Minggu, 4 Juni 2023 – Hari Raya Tritunggal Mahakudus (P)

Rm. Gregorius Dedi Rusdianto SCJ dari Komunitas SCJ Paroki Tugumulyo Mura Sumsel – Indonesia

 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA

Terpujilah Allah Bapa, dan Putra Allah yang Tunggal, serta Roh Kudus: karena besarlah kasih-Nya bagi kita.

PENGANTAR:

Saat kita dibaptis “dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”, kita dipersatukan dengan Allah Tritunggal Maha Kudus. Kita diangkat sebagai putra-putri-Nya. Sebagai putra-putri terkasih-Nya, marilah kita arahkan hidup kita kepada Bapa untuk menerima kasih Sang Putra dan selalu dijiwai oleh Roh Kudus. Semoga dalam setiap Perayaan Ekaristi dan terutama pada Hari Raya Tritunggal Mahakudus ini, semangat dan cinta kasih kita untuk membina kesatuan dan kerukunan di tengah masyarakat kita dibangkitkan, seperti persatuan mesara pada Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

SERUAN TOBAT:

I: Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Putera Bapa yang diberikan kepada dunia, agar setiap orang percaya kepada-Mu tidak binasa, melainkan memiliki hidup abadi. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

I : Engkaulah Putera Allah, yang diutus bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelematkannya. Kristus, kasihanilah kami.

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkaulah yang mengutus Roh Kudus dari Bapa agar kami jangan sampai menjadi anak yatim piatu, melainkan dijiwai oleh Roh-Mu. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa Yang Mahakuasa dan kekal, dengan mengutus Sabda Kebenaran dan Roh Pengudus ke dalam dunia, Engkau telah mengungkapkan kepada manusia misteri-Mu yang mengagumkan. Semoga dengan iman yang benar kami mengakui kemuliaan Tri-tunggal yang kekal dan menyembah keesaan-Nya dalam keagungan kuasa-Nya. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Keluaran 34:4b-6.8-9

“Tuhan, Tuhan Allah, Engkaulah pengasih dan murah hati.

Pada waktu itu Musa bangun pagi-pagi, dan naiklah ia ke atas Gunung Sinai, seperti yang diperintahkan Tuhan kepadanya, dan membawa kedua loh batu di tangannya. Maka turunlah Tuhan dalam awan, lalu berdiri di sana dekat Musa, dan Musa pun menyerukan nama Tuhan. Berjalanlah Tuhan lewat di depan Musa sambil berseru, “Tuhan adalah Allah yang penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya!” Segera Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah, serta berkata, “Jikalau aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami. Sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami. Ambillah kami menjadi milik-Mu.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

KIDUNG TANGGAPAN: Dan 3:52-56

Ref. Puji, jiwaku, nama Tuhan, jangan lupa pengasih Yahwe.

  1. Terpujilah Engkau, Tuhan, Allah leluhur kami. Kepada-Mulah pujian selama segala abad. Terpujilah nama-Mu yang mulia dan kudus. Kepada-Mu lah pujian selama segala abad.

  2. Terpujilah Engkau dalam bait-Mu yang mulia dan kudus. Kepada-Mulah pujian selama segala abad. Terpujilah Engkau di atas takhta kerajaan-Mu. Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

  3. Terpujilah Engkau yang mendugai samudera raya. Kepada-Mulah pujian selama segala abad. Terpujilah Engkau di bentangan langit. Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat kedua Rasul Paulus kepada umat di Korintus 13:11-13

“Kasih karunia Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus.”

Saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Hendaklah kamu sehati sepikir, dan hiduplah dalam damai sejahtera. Maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera, akan menyertai kamu! Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus. Salam dari semua orang kudus kepada kamu. Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.  

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya
S : (lih. Why 1:8) Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, kepada Allah yang ada sejak dahulu, kini dan sepanjang masa mendatang.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 3:16-18

“Allah mengutus Anak-Nya untuk menyelamatkan dunia.”

Dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus, Yesus berkata, “Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; tetapi barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak tunggal Allah.” 
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Gregorius Dedi Rusdianto SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar Resi Dehonian terkasih, gembira sekali saya Rm. G. Dedi Rusdianto, SCY dapat bertemu Kembali dengan anda sekalian dalam Renungan Singkat Dehonian, hari ini Minggu, 4 Juni 2023. Pertama-tama marilah kita dengarkan Injil hari ini, Yohanes 3:16-18

Para pendengar Resi Dehonian terkasih, Salah satu yang mau di tekankan oleh Yohanes dan juga oleh Rasul Paulus  adalah tema perendahan diri yang sangat ekstrem yakni pengosongan diri. Bahkan Paulus sangat tersentuh dengan kerendahan hati Yesus di mana dia sungguh melepaskan situasi yang nyaman di Surga dan berkenan menjadi manusia, untuk keselamatan umat manusia. Yesus menampilkan wajah Allah yang solider dengan situasi kedosaan manusia. Allah tidak mau tinggal diam dan menyaksikan drama kehidupan manusia seperti dewa-dewa dalam berbagai mitologi atau cerita klasik dewa-dewi. Allah kita prihatin dan tidak hanya mau berhenti dalam sikap prihatin simpati saja, tetapi Ia turut memasuki situasi dunia dan terlibat langsung serta menerima akibatnya yakni Yesus, sang putera mengalami penyiksaan, sengsara dan wafat demi umat manusia.

Para pendengar Resi Dehonian terkasih, Simpati Allah pada dunia tetap terjadi di dunia ini, dengan mengutus Roh Kudus guna mendampingi dan membimbing umat manusia sampai kepada akhir zaman. Maka dalam hari Raya Tritunggal Maha Kudus ini, kita di ajak untuk merenungkan bahwa Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus, sungguh sungguh memperhatikan kita satu-persatu dan mereka sungguh-sungguh mampu bekerja sama dengan baik. Kita diajak pertama-tama untuk rendah hati, mengosongkan diri dan terbuka kepada karya roh kudus, sedangkan secara duniawi, kita di ajak untuk juga rendah hati yakni terbuka pada sesama untuk saling bekerja sama, supaya rahmat Allah yang suci yakni peran Roh Kudus semakin berkembang dalam diri kita dan dalam masyarakat, sehingga secara bertahap kita turut dalam usaha Kristus dan para Rasul serta Gereja, dalam membangun Kerajaan Allah di dunia ini. Berkat Allah menyertai kita, Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin.

DOA UMAT:

I : Sungguh besar cinta kasih Allah kepada kita. Ia memberikan rezeki sehari-hari bagi kita. Alam dihiasi-Nya dengan bunga-bunga di ladang, dan setiap orang dipelihara-Nya. Maka, marilah kita berdoa kepada-Nya.

L : Bagi Gereja: Ya Bapa, curahkanlah kasih setia-Mu bagi kami sehingga kami semakin giat berusaha membangun persatuan semua kaum beriman dalam damai dan cinta kasih-Mu. Marilah kita mohon,…

U : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L : Bagi para rohaniwan dan biarawan-biarawati di paroki kita: Ya Bapa, berkatilah para rohaniwan dan biarawan-biarawati di paroki kami sehingga mereka selalu didorong oleh Roh kebenaran dalam mengabdikan diri sebagai saksi dan pewarta Injil yang akan menghasilkan banyak buah kasih-Mu. Marilah kita mohon,…

U : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L : Bagi mereka yang bimbang dan ragu-ragu: Ya Bapa, terangilah mereka yang saat ini masih diliputi oleh kebimbangan dan keraguan dengan Roh-Mu. Semoga mereka semakin berani mempercayakan diri kepada-Mu untuk menemukan jalan terang yang telah Engkau berikan kepada mereka. Marilah kita mohon,…

U : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L : Bagi kita semua yang berkumpul di sini: Ya Bapa, bimbinglah kami agar dapat berkembang dalam kerendahan hati dan terbuka terhadap misteri-Mu yang agung Tritunggal Mahakudus. Marilah kita mohon,…

U : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

I : Allah Bapa Yang Mahabaik, dengarkanlah doa-doa kami dengan pengantaraan Kristus Putra-Mu. Dalam Kristus Engkau menyelamatkan kami. Semoga Engkau pun selalu menyertai kami melalui Putra-Mu dalam Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa. Amin

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa Yang Mahakudus, penuhilah kami dengan nafas kehidupan-Mu. Terimalah dengan rela ucapan syukur kami dalam roti dan anggur ini atas Yesus, Sabda-Mu, yang telah memperlihatkan wajah-Mu kepada kami. Dialah cahaya kehidupan kami, Tuhan Pengantara kami. Amin

ANTIFON KOMUNI – Galatia 4:6

Karena kamu adalah anak, Allah telah mengutus Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru, “Ya Abba, ya Bapa”.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa:  Allah Bapa di surga, curahkanlah Roh Putra-Mu ke dalam hati kami, agar hati kami tergerak untuk senantiasa berbagi kasih kepada sesama seperti Kristus sendiri. Semoga karena-Nya, dunia menyerahkan dirinya kepada kebangkitan abadi dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

1 Comment

Leave a Comment