Minggu, 20 Agustus 2023 – Hari Minggu Biasa XX

Rm. Yohanes Dwi Wicaksono SCJ dari komunitas SCJ Dehon House Manila – Philipina

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mzm, 84:10-11

Ya Allah, Pelindung kami, pandanglah dan perhatikanlah wajah yang Engkau urapi. Lebih baik satu hari di pelataran- Mu daripada seribu hari di tempat lain.

PENGANTAR

Kerendahan hati dan kepercayaan yang ditunjukkan oleh perempuan Kanaan telah menjadi tanda nyata bahwa Allah pun berkenan menyelamatkan setiap orang yang mau beriman kepada-Nya. Karya keselamatan Allah tidak pernah dibatasi oleh sekat-sekat teritori, tetapi sangat ter- gantung pada sikap manusia: apakah mau menerima atau menolaknya?

TOBAT

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau diutus Bapa datang di dunia untuk menyelamatkan semua orang. Tuhan, kasihanilah kami. 

U : Tuhan, kasihanilah kami. 

I : : Engkau memanggil semua orang untuk bersatu dengan-Mu tanpa pandang bulu, tanpa mengucilkan atau mengasingkan siapa pun.Kristus, kasihanilah kami. 

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkau telah menyerahkan diri-Mu, menanggung sengsara dan wafat, namun bangkit demi kebahagiaan semua orang. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

DOA PEMBUKA:

Marilah kita berdoa. (hening sejenak) Ya Allah, Engkau menyediakan karunia bagi mereka yang mengasihi-Mu bahkan sebelum mereka minta. Curahkanlah kasih sayang-Mu ke dalam hati kami supaya kami, yang mengasihi Engkau dalam segalanya dan di atas segalanya, diperkenankan menikmati pemenuhan janji-janji-Mu, lebih dari yang kami rindukan. Dengan pengantaraan Yesus Kris- tus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. U Amin.

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Yesaya 56:1.6-7

“Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.”

Beginilah firman Tuhan: Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari pada-Ku, dan keadilan-Ku akan dinyatakan. Dan orang-orang asing yang menggabungkan diri kepada Tuhan untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama Tuhan dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku, mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 67:2-3.5.6.8

Ref. Segala bangsa bertepuktanganlah berpekiklah untuk Allah raja semesta.

  1. Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya. Kiranya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.

  2. Kiranya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai, sebab Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil, dan menuntun suku-suku bangsa di atas bumi.

  3. Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu. Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takwa kepada-Nya.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma 11:13-15.29-32

“Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.”

Saudara-saudara, aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku, yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan cemburu di dalam hati kaum sebangsaku menurut daging dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka. Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mati? Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan. Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya. Alleluya, alleluya.
S : (Mat 4:23) Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

BACAAN INJIIL : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 15:21-28

“Hai Ibu, sungguh besar imanmu!”

Pada suatu hari Yesus menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.” Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.” Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai Ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Krisrus.

RESI DEHONIAN DIBAWAKAN OLEH Rm. Yohanes Dwi Wicaksono SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria. 

Sembuh karena Terbuka

Membuka diri terhadap kemungkinan-kemungkinan baru bagi banyak orang tidaklah terlalu mudah. Di lingkungan masyarat, jika ada orang baru tidak jarang terjadi penolakan karena orang baru tidak sejalan dengan kebiasaan yang ada di masyarakat itu. Di lingkungan kerja, jika ada karyawan baru sering kali karyawan yang lama memperlakukan yang baru itu bukan seperti rekannya, tetapi sebagai senior dan yunior. Di bully, diplonco, bahkan disingkirkan. Di lingkungan gereja, jika ada gerakan liturgi atau lagu-lagu yang tidak seperti biasanya pastilah juga akan menjadi bahan omongan banyak orang, dianggap tidak sesuai dengan seperti biasanya terjadi, maka salah.

Hari ini Yesus menerima permintaan perempuaan Kanaan yang anak perempuannya kerasukan setan. Inisiatif bukan pertama-tama dari Yesus, namun perempuan itu yang mempunyai inisiatif, perjuangan, dan pengorbanan. Meskipun Yesus berkata keras, tetapi perempuan itu tetap teguh dengan keyakinan dan perjuangannya. Wanita itu tidak mudah sakit hati, apalagi putus asa. Maka terbukalah belas kasih Allah kepada perempuan itu dan juga anaknya.

Salah satu pesan yang bisa kita petik dari perikopa ini adalah bahwa Yesus mengajar kita untuk mempunyai sikap terbuka terhadap kemungkinan baru yang membawa kebaikan dan keselamatan. Yesus tidak terkungkung pada “melulu hanya orang Israel”. Dia menerima dan membuka diri bagi siapa saja, bahkan perempuan dari Kanaan itu. Menerima perempuan itu bukanlah sesuatu yang lumrah, bisa menjadi skandal bagi orang Yahudi. Tetapi Yesus justru menunjukkan penerimaan itu.

Demikian juga perempuan Kanaan itu pastilah sudah mengerti bahwa tidak mungkin dia berkomunikasi dengan tokoh orang Yahudi. Namun ketidakmungkinan itu menjadi kenyataan karena dia membuka diri atas kasih Allah. Dia tidak peduli dengan apa kata orang, fokusnya hanyalah kepada Yesus.

Rahmat Allah terbuka bagi siapa saja yang mau datang kepada-Nya. Maka marilah kita seperti perempuan Kanaan itu yang tiada putusnya mendekat pada Yesus. Hati-Nya selalu memberikan pengampunan dan kesembuhan. Mari kita persembahkan segala perkara hidup kita hanya kepada-Nya.

DOA UMAT: 

I : Doa yang lahir dari iman akan membawa keselamatan. Marilah kita berdoa kepada Allah Bapa kita dengan penuh iman dan kerendahan hati.

L : Bagi para pemimpin Gereja-gereja Kristus. Ya Bapa, terangilah para pemimpin Gereja-gereja Kristus, dalam berjuang bersama-sama memahami dan mewujudkan. kebenaran dalam Kristus di tengah-tengah dunia.

U :  Bukalah hati kami untuk semakin memiliki iman yang teguh akan penyertaan-Mu dalam setiap langkah hidup kami.

L : Bagi para bangsa: Ya Bapa, ciptakanlah kembali bangsa manusia menjadi umat-Mu yang rukun bersatu dalam cinta kasih.

U : Semoga kami tidak mudah menyerah dalam memperjuangkan kasih dan kebenaran-Mu bagi semakin banyak orang tanpa membeda bedakan. 

L : Bagi mereka yang belum mengenal Kristus: Ya Bapa, terangilah dan bimbinglah mereka yang belum mengebal Putera-Mu 

U : Semoga mereka menemukan kebahagiaan yang sejati di dalam kasih dan pemberian diri sebagaimana Kristus telah memberikan diri-Nya bagi keselamatan dunia,

L : Bagi kita bersama: Ya Bapa, bangunlah kami menjadi Gereja Kristus di mana Sabda-Nya didengarkan dengan gembira serta dihayati dengan iman. 

U : Ajarilah kami untuk memiliki iman yang hidup dalam menyambut Kerajaan-Mu di tengah dunia. 

I : Allah Bapa kami di surga, iman akan Yesus telah mempersatukan kami. Semoga kerukunan dan kesetiaan kami akan Sabda kebenaran-Mu tidak hanya membuat orang lain kagum, tetapi juga mendorong mereka untuk hidup seturut teladan Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. U : Amin.

LITURGI EKARISTI

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Ya Allah, terimalah persembahan ini, yang menandakan kasih-Mu bagi kami dan bakti kami kepada-Mu. Semoga dengan mempersembahkan apa yang kami terima dari pada-Mu kami layak menerima Engkau sendiri. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. U Amin.

ANTIFON KOMUNI –  Mzm. 130:7 

Pada Tuhan ada kasih setia dan penebusan berlimpah.

DOA SESUDAH KOMUNI :

Marilah kita berdoa: Ya Allah, dengan menyambut sakramen ini kami dipersatukan dengan Kristus. Dengan rendah hati kami mohon kemurahan-Mu supaya di dunia kami menyerupai Dia dan di surga kelak berbahagia bersama Dia, ialah Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa. U : Amin.

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

1 Comment

Leave a Comment