Selasa, 24 Agustus 2021 – Pesta St. Bartolomeus, Rasul

Fr. Christian Hofer Samosir Pakpahan SCJ dari Komunitas SCJ Yogyakarta – Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mzm 96:2-3

Maklumkanlah keselamatan karya Tuhan hari demi hari. Wartakanlah kemuliaan-Nya di antara para bangsa.

PENGANTAR: 

“Inilah orang Israel sejati, yang tidak mengenal semu”, demikianlah Yesus melukiskan Bartolomeus atau Natanael.  Orangnya serius dan hati-hati, tidak mudah terpengaruh oleh kasak-kusuk. Ketika Yesus berpengaruh luas di tengah rakyat, ia tidak begitu saja terbawa arus. Ia waspada dan memutuskan sendiri. Tetapi ketika ternyata Yesus mengenal dia seutuhnya, maka barulah ia mengikuti Yesus dan secara total pula. Segalanya ditinggalkannya.

DOA PEMBUKA : 

Marilah berdoa: Allah Bapa, Raja mahamulia, penyelamat manusia, teguhkanlah iman di dalam diri kami. Dengan iman itu Rasul Bartolomeus sudah terpaut pada Kristus dengan hati tulus ikhlas. Semoga berkat doanya Gereja-Mu menjadi tanda dan saluran keselamatan untuk segala bangsa. Demi Yesus Kristus, …

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Wahyu 21:9b-14

“Tembok kota kudus dibangun atas dua belas batu dasar.”

Aku, Yohanes, mendengar seorang malaikat berkata kepadaku, “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba.” Lalu, di dalam roh aku dibawanya ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi, dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus, Yerusalem, turun dari surga, dari Allah. Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah, dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal. Temboknya besar lagi tinggi, pintu gerbangnya dua belas buah. Di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat, dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel. Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang, di sebelah utara tiga pintu gerbang, di sebelah selatan tiga pintu gerbang, dan di sebelah barat tiga pintu gerbang. Tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar, dan di atasnya tertulis nama kedua belas rasul Anak Domba.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 145:10-11.12-13b.17-18

Ref. Para kudus-Mu, ya Tuhan, memaklumkan Kerajaan-Mu yang semarak mulia.

  1. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

  2. Mereka memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.

  3. Tuhan itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

Bait Pengantar Injil

U : Alleluya
S : (Yoh 1:49b) Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 1:45-51

“Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Sekali peristiwa Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya, “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya, “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya, Mari dan lihatlah!” Melihat Natanael datang kepada-Nya, Yesus berkata tentang dia, “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada Yesus, “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya, “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya, “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya, “Karena Aku berkata kepadamu ‘Aku melihat engkau di bawah pohon ara’, maka engkau percaya? Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan engkau lihat!” Lalu kata Yesus kepadanya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH: Fr. Christian Hoper S. Pakpahan SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat Resi yang terkasih dalam Yesus Kristus, jumpa lagi dengan saya Frater Christian Hoper S.Pakpahan, SCJ dari komunitas SCJ Yogyakarta, dalam Resi, Renungan Singkat Dehonian edisi hari Selasa, tanggal 24 Agustus 2021, Pesta St. Bartholomeus. Semoga saudara/ri selalu dalam keadaan sehat dan penuh berkat. Sekarang mari kita dengarkan bersama bacaan Injil hari ini. Bacaan Injil diambil dari Yohanes 1:45-51

Injil hari ini sungguh menarik, tokoh Nathanael menjadi tokoh yang cukup menarik untuk kita soroti bersama. Mungkin, bagi sebagian orang Nathanael adalah tokoh yang jelek karena sulit percaya dengan pemberitaan baik yang sudah diwartakan temannya Philipus. Tetapi, bagi saya, tokoh ini adalah tokoh yang unik dan patut untuk diteladani.

“Adegan” Nathanael yang “kurang percaya” menurut saya adalah hal yang wajar. Wajar karena ia tidak melihat bahkan belum menemukan. Justru sikapnya yang “kurang percaya” ini membawa ia pada keteguhan iman yang baik. Dari pribadi ini, kita belajar tentang proses atau dinamika iman seseorang. Terkadang, kita butuh bahkan harus “bersikap kurang percaya” untuk mempertanyakan iman kita sendiri agar kita mau belajar terus-menerus dan mencari pemahaman yang penuh. Tidak mudah untuk berada di zona nyaman. Penghayatan iman seperti ini kiranya memiliki buah yang baik dalam hidup kita sehari-hari. Maksudnya demikian, “kalau soal iman saja kita masih terus bertanya-tanya, apalagi soal hidup?”

Hal ini menjadi semakin penting, apalagi berhadapan dengan zaman now yang penuh dengan informasi, hilir mudik tak menentu. Bagi saya, kita harus mulai memiliki pandangan atau sikap “kurang percaya” (atau kalau mau dikatakan “kritis”), sehingga kita mampu menyeleksi mana yang baik dan benar, dan akhirnya kita bisa ikutan puasa “jempol dan telunjuk” untuk nge-share  hal-hal yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semoga Hati Yesus semakin merajai hati kita. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Allah Bapa, pelindung umat beriman, pada pesta Rasul Bartolomeus kami mempersembahkan pujian kepada-Mu untuk menghormatinya. Semoga berkat doa restunya kami Kauanugerahi bantuan-Mu. Demi Kristus, …

ANTIFON KOMUNI:

Kepada kalian Kuwariskan kerajaan-Ku, seperti telah diwariskan kepada-Ku oleh Bapa, supaya kalian makan minum semeja dengan Daku di dalam kerajaan-Ku kelak.

DOA PENUTUP:

Marilah berdoa: Allah Bapa, naungan kami, jaminan keselamatan abadi telah kami terima pada pesta Rasul Bartolomeus. Semoga santapan suci ini menolong kami baik untuk hdiup yang sekarang maupun untuk hidup yang akan datang. Demi Kristus, …

DOWNLOAD RESI DEHONIAN: 

 

2 Comments

  • Herlin djunaidy Agustus 23, 2021 at 6:46 pm

    Amin

    Reply
    • Sr.sebastiana.HK Agustus 23, 2021 at 11:42 pm

      Matur sembah nuwun Fr,mantap renungannya👍tetap semangat dan maju terus dan bahagia ya,lancar studinya dan setia dalam panggilan,Berkah dalem🙏❤️

      Reply

Leave a Comment