Minggu, 22 November 2020 – Rena Dehonian – Masa Adven I

Br. Andreas Gatot Yudoanggono SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang – Indonesia

 

Audio Rena:

Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik? Hebat….. Hebat….. Hebat…… Jumpa lagi dengan Br. Gatot SCJ dari Palembang.. Vivat Cor Jesu….. Per Cor Marie..

Halo Adik-adik, selamat memasuki masa Adven.. Hari ini lilin adven sudah menyala satu. Nah pada hari ini bruder akan menceritakan makna atau arti dari Lingkaran adven ya adik-adik.. namun terlebih dulu kita juga mendengarkan sabda Tuhan ya adik-adik agar kita juga disegarkan dan sabda Tuhan dan mendapat peneguhan dari sabda Tuhan. 

Namun sebelumnya, bruder akan menyapa teman-teman dulu ya: Ada Mas Deo, dik Kristo, Kak Agnes, dik Keila, dik Kanaya,  ada si kembar Fael dan Biel, Kakak Joe, kak Vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, mas naren, mas Bagas, mas Evan, mas Rendra, mas Bisma, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar… Mari kita siapkan hati kita pada masa adven ini agar nanti kita layak dan pantas menyambut kedatangan Tuhan di Hari Raya natal…

Nah adik-adik, sebelum bruder melanjutkan Rena kita, mari kita dengarkan bacaan Injil dulu ya. Tetapi sbeelumnya kita membuat tanda KEMENANGAN KRISTUS DULU, kita buat tanda salib dulu yuk…….

Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

Bacaan dia ambil dari Injil yesus Kritus karangan Santo Markus bab 13 ayat 33 sampai dengan ayat 37

“Berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah pulang!”

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba. Ibaratnya seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing sesuai dengan tugasnya, dan memerintahkan supaya penunggu pintu berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah itu pulang: Menjelang malam atau tengah malam, atau larut malam atau pagi-pagi buta. Hal ini Kukatakan supaya kalau ia tiba-tiba datang, jangan sampai kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu Kukatakan kepada semua orang: Berjaga-jagalah!” 

Demikianlah Injil Tuhan. Terpujilah Kristus

Adik-adik yang dikasihi dan mengasihi Tuhan Yesus, seperti yang bruder katakana tadi bahwa kita sudah measuli masa Adven.. masa Adven atau Adventus artinya kedatangan. Kedatangan siapa adik-adik? Iya kedatangan Tuha Yesus.. Maka masa Adven adalah masa penantian untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus, Baik kedatangan saat Hari Raya natal maupun kedatangan Yesus yang kedua saat akhir zaman.. kapan itu kedatangan Yesus yang kedua.. wahh tidak ada yang tahu adik-adik… Hayanya Allah bapa sendirilah yang tahu.. Maka Tuhan Yesus mengundang kita agar selalu berjaga-jaga.. seperti bacaan yang kita dengan hari ini ya adik-adik.. Seperti ayat emas yang bruder pilihkan yaitu Markus 13:33 “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.”

Nah adik-adik Lilin Adven ada empat kan.. Nah lilin pertama yang dinyalakan warnanya ungu bermakna Harapan, :Lalu Lilin kedua yang berwarna ungu juga mengandung arti Kesetiaan dan Cinta, Lilin ketiga yang berwarna Pink (merah muda) ini bermakna Suka Cita karena natal hamper tiba. Dan lilin keempat berwarna ungu dan ini lilin terakhir melambangkan  Perdamaian.

Nah adik-adik sekarang lilin adven telah menyala satu, artinya kita memasuki minggu Harapan, namun ditengah harapan kita juga harus senantiasa berjaga-jaga juga lo adik-adik.. Misalnya nya nih.. adk-adik apa harapannya nanti kalua semeseter sekolah ini usai, atau akhir tahun pelajaran ini usai… hayo apa harapan adik-adik.. Hmmm harapannya pasti naik kelas kannn… Iya Tidak.. ada yang harapannya tinggal kelas.. hahahaha ngga ada kan.. tapi agar bisa naik kelas. Apa usahanya.. tiduran terus, main hp terus, pesta terus, jalan-jalan terus.. gitu ya.. ngga kann.. Nah adik-adik pasti harus belajar kan.. Bruder percaya kalian anak-anak Tuhan pasti rajin belajar, tidak menunggu ada ulangan atau ada ujian.. iya nga…

Nah itulah berjaga-jaga.. harapannya naik kelas usahanya yaitu belejar. Tidak menunggu mau ulangan saja tetap setiap hari rajin belajar. Kita juga hrsu begitu adk-adik sebagai umat Katolik, sahabat yesus, murid-,murid yesus.. Kita harus setiap hari berhaga-jaga.. Artinya setiap hari harus menjadi anak yang baik.. bukan hnaya mau natal atau mau paskah, atau saat mau menyambut Tuhan Yesus dating saja.. Tetapi setiap hari kita harus menjadi anak yang baik. Rajin berdoa, tidak hanya rajin berdoa saat mau misa saja, tetapi setiap hari, baik di rumah, di sekolah, di gereja, di mana saja.

Juga berbuat baik kepada sesame di mana saja, kapan saja saat orang membutuhkan kita. Nah adik-adik berjaga-jaga itu artinya kita melakukan yang terbaik bagi Tuhan yesus dan Sesama kapan saja, tanpa mengharapkan pujian, baik di puji maupu tidak dipuji kita tetap menjadi orang baik. Nah itu baru murid-murid Tuhan yesus..

Nah sekranag Tugas adik-adik adalah membuat jadwal berdoa setiap hari, terserah mau kapan saja yang penting adik-adik berdoa, dan adik-adik berusaha untuk selalu membantu teman—oke.. siap.. Siap Bruder.. Gitu dong…

Adik-adik marilah kita berdoa: Tuhan Yesus, berkatilah kami ya Tuhan di masa Adven ini, agar kami selalu berjaga-jaga menyambut kedatanganmu dengan rajin berdoa dan menolong sesame. Amin. Amin

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus Amin

Sampai jumpa adik-adik.. Tuhan memberkati. Berkah Dalem..

No Comments

Leave a Comment