Minggu, 06 September 2020 – Rena Dehonian

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang – Indonesia





Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik Hebat….. Hebat….. Hebat…… Jumpa lagi dengan Br. Gatot SCJ dari Palembang..
Vivat Cor Jesu….. Per Cor Marie..

Halo Adik-adik, selamat di atang di bulan September.. Bulan September Gereja mengkhususkan sebagai Bulan….. Bulan apa yaaa… Ada yang tahu? Iyaa Bulan KITAB SUCI!!!! Nah kira-kira temanya apa yaaaa…. Tema Bulan Kitab Suci kita tahun ini adalah.. MEWARTAKAN KABAR BAIK DI TENGAH KRISIS IMAN DAN IDENTITAS.
Namun sebelumnya, bruder akan menyapa teman-teman dulu ya.. Ada Mas Deo, dik Kristo, Kak Agnes, dik Keila, dik Kanaya,  ada si kembar Fael dan Biel, Kakak Joe, kak Vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, mas naren, mas Bagas, mas Evan, mas Rendra, mas Bisma, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar… Semuanya siap menyambut bulan Kitab Suci dengan lebih rajin membaca dan mendengarkan kitab suci.. khususnya melalui Rena Dehonian.
Nah adik-adik, sebelum bruder melanjutkan Rena kita, mari kita dengarkan bacaan Injil dulu ya. Tetapi sbeelumnya kita membuat tanda KEMENANGAN KRISTUS DULU, kita buat tanda salib dulu yuk…….
Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

BACAAN INJIL diambil dari Injil Yesus Kristus karangan Santo Matius bab 18 ayat 15 sampai dengan ayat 20

“Jika seorang berdosa mendengarkan nasihatmu, engkau telah mendapatnya kembali.”

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Apabila  saudaramu berbuat dosa, tegurlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan dikau, bawalah seorang atau dua orang lain, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.
Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai orang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai.
Aku berkata kepadamu: Sungguh, apa yang kalian ikat di dunia ini akan terikat di surga, dan apa yang kalian lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga.
Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang di antaramu di dunia ini sepakat meminta apa pun, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di surga. Sebab di mana ada dua atau tiga orang berkumpul demi nama-Ku, Aku hadir di tengah-tengah mereka.”


Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus

Adik-adik yang dikasihi dan mengasihi Tuhan Yesus, Bruder punya cerita nih..
Suatu hari Rini berangkat ke sekolah, lalu dia melihat teman-temannya sedang berkumpul dan tertawa cekikian. Rini heran lalu bergabung dengan mereka. Ternyata mereka sedang ngrumpi atau membiacarakn tsalah seorang teman mereka si Anto. Kata Tuti, “Eh teman-teman, kemrin aku lihat si Anto nyontek lo.. aku lihat dia membawa kertas contekan di celananya.. ih ngga tahu malu. Sudah miskin masih nyontek lagi.”
“Iya benar, si anto suka tidru di kelas, ngantukan. Dia pemalas!” kata teman yang lain. Kemudian Rini, berkata kepada teman-temannya itu. “Teman-teman, tidak baik membicarakn kejelekan orang lain. Itu dosa lo. Ingat kata guru sekolah minggi kita. Sebaiknya kalai memang melihat teman kita mencontek, kita menasehati secara baik-baik dengan penuh kasih. Tidak malah menjelek-njelekkan atau membiacarakan dengan orang lain.”
“Huuuuu sok suci1” Kata teman-teman Rini sambil mencibir. Tetapi Rini tersenyum dan segera menuju ke kelas.

Setelah sekolah usai. Rini menyapa Anto, “Anto, boleh ngga nanti Rini bicara sebentar. Ada yang mau rini bicarakan.” Jawab Anto, “Boleh Rin. Mau biacara apa?”
“Begini Anto, ada teman yang mengatakan bahwa Anti kemarin waktu ulangan IPA nyontek ya? Apakah Anto tidak belajar?” Tanya Rini. Anto menundukkan kepala, “ Iya Rini, aku mencotek. Semalam aku tidak belajar. Aku Menunggu Ayah yang sedang sakit. Sementara Ibu harus berjualan untuk mencari nafkah. Kalau ibu tidak berjualan, kami ngga bisa makan Rini?

Duh Rini kaget dan sedih sekali, “Ayahmu sakit apa Anto, apakah sudah di bawa ke dokter?” Ayah jatuh dari kendaraan Rini, Ayah kerja kan sebagai tukan ojek online. Dia Ketabrak motor. Motornya ayah rusak, dan ayah sakit maka tidak bisa mencari nafka?” Rini sedih dan menepuk bahu Anto.” Tidak apa-apa Anto, aku doakan semoga ayahmu cepat sembuh. Aku akan biacar dengan Papaku yang kebetulan dokter, siapa tahu Papa bisa menolong ayahmu.”

“Benar Rin! Duh terima kasih ya Rin!” kata Anto. “Sama-sama Anto, tapi Anto jangan mencontek lagi ya?” Kata Rini. “Baik Rini, Anto janji Anto tidak akan mencontek. Anto akan belajar rajin. “
“Puji Tuhan…” Kata Rini.

Nah Adik-adik, itulah yang benar yang harus dikatakan. Seperti nasehat Tuhan yesus, kalau ada teman-teman kita yang salah kita harus menasehati empat mata, artinya diajak bicara dengan baik baik dan penuh kasih, bukan malah ngrumpi dengan orang lai. Sepeti Tema bulan kitab suci kita kali ini ya. Kita harus mewartakan kahabr baik, bukan malah ngrumpi atau mewartakan kabar buruk, kabar negatif tentang teman-teman kita, apalagi mewartakan kabar bohong atau hoax….

Adik-adik marilah kita berdoa: Ya Yesus yang baik. Berkatilah kami ya Tuhan, berkatilah mulut kami supaya selalu mewartakan kabar baik, kabar suka cita, dan selalu memberi penghiburan kepada teman-teman kami yang menderita. Amin.

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus Amin
Sampai jumpa adik-adik.. Tuhan memberkati. Berkah Dalem… Amin…

No Comments

Leave a Comment