Minggu, 03 Desember 2023 – Hari Minggu Adven I (B)

Fr. Iknasius Bayu Lesmana SCJ dari Komunitas SCJ Visma Vijaya Praya (VVP) Yogyakarta – Indonesia

 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Bdk Mzm 25:1-3

Kepada-Mu, ya Tuhan, kuangkat jiwaku; Allahku, kepada-Mu aku percaya. Janganlah kiranya aku mendapat malu. Janganlah musuh-musuhku beriang-ria atas aku. Ya, semua orang yang menantikan Dikau takkan mendapat malu.

PENGANTAR:

Kita mengawali tahun baru dalam kalendarium Gereja. Adven pertama membawa kita pada persiapan diri bahwa Allah hadir untuk masa lalu, sekarang, dan masa mendatang. Untuk itu, kita diajak berdoa. Kita yakin Tuhan yang kita nantikan berkuasa melakukan hala-hal yang mengherankan. Keyakinan inilah harapan kita. Kita akan dapt bertahan sampai akhir zaman jika Tuhan berserta kita. Yang diminta sekarang adalah sikap berjaga-jaga agar kita dapat ditermukan siap menerima kedatangan-Nya.

SERUAN TOBAT:

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah pembawa damai sejahtera ke dunia. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

I : Engkaulah cahaya penghalang kegelapan dunia. Engkaulah yang didamba-dambakan umat manusia. Kristus, kasihanilah kami.

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkaulah pembawa keselamatan dunia. Engkaulah yang diharap-harapkan umat manusia. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Yang Maha Pengasih, Engkau tampaknya begitu jauh, tetapi sebenarnya Engkalu selalu dekat dengan kami. Kami mohon, bukalah hati kami agar dapat mengenal kehadiran-Mu dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu, sehingga kami selalu siap sedia menyambut-Nya. Sebab, Dialah Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Engkau danRoh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang masa. Amin.

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Yesaya 63:16b-17;64:1.3b-8

“Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun.”

Ya Tuhan, Engkau sendirilah Bapa kami. Sejak dahulu kala nama-Mu ialah “Penebus kami”. Ya Tuhan, mengapa Engkau biarkan kami sesat dari jalan-Mu? Mengapa Engkau tegarkan hati kami, sehingga kami tidak takut kepada-Mu? Kembalilah oleh karena hamba-hamba-Mu, dan oleh karena suku-suku milik pusaka-Mu. Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun, sehingga gunung-gunung goyang di hadapan-Mu. Karena sejak dahulu kala orang tidak pernah mendengar, dan juga tidak ada telinga yang mendengarl tidak ada mata yang melihat Allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan Dia. Hanya Engkau yang berbuat demikian. Engkau menyongsong mereka yang melakukan kebenaran, dan yang mengindahkan jalan yang Kautunjukkan! Sesungguhnya, Engkau ini murka sebab kami berdosa. Terhadap Engkau kami memberontak sejak dahulu kala. Demikianlah kami semua seperti orang najis, dan segala kesalehan kami seperti kain kotor. Kami semua menjadi layu seperti daun, dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. Tidak ada yang memanggil nama-Mu atau yang bangkit untuk berpegang kepada-Mu, sebab Engkau menyembunyikan wajah-Mu terhadap kami. Engkau menyerahkan kami ke dalam kekuasaan dosa kami. Tetapi sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kami ini tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami semua adalah buatan tangan-Mu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 80:2ac+3b.15-16.18-19

Ref. Tuhan, Dikaulah penyelamatku.

  1. Hai gembala Israel, pasanglah telinga-Mu, Engkau, yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.

  2. Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu.

  3. Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan bagi diri-Mu. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus 1:3-9

“Kamu menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus.”

Saudara-saudara, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Aku, Paulus, senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu, atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Kristus kamu telah menjadi kaya dalam segala hal, yaitu dalam segala macam perkataan dan pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus yang telah diteguhkan di antara kamu, sehingga kamu tidak kekurangan suatu karunia pun sementara kamu menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus. Dia juga akan meneguhkan kamu sampai kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. Sebab setialah Allah yang telah memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya.
S : (Mrk 85:8; 2/4) Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 13:33-37

“Berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah pulang!”

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba. Ibaratnya seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing sesuai dengan tugasnya, dan memerintahkan supaya penunggu pintu berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah itu pulang: Menjelang malam atau tengah malam, atau larut malam atau pagi-pagi buta. Hal ini Kukatakan supaya kalau ia tiba-tiba datang, jangan sampai kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu Kukatakan kepada semua orang: Berjaga-jagalah!”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Fr. Iknasius Bayu Lesmana SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah hati Yesus melalui Hati Maria.

ReSi Dehonian, edisi Minggu 03 Desember 2023, Hari Minggu Adven 1. Saya Fr. Iknasius Bayu Lesmana  SCJ berasal dari Komunitas SCJ Visma Vijaya Praya Yogyakarta, Indonesia. Mari kita dengarkan sabda Tuhan dari Injil Markus 13:33-37.

Sahabat resi Dehonian yang terkasih, pada hari ini kita telah memasuki Minggu Adven yang pertama. Di Masa Advent ini, kita umat beriman Kristiani diajak untuk bersiap diri menyambut kedatangan Kristus. Di dalam kisah Perjanjian Lama, umat manusia selalu berharap akan kedatangan Mesias Sang Juru Slamat yang dapat menjadi sumber kekuatan dan keteguhan hati. Di dalam Injil Markus yang baru saja kita dengarkan, menuntun kita untuk selalu bersiap diri atas kedatangan Tuhan itu, yaitu dengan sikap berjaga-jaga. Mari kita renungkan pentingnya sikap berjaga-jaga di dalam hidup kita.

Sahabat ReSi Dehonian yang terkasih, setiap kita melihat langit mendung, kita akan berfikir bahwa sebentar lagi akan hujan. Namun, ada moment dimana langit yang mendung sekali, acap kali tidak terjadi hujan. Menghadapi situasi ini, kita yang akan bepergian ke luar rumah akan selalu menyediakan payung atau mantol hujan. Ini adalah gambaran bagi kita yang sedang berjaga-jaga dalam menjalani situasi hidup. Lalu, mengapa kita harus selalu berjaga-jaga?

Pertama, kita berjaga-jaga karena tidak tahu kapan kedatangan Tuhan. Namun, itu bukanlah alasan kita untuk lengah. Sebaliknya, itu adalah panggilan untuk hidup dalam kesetiaan. Kedua, sikap berjaga-jaga adalah bentuk persiapan diri. bersiap diri untuk apa? Bersiap diri untuk menyambut kedatangan Tuhan dalam diri kita masing-masing. Ini memungkinkan kita untuk melihat kembali hubungan kita dengan Tuhan, menyesuaikan hidup kita dengan ajaran kasih-Nya dan memperbaiki hal-hal yang selama ini membuat kita jauh dengan-Nya.

Sahabat pendengar ReSi Dehonian yang terkasih. Sikap berjaga-jaga akan kedatangan Tuhan membantu kita untuk belajar mengelola hidup, bertindak sesuai dengan ajaran-Nya, dan mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Kesiagaan kita adalah tanda kesetiaan dan kesiapan hati untuk menyambut-Nya. Ini adalah wujud iman yang hidup, bahwa kita siap untuk menyambut-Nya pada saat Dia kembali.

Mari kita mohon karunia Roh Kudus, supaya kita dimampukan untuk tetap setia dan siap hati menyambut kedatangan-Nya. Dan semoga Hati Kudus Yesus semakin merajai hati kita. Amin

DOA UMAT:

I : Tuhan Yesus Kristus bersabda, “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba”. Marilah kita berjaga-jaga dengan tekun dalam menantikan kedatangan Kerajaan-Nya dan memanjatkan doa.

L : Bagi Gereja Kudus.: Allah Bapa Yang Mahabaik, tuntunlah Gereja-Mu agar tetap rendah hati dalam mendengarkan Sabda-Mu dan melaksanakannya dengan gembira meski mengalamai banyak hambatan dan kegagalan. Kami mohon, …

U : Tuhan, cahaya sejati hidup kami, denganlah doa kami.

L : Bagi para pemimpin masyarakat: Allah Bapa Yang Mahabaik, dampingilah para pemimpin kami dalam membimbing dan melayani masyarakat semoga mereka selalu mendahulukan kepentingan umum berlandaskan Sabda-Mu. Kami mohon, ..

U : Tuhan, cahaya hidup kami, dengarkanlah doa kami.

L : Bagi para orang tua: Allah Bapa Yang Mahabaik, teguhkanlah para orang tua dengan iman yang mantap sehingga mereka dapat mendidik anak-anak sesuai dengan kehendak-Mu dalam suasana pengertian dan cinta kasih. Kami mohon, ..

U : Tuhan, cahaya hidup kami, dengarkanlah doa kami:

L : Bagi mereka yang hari ini tidak dapat hadir di sini: Allah Bapa Yang mahabaik berkatilah dan lindungilah saudara-saudara kami yang hari ini tidak dapat hadir agar mereka mampu mengatasi segala persoalan yang sedang dihadapi dengan dengan selalu berpegang pada Sabda-Mu. Kami mohon, ..

U : Tuhan, cahaya hidup kami, dengarkanlah doa kami.

I : Allah Bapa Yang Mahakuasa, sepanjang zaman Engkau setia akan Sabda-Mu. Engkaulah Tuha kami, Allah beserta kami, dan kami ini umat-Mu. Itulah iman dan harapan kami bila kami berdoa kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN:

Allah Bapa Yang Mahakudus, terimalah dan kuduskanlah persembahan kami ini. Semoga, persembahan ini mendatangkan rahmat bagi kami dan sesama berkat persatuan dengan persembahan Tubuh dan Darah Kristus, Putra-Mu. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami. Amin

ANTIFON KOMUNI – Mazmur 85:13

Tuhan akan memberikan kebaikan dan negeri kita akan memberikan hasilnya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah berdoa: Kami bersyukur kepada-Mu, Ya Bapa atas perjamuan Ekaristi yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Semoga, kami tetap teguh berharap untuk menikmat perjamuan surgawi yang Kaujanjikan seraya bertekun dalam mewujudkan iman dan cinta kasih. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

DOANLOAD AUDIO RESI: 

2 Comments

  • Yufita Barito Desember 2, 2023 at 11:07 pm

    Terimakasih Frater untuk Renungannya☇🕊

    Reply
  • Fransiska Dwi Desember 3, 2023 at 6:51 am

    Terima kasih renungannya Frater. Sangat menguatkan buat saya yg terkadang menjauh dr Tuhan.

    Reply

Leave a Comment