RENA Minggu, 02 Mei 2021 – Minggu Paskah V

Br. Andreas Gatot SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

 

AUDIO RENA

Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik? Hebat….. Hebat….. Hebat…… Jumpa lagi dengan Br. Gatot SCJ dari Palembang.. Vivat Cor Jesu….. Per Cor Marie..

Selamat Hari Minggu adik-adik yang cantik-cantik dan genteng-ganteng.. adik-adik yang mencintai dan dicintai Hati Yesus.. Hari ini kita memasuki minggu paskah yang ke lima. Nah hari ini Tuhan Yesus berkisah tentang pohon anggur. Waahhh seperti apa ya.. karena di tempat Tuhan Yesus berada memang banyak sekali pohon anggur, disamping dimakan buahnya juga dibuat minuman anggur. Hmmmm.. Bagaimana kisahnya.. nanti adik-adik bisa membaca dan mendengarkan lewat bacaan injil yang akan bruder bacakan ya..

Tapi sebelum bruder lanjutkan rena kita.. bruder akan sapa teman-teman dulu ya.. Fael, Biel, Kak Joe, kak vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, mas naren, mas Bagas, mas Evan, mas Rendra, mas Bisma, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen, luisa,  dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar… 

Adik-adik…mari sebelum kita mendengarkan Injil yang akan bruder bacakan kita buat tanda salib dulu yuk……. Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

Kita dengarkan kisah Yesus Pokok Anggur yuk, Kisah ini diambil dari injil karangan St.  Yohanes bab 15, ayat 1 sampai dengan ayat 8

“Barangsiapa tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak.”

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Akulah pokok anggur yang benar, dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya, dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya supaya berbuah lebih banyak. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam aku, ia dibuang ke luar seperti ranting yang menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak, dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.” 

Demikianlah Injil Tuhan. Terpujilah Kristus

Adik – adik yang pernah melihat pohon anggur? Wah banyak yang pernah melihat ya.. Atau ada yang mempunyai pohon anggur di rumah? Bruder dulu juga punya, tapi saying mati karena dimakan hama. Phon anggur itu banyak cabangnya dan merambat. Kalau adik-adik penasaran adik-adik bisa tanam dari bijinya ya.. hehehe tetaoi harus menunggu dengan sabar ya.

Yang pasti adik-adik semuanya pasti pernah makan buahnya kan? Kira – kira rasanya bagaimana ya? Iya ada yang masnis, ada juga yang asam atau kecuttttt. Hehehe. Warna buah anggur pun macam-macam ya adik-adik, ada yang merah, ungu dan hijau.

Nah bacaan injil yang baru saja kita dengar membicarakan bahwa Tuhan Yesus adalah adalah pokok anggur yang benar. Adiki-adik tahu tidak apa yang dimaksud dengan “pokok anggur” itu. Pokok anggur itu adalah bagian batang yang utama. Batang yang paling besar sendiri dan yang tumbuh dari tanah. Nah setelah pokok anggur itu akan muncul banyak cabang dan ranting.

Tuhan Yesus bersabda: “Tinggallah didalam Aku dan Aku didalam kamu..”(ayat 4). Artinya Tuhan Yesus meminta kita agar kita selalu bersama Tuhan YESUS, dan menerima Tuhan YESUS dengan sepenuh hati kita.
Sehingga Tuhan Yesus selalu hadir didalam hidup kita, ketika kita tidur, ketika kita belajar, ketika kita main, ketika kita bepergian, ketika kita di sekolah, pokoknya di manapun kita berada.
Dalam hidup kita harus selalu ada Tuhan YESUS, dan Tuhan Yedsus ada dalam diri kita masing – masing, agar kita menghasilkan buah yang baik, ap aitu buahnya yang baik, buahnya adalah rasa rasa damai, bahagia, sukacita, cinta kasih, semangat, dll.
Tetapi kalau tidak ada YESUS dalam diri kita, maka hidup kita akan terasa hampa, lalu kita akan merasa tidak bahagia, tidak ada rasa damai, mudah putus asa, galau, apa lagi… letoy hehehe, apa lagi.. dll.
Bersama YESUS, kita akan selalu merasakan hati yang gembira, dan berkat – berkat yang baik akan selalu kita terima.

Ya, siapa yang mau ikut Yesus, hayooo…

Yuk, kita nyanyikan lagu :  Yesus pokok dan kitalah carangnya

Yesus pokok dan kitalah carangnya
Tinggallah didalam Dia   (3x)
Pastila kau akan berbuah
Yesus cintaku, kucinta Kau
Kau cinta Dia    (2x)

Adik-adik Mari Berdoa:

Tuhan Yesus yang baik, Terima kasih Tuhan bahwa kami boleh tinggal dalam diriMu dan Tuhan Yesus tinggal dalam diri kami. Kami mohon berkatMu ya Tuhan agar kami selalu setia untuk mendengarkan sabda-Mu dan melaksanakannya. Sehingga kami mendapatkan berkatMu yang melimpah dan menjadi anak-anak yang baik. Amin.

Dalam nama bapa dan Putra dan Roh kudus..

Amin

Sampai jumpa adik-adik Tuhan memberkati. Berkah Dalem..

 

No Comments

Leave a Comment