Kamis, 30 Juni 2022 – Hari Biasa Pekan XIII

 
 

Rm. FX Joko Susilo SCJ dari Komunitas SCJ Bogotá – Kolombia

 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Amos 7:15

Dari pekerjaan menggiring kambing domba. Aku dipanggil Tuhan dan diperintahkan, ‘pergilah, bernubuatlah terhadapa umat-Ku Israel.’

PENGANTAR

Orang yang diilhami Tuhan tidak hanya berhak berbicara tentang perkara rohani semata-mata, tetapi dapat juga berbicara tentang perkara duniawi. Maka Amos bentrok dengan raja dan petugas kenisah. Maka Yesus yang juga diilhami Allah, tidak hanya menyembuhkan jiwa, tetapi juga raga.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa sumber belas kasih, berkenanlah mengampuni dosa-dosa kami bila kami bertobat kepada-Mu. Semoga kami pun menaruh belas kasih kepada sesama kami. Sebagaimana Engkau menaruh belas kasih kepada kami. Demi Yesus Kristus Putra-Mu ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Amos 7:10-17

“Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-Ku.” 

Sekali peristiwa Amazia, imam di Betel, menyuruh orang menghadap Yerobeam, raja Israel, dengan pesan, “Amos telah mengadakan persepakatan melawan Tuanku di tengah-tengah kaum Israel. Negeri ini tidak dapat menahan segala perkataannya. Sebab beginilah kata Amos, ‘Yerobeam akan mati terbunuh oleh pedang dan Israel pasti pergi dari tanahnya sebagai orang buangan’.” Lalu berkatalah Amazia kepada Amos, “Hai Pelihat, pergilah, enyahlah ke tanah Yehuda! Carilah di sana makananmu! Dan bernubuatlah juga di sana! Tetapi jangan lagi bernubuat di Betel, sebab Betel adalah tempat kudus raja dan bait suci kerajaan.” Jawab Amos kepada Amazia, “Aku ini bukan nabi, dan bukan pula termasuk golongan para nabi, melainkan hanya seorang peternak dan pemungut buah ara hutan. Tetapi Tuhanlah yang mengambil aku dari pekerjan menggiring kambing domba; Tuhan bersabda kepadaku, ‘Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-Ku Israel.’ Maka sekarang dengarkanlah sabda Tuhan, Engkau berkata, ‘Janganlah bernubuat menentang Israel, dan jangan ucapkan perkataan menentang keturunan Ishak.’ Sebab itu beginilah sabda Tuhan, ‘Isterimu akan bersundal di kota, dan anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan tewas oleh pedang. Tanahmu akan dibagi-bagikan dengan memakai tali pengukur. Engkau sendiri akan mati di tanah yang najis, dan Israel pasti pergi dari tanahnya sebagai orang buangan’.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 9:8.9.10.11

Ref. Sabda Mu ya Tuhan, adalah Roh dan kehidupan

  1. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang bersahaja.

  2. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata ceria.

  3. Takut akan Tuhan itu suci, tetap untuk selama-lamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil selalu.

  4. Lebih indah daripada emas, bahkan daripada emas tua; dan lebih manis daripada madu, bahkan dari madu tetesan dari sarang lebah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya
S : (2Kor 5:19) Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya dalam diri Kristus dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 9:1-8

“Mereka memuliakan Allah karena telah memberikan kuasa sedemikian besar kepada manusia.”

Pada suatu hari Yesus naik ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. Maka dibawalah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada si lumpuh, “Percayalah, anak-Ku, dosamu sudah diampuni.” Maka berkatalah beberapa ahli Taurat dalam hatinya, “Ia menghujat Allah!” Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata, “Mengapa kalian memikirkan hal-hal yang jahat dalam hatimu? Manakah yang lebih mudah, mengatakan, ‘Dosamu sudah diampuni’ atau mengatakan, ‘Bangunlah dan berjalanlah’? Tetapi supaya kalian tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa,” lalu berkatalah Ia kepada si lumpuh, “Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu, dan pulanglah ke rumahmu!” Dan orang itu pun bangun, lalu pulang. Maka orang banyak yang melihat hal itu takut, lalu memuliakan Allah, karena Ia telah memberi kuasa demikian besar kepada manusia.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. FX. Joko Susilo SCJ

Vivat Coe Iesu per Cor Mariae. Hiduplah hati Yesus melalui Hati Maria.

ReSi Dehonian, Kamis 30 juni 2022 – Hari Biasa Pekan Biasa XIII bersama saya Rm. FX. Joko Susilo scj dari Komunitas SCJ Bogotá – Kolombia. Bacaan Am 7, 10-17; Mat 9,1-8. 

Sahabat pendengar Resi Dehonian yang terkasih, dalam Injil hari ini, Yesus dikisahkan sebagai pribadi yang memiliki kuasa. Kuasa Ilahi Yesus tampak dalam banyak kisah dalam kitab suci, antara lain, kuasa atas pencobaan, atas kehidupan manusia, kuasa atas alam, atas kuasa jahat, dan atas penyakit. Dalam kisah hari ini ditampakkan juga kuasa mengampuni dosa. Yesus sadar betul bahwa pandangan pada waktu itu, penyakit selalu dikaitkan dengan dosa. Yesus menyembuhkan orang yang sakit lumpuh dalam Injil hari ini, terlebih dahulu mengampuni dosanya. Yesus menyembuhkan luar-dalam orang yang sakit lumpuh itu.”Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.”

Sahabat pendengar Resi Dehonian yang terkasih, kehadiran penuh kuasa Yesus adalah tanggapan dari usaha beberapa orang yang membawa sahabatnya yang lumpuh itu berjumpa dengan Yesus agar disembuhkan. Mereka tidak berkata sama sekali, namun Yesus melihat iman mereka, dan berkatalah Yesus kepada orang lumpuh:”Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.” Peristiwa ini meneguhkan kita bahwa Yesus senantiasa ada disamping kita, melihat perjuangan kita, mendengar untaian doa kita dan merasakan getaran hati kita yang merindukan kehadiran-Nya yang meneguhkan dan menyembuhkan.

Semoga terang hati Kudus Yesus dan sabda Tuhan hari ini menyinari hati kita agar senantiasa tekun memperjuangkan apa yang baik dan berkenan bagi semakin banyak orang agar mampu mengalami belaskasih Allah. 

Allah yang Maharahim melimpahkan berkat-Nya untuk kita hari ini: +Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa sumber belas kasih, berkat roti anggur ini teguhkanlah kami dalam janji-Mu dan kasihanilah kiranya kami berkat perantaraan Yesus Putra-Mu, yang ….

ANTIFON KOMUNI Matius 9:8

Orang banyak melihat itu takut, lalu memuliakan Allah Karena telah memberi manusia kuasa demikan besar.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Allah Bapa sumber pembaruan hidup, kami bersyukur karena Engkau telah menemukan kami kembali dengan penuh belas kasih melalui Yesus Putra-Mu terkasih. Semoga sabda dan karya-Nya membangun kami menjadi manusia baru. Sebab Dialah …

DPWNLOAD AUDIO RESI:

1 Comment

Leave a Comment