Minggu, 08 Agustus 2020 – Rena Dehonian

Fr. Cornelius Maruli Widyawan dari Komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting Lampung – Indonesia

 

Vivat Cor Jesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Kudus Yesus melalui Hati Maria.

Haloo adik-adik semuanya, apa kabar? Frater harap kabar adik-adik dan keluarga baik semua, dalam naungan kebaikan Tuhan Yesus. Adik-adik terkasih, salam jumpa dengan Frater dalam RENA ( renungan anak) Dehonian, Vivat Cor Iesu- Per Cor Mariae. Perkenalkan ya… Nama frater, Cornelius Maruli, biasa dipanggil Frater Maruli, Frater berasal dari Tugumulyo, Musi Rawas. Sekarang frater berada di Postulat-Novisiat St. Yohanes, Gisting, Lampung. 



Adik-adik yang dicintai Tuhan Yesus, frater mau tanya nih. Siapa yang takut dengan hantu ?

Frater ingat, waktu kecil, frater juga takut dengan namanya hantu; takut lewat pohon beringin besar karena itu rumah hantu, takut lewati rumah kosong, takut lewati kuburan, takut di rumah sendiri, takut kalau di rumah sedang mati lampu. Banyak cerita-cerita di TV sekarang ini, yang membuat kita membayangkan kalo ada hantu dimana-mana. 

Hari ini, para murid merasa takut, karena mengira Yesus yang berjalan di atas air adalah hantu. Para murid heboh, berteriak-teriak karena takut. mereka terkejut dan berseru: “Itu hantu!”. Tapi Yesus segera berseru, “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!”

Hari ini kita belajar apa yah dari kisah dalam Injil:

Pertama, Yesus adalah Tuhan yang mahakuasa. Bayangkan, Yesus bisa berjalan di atas air. Tapi Yesus bukan hantu yah… Hantu itu tidak punya tubuh, sedangkan Yesus bisa diraba dan dipegang waktu itu. Bahkan semua hantu takut dengan Yesus. Yesus tidak terkalahkan. Maka, suatu saat jika adik-adik merasa takut pada hantu, setan atau yang lain, sebut nama Tuhan Yesus yaa.. 

Kedua, Jangan hanya sebut nama Yesus, tapi harus juga kenal dan dekat pada Yesus. Kalo kita menyebut dan memanggil nama orang, tapi orang itu tidak kenal kita maka dia tidak akan menoleh kan. Maka ayo menjadi lebih dekat dengan Yesus, bagaimana caranya ? Ikut ke Gereja bersama orang tua, membaca Kitab Suci dan jangan lupa berdoa. Waduh frater , doa apa yah ? Hemmm…lah dengan doa yang diajarkan Yesus kepada kita. Hayooo siapa yang sudah hafal ? …

Mari kita menutup renungan ini dengan doa “Bapa kami”, doa yang langsung diajarkan Yesus.

Bapa kami yang ada di surga
Dimuliakanlah namaMu
Datanglah KerajaanMu
Jadilah kehendakMu
Di atas bumi seperti di dalam surga
Berilah kami rejeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami
Seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukan kami kedalam pencobaan,
tapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin


 

Sebagai bahan kreatifitas, adik-adik silahkan mewarnai gambar berikut ya. Adik-adik bisa minta tolong Ayah, Ibu, atau kakak untuk download gambarnya.

4 Comments

  • Lorentia Maria Kuspanti Agustus 9, 2020 at 2:40 am

    Berkah Dalem
    Semoga selalu sehat Fr. Marble
    Salam dari Natalie dan Putri

    Reply
    • Lorentia Maria Kuspanti Agustus 9, 2020 at 2:42 am

      Berkah Dalem
      Semoga selalu sehat Fr. Maruli
      Salam dari Natalie dan Putri

      Reply
  • Cornelis Mandonza Agustus 9, 2020 at 3:40 am

    Selamat hari Minggu Fr. Maruli. Salam hangat dari FX Kuta. Doa semua tim Katekese FX Kuta untuk Fr dan semua frater SCJ.

    Reply
  • yulius Agustus 10, 2020 at 12:00 pm

    Luar biasa renungannya Ter. Salam buat Romo Magister n Para Frater

    Reply

Leave a Comment