Rabu, 24 April 2024 – Hari Biasa Pekan IV Paskah

Rm. C. Wahyu Tri SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA  — Mazmur 18:50; 22:23⁣

Aku hendak memuji Engkau, ya Tuhan, dan mewartakan nama-Mu kepada saudara-saudaraku. Aleluya.⁣⁣

PENGANTAR: ⁣

Bila di dalam gua tiba-tiba obor padam, orang bergembira kalau dapat memegang tangan pemandu. Rasanya aman dan mantap, sekalipun tak mampu melihat sesuatu. Demikianlah bagi kita, Yesus adalah cahaya terang dan tangan pembimbing. Kalau kita mengimani Dia dan mematuhi sabda-Nya, maka kita berada dalam terang cahaya-Nya dan kita akan diutus-Nya seperti para murid pertama untuk memberi kesaksian tentang Sang Cahaya dan mewartakan kabar gembira.⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa kami, Engkaulah kehidupan umat beriman. kemegahan orang-orang kecil dan kebahagiaan orang-orang saleh. Dengarkanlah kami yang haus akan janji-Mu dan puaskanlah kami dengan kelimpahan-Mu. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, …..⁣⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kisah Para Rasul 12:24 – 13:5a

“Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku.”

Pada waktu itu firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang. Setelah menyelesaikan tugas pelayanan mereka, Barnabas dan Saulus kembali dari Yerusalem ke Antiokhia. Mereka membawa Yohanes, yang disebut juga Markus. Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu Barnabas dan Simon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus. Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi. Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus. Setiba di Salamis mereka memberitakan firman Allah di dalam rumah-rumah ibadat orang Yahudi.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 67:2-3.5.6.8

Ref. Pujilah Allah alleluya, alleluya

  1. Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya. Kiranya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.

  2. Kiranya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai, sebab Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil, dan menuntun suku-suku bangsa di atas bumi.

  3. Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu. Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takwa kepada-Nya.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U :  Alleluya, alleluya.
S :  (Yoh 8:12) Akulah terang dunia, sabda Tuhan, barangsiapa mengikut Aku, ia akan mempunyai terang hidup.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 12:44-50

“Aku telah datang ke dunia sebagai terang.”

Sekali peristiwa, Yesus berseru di hadapan orang-orang Farisi yang percaya kepada-Nya, “Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia percaya bukan kepada-Ku, tetapi kepada Dia yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia yang telah mengutus Aku. Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, bukan Aku yang menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan; itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman. Sebab bukan dari diri-Ku sendiri Aku berkata-kata, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku, untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana difirmankan oleh Bapa kepada-Ku.”
Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. C. Wahyu Tri SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Renungan: Ada 2 hal yang hendak dibagikan kepada para saudara tentang memperoleh hidup kekal. 

Pertama, untuk memperoleh hidup kekal maka Kita harus memilih Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Mengapa hal ini sangat mendasar bagi iman kristiani? Karena Yesus dan allah itu satu. Yesus itu adalah sabda Allah yang menjelma menjadi manusia. Yesus mengatakan iman kepadanya adalah iman yang menentukan hubungan kita dengan Allah Bapa. Dengan menerima Yesus, kita menerima ALLAH sang pencipta yang berkuasa atas semesta dan kehidupan. Untuk mengenal Allah secara benar maka kita harus mengenal Yesus. 

Kedua, menerima Yesus Kristus berarti kita menerima dan melaksanakan sabda dan keteladanan hidupnya. Oleh karena itu, menjadi seorang Kristen itu berarti hidupnya, pemikiran, Keputusan, tindak-tanduknya dituntun oleh Kristus. Bagaimana kita bisa mengenal Yesus? 1. Bacalah Kitab suci. 2. Dengarkan pengajaran Gereja katolik. Karena untuk mengenal Yesus yang benar, Gereja lah yang paling kredibel mengajarkannya. Gereja katolik itu apostolik artinya apa yang dikatakan atau ajarkan tentang Yesus berasal dari kesaksian para rasul yang hidup dekat dengan Yesus sendiri.  3. Sambutlah rahmat Ilahi melalui 7 sakramen yang telah Kristus wariskan dalam gereja. 4. Bersekutulah dengan umat. Karena Kristus hadir dalam Persekutuan. 5. Bangunlah hidup doa secara personal. 6. Kasihlah sesamamu khususnya mereka yang lemah dan menderita serta tersingkir.

Saudari-a semoga hal-hal di atas semakin meneguhkan iman kristiani anda. Jangan goyah. Terhadap aneka warta yang selama ini berseliweran di aneka media. Jagalah keluarga kita dari semua hal yang membuat kita meragukan Kristus dan penyesatan-penyesatan. Semoga Hati Yesus menyertai hati Anda dalam memupuk iman. Damai dan sejahtera selalu beserta kita.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Allah Bapa mahabaik, roti anggur ini akan Kauubah menjadi tubuh dan darah Kristus. Demikian pula kami manusia lemah ini, Kauangkat menjadi putra dan putri-Mu sendiri. Kami mohon, semoga hidup kami sesuai dengan kebenaran yang kami imani. Demi Kristus, ….⁣⁣

ANTIFON KOMUNI – lih. Yohanes 15:16.19⁣

Tuhan bersabda, “Akulah yang memilih kamu. Kamu telah Kutetapkan agar pergi dan berbuah, dan buahmu tinggal tetap.” Aleluya.⁣⁣

DOA SESUDAH KOMUNI⁣

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber kehidupan baru, Engkau telah menyegarkan umat dengan sakramen-Mu. Semoga kami dapat beralih dari hidup lama ke hidup yang baru. Demi Kristus,…⁣⁣

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

4 Comments

  • Herlin April 24, 2024 at 6:01 am

    Amin

    Reply
  • Veronica April 24, 2024 at 6:22 am

    Amin.
    Trimakasih Moyu, semakin dikuatkan.

    Reply
  • dwi H April 24, 2024 at 7:49 am

    hemmm..makasih Romo wahyu…salam

    Reply
  • Firmus dega April 24, 2024 at 10:23 am

    Makasih Romo

    Reply

Leave a Comment