RENA Minggu, 06 Juni 2021 – Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Br. Andreas Gatot SCJ dari Komunitas SCJ Palembang Indonesia

 

 

AUDIO RENA:

Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik? Hebat….. Hebat….. Hebat…… Jumpa lagi dengan Br. Gatot SCJ dari Palembang.. Vivat Cor Jesu…..Per Cor Marie..

Selamat Hari Minggu adik-adik yang cantik-cantik dan genteng-ganteng.. adik-adik yang mencintai dan dicintai Hati Yesus.. Adik-adik tahu tidak hari ini kita merayakan apa? Iya hari ini kita merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Wah hari tang bagaimana itu bruder? Iya hari ini secara istimewa Gereja mau merayakan dan bersyukur segala kebaikan Tuhan yang telah menganugerahkan Ekaristi Kudus sebagai makanan rohani kita. Tuhan telah sungguh-sungguh hadir dalam rupa roti dan anggur sebagai Tubuh dan Darah Nya yang Maha Kudus. Dengan menganugerahkan Tubuh dan DarahNya menjadi makanan dan minuman rohani kita, Tuhan ingin menyertai kita dan menyelematkan kita. Nah adik-adik… sudah ada yang terima komuni kudus belum? Nah ada yang belum ya.. tidak apa-apa, nanti akan tiba saatnya adk-adik menerima komuni yang pertama tetapi harus dipersiapkan sungguh-sungguh ya..

Nah sebelum bruder lanjutkan rena kita.. bruder akan sapa teman-teman dulu ya..

Fael, Biel, Kak Joe, kak vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen, luisa, Celine,  Mas Deo, Dik Kristo, kak Agnes, dik Kanaya, dik Keyla, dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar…

 Adik-adik…mari sebelum kita mendengarkan Injil yang akan bruder bacakan kita buat tanda salib dulu yuk…….

Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

Kita dengarkan perintah Yesus tentang kasih yuk, Kisah ini diambil dari injil karangan St.  Markus bab 14, ayat 2 sampai dengan ayat 16 dilanjutkan ayat 22 sampai ayat 26.

“Inilah Tubuh-Ku, inilah Darah-Ku.”

Pada hari pertama Hari Raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid berkata kepada Yesus, “Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?” Lalu Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan, “Pergilah ke kota! Di sana kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia, dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya: Guru berpesan, ‘Di manakah ruangan yang disediakan bagi-Ku untuk makan Paskah bersama dengan murid-murid-Ku? Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia. Di situlah kamu harus mempersiapkan perjamuan Paskah untuk kita!’” Maka berangkatlah kedua murid itu. Setibanya di kota, mereka dapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, membagi-bagi roti itu lalu memberikannya kepada para murid, seraya berkata “Ambillah, inilah Tubuh-Ku!” Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur, lalu memberikannya kepada para murid, dan mereka semua minum dari cawan itu. Dan Yesus berkata kepada mereka, “Inilah Darah-Ku, darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak lagi akan minum hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya yang baru, yaitu dalam Kerajaan Allah.” Sesudah menyanyikan lagu pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Nah-adik-adik, pasti pernah merayakan ulang tahun bukan? Hayoo siapa yang sudah merayakan ulang tahun? Wah semua pernah yahhh… Nah apa yang biasanya didoakan pada hari ulang tahun kita? Iyaa.. biasanya kita didoakan agar kita panjang umur… Nah agar orang panjang umur kita harus sehat jasmani dan rohani.. Nah adik-adik tahu tidak apa yang dibutuhkan agar jasmani atau tubuh kita sehat? Ada yang tahu? Iyaa olah raga.. apa lagi.. makan-makan yang sehat.. iyaa betul.. apa lagi.. minum susu… iya betul.. apa lagii… istirahat yang cukup… iya bagus.. apa lagi… jalan-jalan.. hahaha iya betul… nah itu semua dibutuhkan agar tubuh kita sehat..

Tadi bruder mengatakkan bahwa yang sehat bukan hanya jasmani tetapi juga rohani.. Rohani itu apay a? hayo apa adik-adik.. nah rohani itu adalah hati kita.. jadi kita harus menjaga hati kita agar sehat. hati harus kita jaga agar sehat lo adik-adik.. agar Tuhan Yesus mau tinggal dalam hati kita dan kita tinggal dalam Hati Tuhan. .. Maka agar rohani kita sehat juga harus diberi makanan adik-adik.. nah looo makananannya apaa bruder? Nah makanan atau santapan rohani itu adalah mendengarkan sabda Tuhan, raji berdoa, dan mengikuti perayaan Ekaristi, nah bagi adik-adik yang sudah menerima Komuni Kudus ya menrima Komuni Kudus yaitu Tubuh Tuhan Yesus sendiri.

 

Adik-adik kita nyanyi Baca kita suci doa tiap hari yuk..bisa kan

Baca kitab suci, doa tiap hari

Doa tiap hari, doa tiap hari

Baca kitab suci, doa tiap hari

Kalau mau tumbuh

 

Kalau mau tumbuh, kalau mau tumbuh

Baca kitab suci, doa tiap hari

Kalau mau tumbuh

 

Wah hebatttt.. adik-adik semangat sekali menyanyikan lagi ini.. Nah adik-adik.. Bruder mau bertanya? Siapa yang rajin mengikuti perayaan Elaristi? Wahh hebat.. adik-adik semua rajin mengikuti perayaan ekristi.. Nah dengan mengikuti perayaan Ekaristi kita semua akan mendengarkan sabda Tuhan dan kita semakin dipersatukan dengan Tuhan.. itu menjadi santaan Rohani bagi kita..Dengan demikian Tuhan Yesus akan tinggal dalam hati kita dan kita menjadi penuh berkat.

Nah adik-adik.. ayuk kita jaga Kesehatan kita yaa.. Kesehatan jasmani dan rohani.. oke… siapppp..

Adik-adik Mari Berdoa:

Tuhan Yesus yang baik, Terima kasih karena Engkau menjadi Roti hidup bagi kami, yang akan memberi kekuatan dan Kesehatan rohani bagi kami, sehingga Engkau akan selalu tinggal dalam hati kami dan kami akan selalu bersama dengan-Mu. Terima kasih Tuhan dan berkati kami. Amin.

Dalam nama bapa dan Putra dan Roh kudus..Amin

Sampai jumpa adik-adik .. Tuhan Memberkati. Berkah Dalem..

 

No Comments

Leave a Comment