RENA Minggu, 24 Oktober 2021 – Minggu Biasa XXX

Fr. Antonius Elvansyah dari komunitas Postulat-Novisiat SCJ Gisting Indonesia

 
 
 

AUDIO RENA

 

Halo adik-adik, vivat cor Iesu per cor mariae! Selamat jumpa dalam Rena (Renungan Anak Dehonian). Perkenalkan nama frater, Frater Antonius Elvansah. Frater biasa disapa Fr. Elvan. Bagaimana, sudah siap mendengarkan renungan hari ini? Sebelumnya, kita dengarkan dulu yuk Sabda Tuhan hari ini. Adik-adik bisa ambil Kitab sucinya. Kita buka dari Injil

 
BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 10:46-52

“Rabuni, semoga aku dapat melihat.”

Pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Yerikho. Ketika Yesus keluar lagi dari kota itu bersama murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, duduklah di pinggir jalan seorang pengemis yang buta,bernama Bartimeus, anak Timeus. Ketika didengarnya bahwa yang lewat itu Yesus dari Nazaret, mulailah ia berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku.” Banyak orang menegurnya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru, “Anak Daud, kasihanilah aku!” Maka Yesus berhenti dan berkata, “Panggillah dia!” Mereka memanggil si buta itu dan berkata kepadanya, “Kuatkanlah hatimu! Berdirilah, Ia memanggil engkau.” Orang buta itu lalu menanggalkan jubahnya. Ia segera berdiri, dan pergi mendapatkan Yesus. Yesus bertanya kepadanya, “Apa yang kaukehendaki Kuperbuat bagimu?” Jawab orang buta itu, “Rabuni, semoga aku dapat melihat!” Yesus lalu berkata kepadanya, “Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!” Pada saat itu juga melihatlah ia! Lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Baru saja kita mendengarkan Sabda Tuhan. Menarik bukan? Injil Markus tadi mengisahkan tentang Tuhan Yesus yang melakukan mukjizat. Wow hebat ya, Yesus? Hari ini, Yesus menyembuhkan orang buta, namanya Bartimeus. Dalam kisah tadi Bartimeus meminta permohonan kepada Yesus. Ketika ia ditanya oleh Yesus, apa yang dia mau supaya Yesus perbuat kepadanya, Bartimeus meminta satu permohonan supaya ia dapat melihat. Tuhan Yesus mengabulkan permintaannya. Bartimeus sembuh sebab ia percaya bahwa Yesus adalah Tuhan yang akan menyembuhkannya.

Mengapa ya, Yesus dipercaya banyak orang bisa melakukan banyak mukjizat, sampai banyak orang datang kepada Yesus untuk disembuhkan, salah satunya menyembuhkan orang buta yang datang kepadaNya. Apakah Yesus itu seorang Dokter? Tentu saja bukan, Yesus yang kita kenal adalah dan kita imani ialah Anak Allah, yang diberikan kuasa dari Allah untuk mengampuni orang-orang berdosa yang datang kepadaNya dan menyembuhkan segala penyakit yang menderita.

Adik-adik, kita adalah anak yang dikasihi oleh Allah sama seperti Yesus juga mengasihi kita.  Sebagai orang yang dikasihi Tuhan Yesus, kita juga mempunyai kewajiban sebagai orang Katolik yakni mengikuti teladan Tuhan Yesus sendiri. Lalu apa yang dapat kita teladani dari kisah Tuhan Yesus hari ini. Tuhan Yesus memberi teladan kepada kita semua, Yesus mau peduli dengan ia yang sakit, bahkan Yesus bersedia menyembuhkannya. Nah, Yesus pun mengajak kita untuk peduli dengan mereka yang sedang sakit, yang menderita, atau yang miskin.

Adik-adik kiranya pesan Injil hari ini sudah bisa kita tangkap. Kita diundang untuk melakukannya dalam kehidupan kita, mulai dari hari ini dan setiap hari tentunya. Tuhan Yesus sudah mengajarkan  kepada kita untuk mau menolong orang yang membutuhkan terlebih mereka yang menderita. Contoh kecil yang dapat kita lakukan sehari-hari, yakni: membantu Bapak dan Ibu di rumah: membersihkan dan merapikan kamar tidur setelah kita pakai, melihat orang yang jatuh kita tolong, menjenguk teman atau saudara kita yang sakit, mendoakan mereka yang menderita terlebih di musim pandemi ini. Kita mohon kepada Tuhan Yesus agar pandemi ini segera berakhir. Yuk kita peduli dengan meraka yang membutuhkan bantuan kita! Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin..

DOWNLOAD AUDIO RESI:

No Comments

Leave a Comment