Rabu, 27 Oktober 2021 – Hari Biasa Pekan XXX

Rm. Yohanes Dwi Wicaksono SCJ dari komunitas SCJ Gisting Lampung – Indonesia

 
 
 
 

AUDIO RESI

ANTIFON PEMBUKA  – Roma 8:27

Allah yang menyelami hati sanubari manusia mengetahui maksud Roh Kudus. Sebab Roh Kudus berdoa untuk umat Allah, sesuai dengan kehendak Allah sendiri.

PENGANTAR

Kepada Tuhan kita mohon diberi kekuatan agar dapat berhasil namun yang diberikan kelemahan agar kita belajar patuh taat. Kita mohon kesehatan, agar mampu melaksanakan karya-karya besar, namun yang diberikan penyakit agar dapat mengerjakan yang lebih baik. Kita mohon kekayaan, agar dapat hidup bahagia, namun yang diberikan kemiskinan agar menjadi bijaksana. Kita mohon kekuasaan agar dihormati dan dihargai orang, namun yang diberikan kepapaan, agar merasa masih memerlukan Tuhan. Kita tidak memperoleh apa pun yang kita minta, tetapi Tuhan memberikan segala sesuatu yang kita harapkan, asal kita belajar berdoa dengan kekuatan Roh Kudus.

DOA PEMBUKA:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami mahakudus, dengan kekuatan kami sendiri kami takkan mampu menghadap Engkau. Semoga Kautunjukkan jalan kami dalam diri Yesus Putra-Mu, dan ajarilah kami berdoa dalam Roh Kudus selama hidup kami. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma 8:26-30

“Bagi mereka yang mengasihi Tuhan, segala sesuatu mendatangkan kebaikan.”

Saudara-saudara, Roh membantu kita dalam kelemahan kita. Sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa. Tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelami hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih Allah sejak semula, mereka itu juga ditentukan sejak semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Anak-Nya itu menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan Allah dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 13:4-5.6

Ref. Aku percaya akan kasih setia-Mu, ya Tuhan.

  1. Pandanglah kiranya, jawablah aku, ya Tuhan, Allahku! Buatlah mataku bercahaya, supaya jangan aku tertidur dan mati, supaya musuhku jangan berkata, “Aku telah mengalahkan dia”, dan lawan-lawanku bersorak-sorak, apabila aku goyah.

  2. Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. Aku mau menyanyi untuk Tuhan karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : Allah telah memanggil kita untuk memperoleh kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 13:22-30

“Mereka datang dari timur dan barat, dan akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah.”

Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar. Maka bertanyalah orang kepada-Nya, “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?” Jawab Yesus kepada orang-orang di situ, “Berusahalah masuk melalui pintu yang sempit itu! Sebab Aku berkata kepadamu, ‘banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan menutup pintu, kalian akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata, ‘Tuan, bukakan pintu bagi kami’. Tetapi dia akan berkata, ‘Aku tidak tahu dari mana kalian datang’. Maka kalian akan berkata, ‘Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu, dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami’. Tetapi ia akan berkata, ‘Aku tidak tahu dari mana kalian datang. Enyahlah dari hadapanku, hai kalian semua yang melakukan kejahatan!’ Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kalian melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi ada di dalam Kerajaan Allah, tetapi kalian sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari timur dan barat, dari utara dan selatan, dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Ingatlah, ada orang terakhir yang akan menjadi terdahulu, dan orang terdahulu yang akan menjadi yang terakhir.”

Demikianlah Injil Tuhan!
U. Terpujilah Kristus!

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm.Yohanes Dwi Wicaksono SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Pertanyaan seseorang kepada Yesus hari ini bisa jadi juga menjadi pertanyaan kita masing-masing: “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?”. Tidak jarang kita berpikir instan demikian, yakni apakah saya masih punya kuota selamat atau tidak. Karena keselamatan itu anugerah Allah, sering kali kita tidak mau berjuang untuk mendapatkannya. ‘Karena itu anugerah, maka saya tinggal menunggu saja’. Bisa jadi kita punya pemikiran demikian. Maka persoalan ‘kuota’ menjadi pertanyaan yang actual bagi kita.

Memang keselamatan adalah anugerah Tuhan, bukan tergantung dari apa yang saya lakukan. Namun demikian, anugerah itu akan diberikan kepada mereka yang berusaha untuk mendapatkannya. Usaha yang maksimal menjadi kunci supaya bisa memasuki pintu yang sempit itu. Maka bukan lagi soal kuota yang mendesak untuk diketahui, tetapi perjuangan kebaikan yang harus terus diusahakan.

Usaha yang perlu terus kita lakukan adalah senantiasa percaya kepada Tuhan lewat tindakan belarasa kepada sesama yang ada di sekitar kita. Tidak ada gunanya menanyakan masih ada berapa kuota keselamatan untuk kita. Jauh lebih berguna bagi kita untuk focus melakukan yang baik, benar, dan jujur di dalam seluruh hidup kita. Dengan demikian, semoga kita tidak jauh dari keselamatan Allah sendiri.

Keselamatan itu tidak hanya terjadi pada masa yang akan datang. Saat inipun kita juga mendapat banyak anugerah keselamatan. Maka kitapun juga perlu menjadi ‘agen’ keselamatan saat ini bagi mereka yang membutuhkan pertolongan, sapaan, kesembuhan, penghiburan, dan berbagai bentuk lain yang mampu kita lakukan. Kita sudah dimampukan, maka mari kita memakainya untuk keselamatan semakin banyak orang. Tuhan memberkati.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah kami di surga, sudilah mengulurkan tangan-Mu, bila kami mohon sesuatu kepada-Mu. Berkenanlah memberikan rezeki kedamaian berkat Yesus Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami.

ANTIFON KOMUNI – Roma 8:26

Roh membantu kita dalam kelemahan kita. Sebab kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa. Tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa kami, sumber iman kepercayaan, barangsiapa lari berlindung kepada-Mu, tentu Kauperhatikan dan Kaulindungi, sebab Engkau menghendaki menjadi Bapa kami. Ajarilah kami mengimani Engkau sebagai Bapa Abraham, Ishak, dan Yakub. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

No Comments

Leave a Comment