Minggu, 27 September 2020 – Rena Dehonian

Fr. Moses Putra Gautama dari komunitas Postulat-Novisiat SCJ Gisting Indonesia

 

Siapa yang pernah dimintai tolong oleh bapak, ibu, guru, kaka, adik atau teman? Semua pasti pernah dimintai tolong. Mungkin adik-adik diminta tolong menjaga adik bayi yang masih kecil, atau diminta menghapus tulisan di papan tulis, atau diminta tolong untuk mengambilkan hape dan banyak lagi cotoh lain. Kalau diminta tolong adik-adik pasti pernahmeolak, kan? Entah karena malas atau karena tidak bisa.

Nah, Injil hari ini menceritakan tentang dua anak. Anak yang pertama itu suka berbohong. Katanya mau pergi ladang, tapi kok gak jadi. Anak kedua itu memang bandel karena tidak mau disuruh. Tetapi, si anak kedua ini langsung sadar kalau dia salah, terus dia akhirnya membantu bapaknya di ladang. Wah, ternyata anak kedua ini baik hati ya, adik-adik?

Terus gimana dengan adik-adik? Apa adik-adik suka berbohong kalau diminta bantuan? Apa adik-adik selalu membantu orang lain? Kalau adik-adik mau jadi seperti anak kedua yang baik banget, adik-adik harus bisa membantu kalau bisa membantu. Kenapa sih kita harus membantu orang lain? Bukannya cuma bikin repot aja? Kita berbuat baik karena Yesus sudah duluan berbuat baik sama kita. Buktinya, adik-adik masih bisa bernafas, masih bisa makan, bermain, sekolah dan masih banyak lagi kebaikan Yesus yang adik-adik terima. Bener gak nih? Tapi, pesen frater kalau tidak bisa membantu ya tidak usah membantu. Nanti, adik-adik malah kecapekan atau gak bisa belajar atau mungkin samapai lupa berdoa. Kan bahaya banget tuh.

Nah, dengan adik-adik membantu orang lain, adik-adik sudah membuat Yesus bahagia dan semakin sayang sama adik-adik. Ternyata mudah kan cara bikin Yesus bahagia? Hanya dengan membantu, tetapi syaratnya adik-adik harus membantu dengan ikhlas. Jangan sampe tuh adaniat buat dapet uang jajan lebih banyak atau supaya dibeliin mainan baru. Yang kayak gitu dilarang sama Yesus.

Akhirnya, adik-adik harus sering berdoa dan minta sama Tuhan supaya adik-adik bisa membantu orang lain dengan ikhlas. Tuhan memberkati.

No Comments

Leave a Comment