Minggu, 13 September 2020 – Rena Dehonian

Fr. Andreas Agung Yubile dari Komunitas Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting Lampung Indonesia

 

BERANI MENGAMPUNI

By. Fr. Andreas Agung Yubile

Vivat Cor Iesu, Per Cor Mariae.

Hallo adik-adik? Berjumpa lagi bersama frater dalam Rena – Renungan Anak Dehonian. Apa kabar semuanya? Pastinya selalu sehat dan penuh sukacita ya. Perkenalkan nama Frater, Fr. Andre. Frater berasal dari Paroki St. Petrus Kenten Palembang. Sekarang Frater berada di rumah formasio Postulat-Novisiat SCJ St. Yohanes Gisting, Lampung.

            Frater sekarang punya cerita singkat yang menarik loh. Begini ceritanya. Suatu ketika tanpa sengaja, Didik memecahkan piring saat membantu ayahnya mencuci piring. Dengan sedikit cemas, Didik meminta maaf atas perbuatannya. Menariknya, sang ayah tidak memarahi Didik tetapi memaafkan kesalahan Didik dan menasihati agar dirinya dapat bertindak dengan lebih hati-hati.

            Adik-adik yang dicintai Tuhan, Frater mau tanya nih, siapa yang pernah melakukan kesalahan? Pasti kita semua pernah ya. Lalu, apa yang kita lakukan setelah kita berbuat salah? Ya, kita akan meminta maaf atas perbuatan salah yang sudah kita lakukan. Dari situ, kita pasti berharap agar kita dimaafkan. Lalu, kalau ada orang lain yang meminta maaf kepada kita, adik-adik mau memaafkan gak? Anak-anak Tuhan yang baik pastinya mau dong memaafkan dengan tulus. Selain itu, kita juga gak boleh pilih-pilih untuk memaafkan orang lain ya.

            Adik-adik yang disayangi dan menyayangi Tuhan, Tuhan Yesus hari ini mau mengajak kita untuk mau menjadi orang yang mudah untuk memaafkan atau mengampuni. Dalam Injil yang sudah kita dengar hari ini, Yesus mengatakan bahwa kita harus mengampuni sebanyak tujuh puluh kali tujuh kali. Wah… banyak sekali ya! Itu artinya kita tidak boleh berhenti untuk mengampuni. Karena dengan mengampuni, persahabatan kita dengan orang lain akan menjadi erat kembali. Lebih dari itu yang paling penting ialah persahabatan kita dengan Tuhan Yesus pun juga semakin erat dan kita semakin dicintaiNya.

            Mengapa sih kita harus mengampuni? Nah adik-adik, ternyata Tuhan Yesus itu sudah lebih dahulu mengampuni kita. Baik sekali ya Tuhan Yesus. Maka dari itu, untuk bayarannya kita pun juga harus bisa saling mengampuni dengan sesama supaya orang lain pun juga merasa bahagia karena Tuhan Yesus juga sudah mengampuni mereka.

            Semoga kita berani untuk melakukannya dengan tulus ya. Sampai jumpa di renungan selanjutnya. Tuhan memberkati.

No Comments

Leave a Comment