Jumat, 14 Oktober 2022 – Hari Biasa Pekan XXVIII

Rm Albertus Suryadi SCJ dari Komunitas SCJ Hong Kong

 

 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKAAN – Mazmur 33:12-13

Berbahagialah bangsa yang Allahnya Tuhan, suku bangsa yang dipilih Allah menjadi milik pusaka-Nya. Dari surga Allah memandang dan melihat semua anak manusia.

PENGANTAR:

Hanya sedikit orang yang bertindak dan memutuskan secara mandiri. Kebanyakan membiarkan dirinya dibimbing orang lain, “Apa nanti kata orang? Aku tidak berani, bagaimana nanti namaku?” Padahal tiada yang tersembunyi yang takkan terungkap. Bahkan, kelakuan kita yang paling tersembunyi ikut menilai kita. Dalam Injil Kristus membawa kita ke arah kenyataan dan kebenaran sepenuhnya, sehingga kita dapat menjalani hidup sebagai orang-orang yang mandiri dan sudah ditebus.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa maha pengasih, Engkau selalu memperhatikan segala sesuatu yang hidup. Baik manusia maupun makhluk lainnya merasa aman tenteram di hadapan-Mu. Semoga penyelenggaraan-Mu meresap dalam hidup kami dan membuat kami penuh belas kasih terhadap siapa pun di sekitar kami. Demi Yesus Kristus Putra-Mu ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus 1:11-14

“Kami sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus dan kalian pun telah dimeteraikan dengan Roh Kudus.”

Saudara-saudara, dalam Kristus kami mendapat bagian yang dijanjikan Allah, yakni kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan-keputusan kehendak-Nya; kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, ditentukan supaya menjadi pujian bagi kemuliaan-Nya. Tetapi di dalam Dia kalian pun telah mendenagr sabda kebenaran, yaitu Injil keselamatan; dan setelah percaya akan Injil itu, kalian pun dimeteraikan dengan Roh Kudus yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus ini adalah jaminan bahwa kita akan memperoleh seluruh warisan, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 34:2-3.4-5.6-7.8-9.10-11

Ref. Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu.

  1. Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu; puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku. Karena Tuhan jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.

  2. Muliakanlah Tuhan bersama dengan daku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya. Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan daku dari segala kegentaranku.

  3. Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri, dan tidak akan malu tersipu-sipu. Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengarkan, Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.

  4. Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takwa, lalu meluputkan mereka. Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan!

  5. Takutlah akan Tuhan, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab orang yang takut akan Dia takkan berkekurangan. Singa-singa muda merasa kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari Tuhan tidak akan kekurangan suatu pun.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya
S : (Mzm 33:22)  Tunjukkanlah kiranya kasih-setia-Mu, ya Tuhan, sebab pada-Mulah kami berharap.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 12:1-7

“Rambut kepalamu terhitung semuanya.”

Sekali peristiwa, berkerumunlah beribu-ribu orang, sehingga mereka berdesak-desakan. Yesus lalu mulai mengajar pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya, “Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan kaum Farisi. Tiada sesuatu pun yang tertutup yang takkan dibuka, dan tiada sesuatu pun yang tersembunyi yang takkan diketahui. Karena itu apa yang kalian katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan yang kalian bisikkan ke telinga di dalam kamar akan dimaklumkan dari atas atap rumah. Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kalian takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh tetapi kemudian tak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepadamu siapakah yang harus kalian takuti. Takutilah Dia yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sungguh, Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguh pun demikian tidak seekor pun dilupakan Allah. Bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kalian lebih berharga daripada banyak burung pipit.”

Demikianlah sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Albertus Suryadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Para pendengar RESI yang terkasih, Jumpa kembali bersama saya, Romo Albertus Suryadi SCJ, dari Komunitas SCJ di Hongkong, dalam RESI,      Edisi Jumat 14 Oktober 2022. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan berbahagia.

Tema renungan kita pada hari ini, adalah: “ Jangan Kamu Takut”. Mari kita bersama mendengarkan bacaan Injil menurut Santo Lukas 12:1-7.

Para pendengar RESI yang terkasih, bacaan injil hari ini mengajak kita untuk masuk dan melihat secara lebih dalam akan salah satu pengalaman kehidupan kita, yakni pengalaman ketakukan, mengalami rasa takut. Setiap kita pasti pernah mengalami rasa takut, atau khawatir. Saya pun juga pernah mengalaminya. Pengalaman rasa takut dan khawatir muncul dalam hati sering disebabkan karena saya melakukan tindakan atau perkataan yang tidak benar, tidak jujur, manakala saya berbuat salah, atau juga berkaitan akan hal-hal yang saya pikirkan, yang akan saya lakukan, dan yang sebagian besar semuanya itu belum sungguh terjadi; serta masih banyak alasan yang lain yang menyebabkan munculnya rasa takut dan khawatir dalam hati kita.

Pengalaman rasa takut dan khawtir, menjadikan kita lebih sulit untuk bertumbuh dan berkembang, menghalangi perasaan suka cita, optimisme, kepercayaan diri, dan bahkan yang lebih dalam lagi menghalangi keinginan kita untuk bisa datang, berdoa, membangun relasi dan kedekatan kita dengan Allah.

        Dalam bacaan hari ini Tuhan Yesus berkata kepada kita:…jangan takutjanganlah kalian takut…Sabda Tuhan hari ini ingin menyakinkan kita sekali lagi, bahwa sebagai seorang beriman kita mempunyai Tuhan yang menjadi andalan hidup kita. Dalam setiap peristiwa hidup kita, dalam suka dan duka, di waktu sehat atau sakit, Tuhan selalu ada bersama kita. Dan bahkan dalam pengalaman ketakutan dan kekawatiran Tuhan hadir dan mengatakan kepada kita..jangan takut. Tuhan Yesus ingin mengatakan dan menyakinkah kepada kita, bahwa hidup kita lebih berharga dari apapun, dan bahwa Allah senantiasa menjadi penyelenggara dan jaminan hidup kita.

        Biarlah sabda Tuhan hari ini memberikan penghiburan dan kekuatan kepada kita, terutama dari antara kita yang saat ini sedang mengalami rasa takut dan khawatir dalam hidup kita.

Semoga cinta Hati Kudus Yesus yang selalu meraja dalam hidup kita, menyertai kita, dan membuka jalan bagi kita, dan memberikan kedamaian dan suka cita dalam hati kita, sehingga kita semakin setia untuk selalu mengimani-Nya dalam setiap kisah hidup kita. Selamat berkarya untuk hari ini, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

DOA PERSEMBAHAN:

Allah Bapa kami di surga, jiwailah kiranya hidup kami dengan Roh Yesus Putra-Mu, dan semoga kerajaan-Mu datang di tengah-tengah masyarakat kami. Demi Kristus, ….

ANTIFON KOMUNI – Efesus 1:14

Roh Kudus adalah jaminan bahwa kita akan memperoleh seluruh warisan, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa kami, yang maha pengasih, kami mengucap syukur atas perhatian-Mu kepada kami. Kami mohon, agar yang Kaukehendaki hidup jangan sampai ada seorang pun yang hilang tersesat. Semoga perang dan penderitaan dapat musnah dan Kauganti dengan belas kasih serta keadilan. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

1 Comment

Leave a Comment