengenal hati Yesus, Maria akan membantu kita untuk dekat dengan Yesus yang adalah pengantara Allah. Semakin kita mengenal hati Yesus, maka kitapun akan semakin mengenal Allah dalam hidup kita sehari-hari. Semoga kita sekalian senantiasa di lindungi dan di berkati oleh Allah yang Maha Kuasa, Bapa, Putera dan Roh Kudus. . Amin

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa kami di surga, berkat roti anggur ini, jadikanlah kami umat-Mu dan jadikanlah kami serupa dengan Yesus Putra-Mu terkasih, Tuhan dan pengantara kami.

ANTIFON KOMUNI – Roma 1:7

Tuhan menyayangi kalian dan memanggil kalian menjadi umat-Nya. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus, menyertai kalian.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahabaik, Engkau bersabda kepada kami dengan tanda-tanda: Engkau menampakkan wajah-Mu kepada kami dalam diri Yesus, manusia yang hidup. Kami mohon, semoga Dia selalu semakin mempererat hubungan kami dengan Dikau. Sebab Dialah ….

DOWNLOAD AUDIO RESI:

No Comments

Leave a Comment