Jumat, 14 Juli 2023 – Hari Biasa Pekan XIV

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ Macau

 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA  –  Mazmur 37:3a.4

Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, bergembiralah karena Tuhan, maka la akan memenuhi keiginan hatimu.

PENGANTAR : 

Jalan para leluhur sering sulit. Tetapi mereka bertahan dalam segala cobaan, karena yakin Tuhan beserta mereka. Yesus pun tidak bebas dari rintangan. Maka tak mengherankan bahwa para murid memperoleh bagian penganiayaan. Tetapi tak usah lah mereka cemas, sebab Roh Bapa-Nya akan berbicara melalui mereka.

DOA PEMBUKA: 

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber belas dan cinta kasih, resapilah kami kiranya dengan Roh Kudus, agar dapat mewartakan belas dan cinta kasih-Mu serta memasang lambang kesetiaan-Mu: Damai sejahtera bagi semua orang yang berkenan di hati-Mu. Demi Yesus Kristus….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Kejadian 46:1-7.28-30

“Sekarang bolehlah aku mati?”

Pada waktu itu berangkatlah Israel dengan segala miliknya, dan ia tiba di Bersyeba. Lalu dipersembahkannya kurban sembelihan kepada Allah Ishak, ayahnya. Bersabdalah Allah kepada Israel dalam penglihatan waktu malam, “Yakub, Yakub!” Sahutnya, “Ya, Tuhan.” Maka bersabdalah Allah, “Akulah Allah, Allah ayahmu, janganlah takut pergi ke Mesir, sebab Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar di sana. Aku sendiri akan menyertai engkau pergi ke Mesir dan tentulah Aku juga akan membawa engkau kembali; tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu nanti.” Maka berangkatlah Yakub dari Bersyeba. Anak-anak Israel membawa Yakub, ayah mereka, beserta anak dan isteri mereka, dan mereka naik kereta yang dikirim Firaun untuk menjemput. Mereka juga membawa ternak dan harta benda yang telah diperoleh mereka di tanah Kanaan. Lalu tibalah mereka di Mesir, yakni Yakub dan seluruh keturunannya bersama-sama dengan dia. Anak-anak dan cucunya, laki-laki dan perempuan, seluruh keturunannya dibawanya ke Mesir. Yakub menyuruh Yehuda berjalan lebih dahulu mendapatkan Yusuf, supaya Yusuf datang ke Gosyen menemui ayahnya. Dan sementara itu sampailah mereka ke tanah Gosyen. Lalu Yusuf memasang keretanya dan pergi ke Gosyen, mendapatkan ayahnya, Israel. Ketika Yusuf bertemu dengan ayahnya, dipeluknyalah leher ayahnya dan lama menangis pada bahunya. Berkatalah Israel kepada Yusuf, “Sekarang aku boleh mati, setelah aku melihat mukamu dan mengetahui bahwa engkau masih hidup.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 37:3-4.18-19.27-28.39-40

Ref. Orang-orang benar akan diselamatkan oleh Tuhan.

  1. Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia; bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memenuhi keinginan hatimu!

  2. Tuhan mengetahui hari hidup orang saleh, dan milik pusaka mereka akan tetap selama-lamanya; mereka tidak akan mendapat malu sewaktu ditimpa kemalangan, dan pada hari-hari kelaparan mereka akan menjadi kenyang.

  3. Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, maka engkau akan memiliki tempat tinggal yang abadi; sebab Tuhan mencintai kebenaran, dan tidak meninggalkan orang-orang yang dikasihi-Nya. Orang-orang yang berbuat jahat akan binasa, dan anak cucu orang-orang fasik akan dilenyapkan.

  4. Orang-orang benar akan diselamatkan oleh Tuhan; Dialah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan; Tuhan menolong dan meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik, Tuhan menyelamatkan mereka, sebab mereka berlindung pada-Nya.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Yoh 16:13a; 14:26b) Roh Kebenaran akan datang dan mengajar kalian segala kebenaran. Ia akan mengingatkan segala yang telah Kunyatakan kepadamu.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 10:16-23

“Bukan kalian yang akan berbicara, melainkan Roh Bapamu!”

Pada suatu hari Yesus bersabda kepada keduabelas murid-Nya, “Lihat, Aku mengutus kalian seperti domba ke tengah-tengah serigala! Sebab itu hendaklah kalian cerdik seperti ular, dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang. Sebab ada yang akan menyerahkan kalian kepada majelis agama, dan mereka akan menyesah kalian di rumah ibadatnya. Karena Aku kalian akan digiring ke muka para penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kalain, janganlah kalian kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kalian katakan, karena semuanya itu akan dikurniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kalian yang akan berbicara, melainkan Roh Bapamu. Dialah yang akan berbicara dalam dirimu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh; demikian pula seorang ayah terhadap anaknya. Anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kalian akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi barangsiapa bertahan sampai kesudahannya, akan selamat. Apabila mereka menganiaya kalian di suatu kota, larilah ke kota yang lain. Aku berkata kepadamu, sungguh, sebelum kalian selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Agustinus Riyanto SCJ

Vivat Cor Jesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dari Komunitas SCJ di Hongkong, dalam RESI, Edisi Jumat, 14 Juli 2023. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan berbahagia. 

Tema renungan kita pada hari ini, adalah: “Janganlah kalian kuatir, semuanya akan dikaruniakan kepadamu”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Matius 10:16-23. 

Para pendengar RESI yang terkasih, dalam bacaan Injil hari ini, Yesus menyampaikan pesan warta perutusan yang akan dijalankan oleh para Murid dengan mangatakan: “Lihat, aku mengutus kalian seperti domba ke tengah-tengah serigala! Hendaklah kalian cerdik seperti ular, dan tulus seperti merpati”.  

Apa yang disampaikan Yesus ini, bukan hanya menjadi pesan bagi ke dua belas murid-Nya pada zaman itu, tetapi juga menjadi pesan bagi kita semua para murid-Nya pada zaman ini. Terasa memang ada kesan tidak mudah dan bahkan sangat berat, tantangan dan kesulitan yang di hadapi oleh para pewarta kabar Gembira. Para Pewarta akan berhadapan dengan peritiwa yang yang tidak mudah, bahkan bertentangan dengan orang-orang terdekat yang tak jarang justru membuat para pewarta sabda akan menderita, tak mampu menjadi saksi Tuhan Yesus.

Namun kita semua hendaknya selalu diingatkan untuk tidak menjadi takut atau berkecil hati. Pada saat Yesus mengutus kita semua, pada saat yang sama, Yesus juga akan selalu menyertai kita dan memperlengkapi kita dengan rahmat yang kita perlukan. Tuhan Yesus sungguh meyakinkan kita dengan sabda-Nya: “…janganlah kalian kuatir…karena semuanya akan di karuniakan kepadamu saat itu juga.”

Para pendengar RESI yang terkasih, melalui sakramen Babtis, kita semua di panggil untuk menjadi pewarta sabda, menjadi misionaris pada zaman ini, di manapun dan kapanpun kita berada dan melayani. Marilah kita saling mendukung, dan tetap selalu berpegang dan percaya pada sabda Yesus, yang menjadi kekutan, peghiburan bagi kita semua. Yesus yang kita wartakan, Yesus kekuatan kita, terutama di saat kita berada dalam tantangan, kesulitan, dan menghadapi berbagai macam hambatan yang ada di depan kita pada saat kita mewartakan sabda-Nya.

Semoga Rahmat-Nya dan berkat-Nya selalu menguatkan kita dan menjadikan kita mampu bertahan sampai pada kesudahannya, dan lanyak memperoleh keselamatan.  

Semoga cinta Hati Kudus Yesus yang selalu meraja dalam hidup kita, menyertai kita, memampukan kita mejadi utusan-Nya, dan pewarta sabda-Nya, di sepanjang zaman. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa maha pengasih, berkenanlah menerima kami dan bersabdalah kepada kami melalui roti anggur ini, lambang perjanjian-Mu dengan kami. Demi Kristus, …..

ANTIFON KOMUNI – Matius 10:16.20

Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah serigala. Bukan kamu yang akan berbicara, tetapi Roh Bapamulah yang akan berbicara dalam dirimu.

DOA SESUDAH KOMUNI: 

Marilah berdoa: Allah Bapa maha pengasih, Engkau tidak jauh dari kami setiap kali berkumpul atas nama Yesus, lambang kasih setia-Mu. Semoga kami Kaujiwai dengan semangat-Nya, agar mampu membuktikan dalam hidup kami segala teladan yang telah diberikan-Nya Sebab Dialah.

DOWNLOAD AUDIO RESI:

No Comments

Leave a Comment